Menjaga Agar Blog Tetap Eksis

Tak mudah mengatur blog yang memiliki banyak penulis, terutama jika dibaca oleh banyak orang setiap harinya. Coba saja cek apa kebutuhan sebuah blog: proses menemukan ide yang relevan, aneka riset, tata penulisannya, dan umpan balik yang kaudapatkan adalah sebuah perjalanan panjang dan hasilnya sangat bervariasi.

shutterstock_172002743

Freelancer Image via Shutterstock

Jika kau memiliki sebuah blog atau sedang mengatur bekerjanya sebuah blog dengan banyak penulis, pasti penah mengalami sebuah saat ketika kamu harus mendobrak hal yang tidak biasa. Menulis yang berbeda dari sebelumnya.

Nama-nama alternatif yang digunakan secara internal harus diperhatikan pemilik blog. Ini bisa berarti akhir dari blog Anda dan karir Anda sebagai blogger profesional. Taruhannya tinggi dan ada kemungkinan bahwa Anda telah mengalami, sedang mengalami, atau akhirnya akan mengalaminya nanti.

Mengapa?

Ada kemungkinan bahwa Anda bosan dengan itu semua. Tugas telah menjadi biasa, atau bahkan lebih buruk, lebih dari sekadar biasa; menulis promosi telah menjadi “apa gunanya?” dan Anda menjadi jenuh dengan ide-ide yang membuang banyak waktu karena pembaca super kritis Anda kemungkinan tidak menyukainya.

Bersembunyi di balik istilah ‘mentok ide’ hanya menjadikan keadaan lebih konyol, tapi kita semua selalu mencari alasan untuk menjawab ketidakmampuan kita. Benarkah? Namun, jika Anda membiarkan hal itu mengalihkan segalanya dan Anda menjadi lumpuh olehnya, maka bagian akhir dari karir sudah dekat.

Cobalah beberapa ide kecil ini.

Rayakan Kemenangan Kecil

Akan ada banyak pembaca yang mengucapkan terima kasih atas tulisan-tulisan pada blog Anda. Beberapa pemilik bisnis pun berterima kasih karena berkesempatan memperkenalkan produknya melalui blog Anda, dan hal lain yang patut dirayakan meski mungkin terlihat sepele.

Umpan balik sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Pun, terhadap sebuah blog. Umpan balik yang Anda terima dan hargai, akan berfungsi sebagai pengingat mengapa Anda suka melakukan apa yang Anda lakukan.

Tangani Kritik Secara Profesional

Sementara kita bisa melompat dengan gembira dengan umpan balik positif, jangan lupa untuk melihat juga kepada orang-orang negatif yang mungkin menyita perhatian dan waktu lebih banyak. Mengapa? Karena langkah ini diperlukan jika Anda ingin sebuah peningkatan. Jika Anda ingin mendapatkan yang lebih baik, kritik adalah cara Anda untuk menemukan tempat berpijak – dan menjaganya dengan lebih baik.

Perhatikan bahwa tidak semua komentar perlu diperlakukan sama – beberapa kritik yang boleh ditanggapi serius, sementara yang lain diabaikan. Pahami bahwa Anda tidak bisa memuaskan semua orang dan waktu yang Anda punya akan menjadi sia-sia.

Jangan biarkan para penentang melumpuhkan kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang baik. Jika Anda memiliki pembaca yang terus datang kembali, itulah bukti bahwa Anda melakukannya dengan benar.

Konsisten

Rahasia blog yang baik adalah berkelanjutan. Untuk dapat mempertahankannya, blog harus memiliki konten yang konsisten. Untuk itu, Anda perlu waktu, dan ‘jangkar’. ‘Waktu’ di sini sudah cukup jelas. Anda berbohong kepada diri sendiri jika berpikir Anda dapat mencapai popularitas dalam waktu kurang dari setengah waktu mereka yang sudah terkenal untuk sampai ke tahap itu. Kadang-kadang Anda hanya harus terus melakukannya sampai Anda melihat cahaya di ujung terowongan. Sabar saja. Akan tiba bahwa blog Anda akan sama terkenalnya dengan yang sudah menjadi perbincangan di luar sana.

Adapun maksud jangkar kapal, jika Anda menulis blog, itu berarti Anda adalah jangkar. Sejak awal, alasan bahwa seseorang membaca blog Anda adalah karena mereka menyukai apa yang Anda tulis. Dan itu adalah alasan yang sama untuk mereka datang kembali.

Ketika Anda memperluas tim penulisan Anda, jangan pernah melupakan apa yang pembaca Anda cari, tidak peduli berapa banyak kategori baru yang telah diperkenalkan dalam blog Anda. Sementara itu, sangat penting untuk menguji gelombang baru, untuk menggaet pembaca baru. Jangan meninggalkan orang-orang yang setia, yang membuat Anda menjadi seperti Anda yang sekarang.

shutterstock_163176650

Credit Image via Shutterstock

Tingkatkan Kinerja Tanpa Kompromi

Hanya karena Anda mulai bekerja di kamar tidur atau garasi, bukan berarti Anda tinggal di sana selamanya, secara fisik dan mental. Setelah Anda mulai membuat merek dagang dari nama sendiri, banyak hal-hal lain muncul untuk diurus: kehumasan, pemasaran, politik, permintaan dan terkadang berupa teguran. Hal ini menyebabkan tekanan untuk mempertahankan reputasi dan kualitas blog Anda akan sangat besar.

Anda akan membutuhkan orang untuk datang dan membantu Anda dengan beberapa perangkat tambahan di saat Anda mencoba untuk tetap setia pada inti pekerjaan Anda. Fakta bahwa mereka ada di sekitar Anda untuk membantu menyelesaikan masalah ini memungkinkan Anda untuk melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat proyek selesai dengan baik. Tanpa harus terlalu khawatir dengan bagian ini, terpenting adalah untuk menjaga blog agar tetap berjalan.

Beri Semangat Pada Tim!

Banyak upaya kerjasama secara online saat ini lebih terlihat sebagai hubungan simbiosis daripada hirarki. Orang bekerja dengan Anda, bukan untuk Anda. Hal ini menunjukkan tak ada menang atau kalah, justru lebih mirip seperti perjodohan. Jika Anda merasa klik dengan seseorang yang memiliki bakat yang Anda butuhkan, Anda melebur bersamanya dalam suatu hubungan yang disebut ‘tim’. Mungkin ini hanya bertahan untuk satu proyek. Tetapi jika ternyata bisa berlanjut ke proyek berikutnya, tentu lebih beruntung, kan?

Dan tentu akan mengalami sedikit perselisihan juga. Komunikasi memainkan peran besar dalam meyakinkan mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar terutama ketika mereka berada di posisi yang tak menyenangkan. Kadang-kadang penting untuk juga berbagi dengan mereka kemenangan kecil yang disebutkan di atas. Ini bukan hanya kemenangan Anda, itu adalah milik mereka juga.

Untuk Pembaca

Terakhir, ada satu hal untuk pembaca blog Anda. Penulis blog menghargai tanggapan Anda dan bahkan banyak keputusan editorial dibuat berdasarkan cara Anda meninggalkan komentar untuk konten blog. Hal ini sangat memengaruhi kelangsungan blog yang biasa Anda kunjungi. Terima kasih.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *