Menyimpan Data Ponsel, Kini Tak Takut Lagi!

http://www.digibuzzme.com

 

 

 

 

 

 

 

Data ponsel ikutan raib begitu ponsel hilang. Hari gini gak punya ponsel? Apa kata dunia?

Komunikasi menjadi hal yang penting dalam pekerjaan tentu saja freelancers pun demikian. Memang, perkembangan teknologi seperti sekarang ini memberikan kita akses lebih mudah dan cepat untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi yang diinginkan. Buktinya, banyak gadget canggih seperti tablet dan ponsel mulai dari yang biasa hingga smartphone dengan beragam merek yang bermunculan dan saling bersaing untuk merebut pasar. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang sangat terjangkau alias murah hingga yang cukup sulit dijangkau karena mahal.

Saat ini gadget terutama ponsel seolah sudah menjadi โ€˜komoditasโ€™ pokok yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Hal ini tentu tidak lepas dari kebutuhan berkomunikasi masing-masing pribadi, entah hanya sebatas mengirim sms, menelepon atau melakukan panggilan, hingga browsing internet. Dari penggunaannya, ponsel merupakan alat komunikasi yang bersifat pribadi. Meskipun demikian, fitur dan fasilitasnya tidaklah sederhana, karena senantiasa diinovasi dan dilengkapi sehingga kebutuhan pribadi akan informasi dan multimedia dapat terpenuhi.

Seiring dengan perkembangan inovasi, kini ponsel tidak hanya sebatas sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga alat penyimpan data ponsel. Sifatnya yang pribadi, memungkinkan gadget yang satu ini digunakan untuk menyimpan data apapun bahkan yang rahasia sekalipun, seperti nomor pin ATM atau kartu kredit, password email, dan lainnya. Sekarang pertanyaannya, apakah aman menyimpan data penting di dalam ponsel?

Pada prinsipnya menyimpan segala sesuatu memiliki risiko tersendiri bahkan di tempat yang dianggap paling aman sekalipun, apalagi ponsel. Penyimpanan data pribadi yang bersifat penting dan rahasia di ponsel sebenarnya cukup riskan, karena ponsel rawan terhadap pencurian atau hilang secara tidak sengaja. Namun risiko tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi karena kini banyak aplikasi untuk ponsel yang secara khusus difungsikan sebagai penyimpan data. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan penyimpanan data ponsel berbasis android:

Mobile StrongBox for Android

Mobile StrongBox for Android secara khusus dirancang untuk keamanan penyimpanan data pribadi seperti foto, video, password, dokumen, data rekening bank, dan lainnya. Aplikasi ini menggunakan sistem public key crypto yang dioptimalkan untuk ponsel. Ponsel memang merupakan gadget yang paling fleksibel dan efektif untuk digunakan sebagai media penyimpanan. Namun, dari sisi keamanan juga sangat riskan karena mudah hilang. Jika ponsel tidak dilindungi dengan aplikasi yang aman, maka data pribadi yang tersimpan di dalamnya akan sangat mudah diakses dan bahkan disebarluaskan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Berbeda kondisinya apabila ponsel telah dilindungi dengan aplikasi yang aman, maka kita dapat mengurangi risiko tersebut. Artinya, data pribadi kita akan tetap tersimpan aman meski ponsel hilang. Mengapa? Aplikasi ini akan mengunci data yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengakses data tersebut, dibutuhkan password yang tentunya hanya kita sebagai pemilik ponsel saja yang tahu.

aWallet Password Manager

Sebagai aplikasi pelindung, aWallet Password Manager didesain untuk memberikan keamanan terhadap setiap data yang disimpan dalam ponsel. Aplikasi ini mampu melindungi data baik berupa password, informasi mengenai kartu kredit, mobile banking, akun web, e-banking, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki fasilitas editor yang memungkinkan kita untuk mengubah atau menciptakan kategori data baru. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang mendukung backup dan restore file data yang dienkripsi ke kartu SD atau perangkat USB android. Aplikasi ini menggunakan auto lock sehingga secara otomatis data terkunci dan tersimpan dengan aman.

B-Folders Password Manager

B-Folders Password Manager merupakan suatu aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data pribadi dan rahasia secara aman layaknya di lemari besi. Aplikasi ini menggunakan fitur autofills login yang mampu mengamankan seluruh data berbasis password yang kuat. Dengan fitur tersebut, segala informasi dan data yang tersimpan dalam ponsel akan terlindungi dari akses yang tidak sah, seperti pencuri, hacker, dan malware.

Beragam aplikasi tersebut dapat diperoleh secara gratis dari situs www.m.getjar.com. Untuk memasangnya di ponsel, kamu harus mengunduh aplikasi itu terlebih dahulu. Proses instalasi aplikasi tersebut akan berlangsung otomatis seiring dengan proses download. Jadi, pastikan ponselmu memiliki fitur GPRS atau Wi-Fi yang memungkinkannya untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Sudah diputuskan akan menggunakan aplikasi yang mana? ๐Ÿ˜‰

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      Ngeliat darii web nya, kayanya strongbox lebih cocok untuk DIYers ya? Sementara untuk DropBox, melihat darii apa yang saya sudah pake, iya bisa ambil data darii website nya juga. DropBox sangat membantu produktivitas saya sejauh ini ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *