Menjadi Penulis Freelance? Kenapa Tidak?!

Punya hobi menulis? Baru lulus dan belum menemukan pekerjaan impianmu? Atau hanya sekadar butuh penghasilan tambahan? Menjadi penulis freelance mungkin jawaban yang tepat untukmu. Apa itu penulis freelance? Mari kita bahas lebih dalam.

Penulis freelance atau dalam bahasa kerennya “freelance writer” adalah sebuah pekerjaan yang sebenarnya sudah ada dari zaman dulu kala, sejak jurnalistik pertama kali ada. Penulis freelance adalah penulis yang mendedikasikan dirinya untuk menulis pada banyak pihak atau media, namun tanpa terikat kontrak sebagai pekerja tetap. Penulis freelance zaman sekarang mempunyai dua pasar utama: media online dan media cetak. Pasar online bisa berupa jasa menulis konten website atau blog, sedangkan media cetak bisa berupa majalah, koran, buletin, atau poster.

Mulai tertarik dan melirik tumpukan tulisanmu yang menunggu untuk dijadikan uang tunai? Tunggu dulu, Teman. Menjadi penulis freelance mungkin terdengar seperti pekerjaan yang fleksibel (karena kamulah yang memperkerjakan dirimu sendiri) dan menyenangkan untuk dilakoni, tapi bukan berarti kamu bisa menulis apapun yang kamu mau menurut standar yang kamu definisikan sendiri. Pekerjaan ini membutuhkan kedisiplinan diri dan aturan main yang tidak bisa kamu langgar sesuka hati—jika kamu serius menjadikan ini sebagai ladang penghasilanmu, tentunya.

Lantas, jika kamu adalah seseorang yang setidaknya mempunyai kemampuan tata bahasa dan disiplin diri yang baik, harus mulai dari mana untuk menjadi seorang penulis freelance? Berikut ini pedoman singkat yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia ini:

Buka Buku Pelajaran Bahasa Indonesiamu Kembali!

Buka buku pelajaran bahasa Indonesiamu kembali!

Buka buku pelajaran bahasa Indonesiamu kembali! / Ruang Freelance / www.abcnews.go.com

Yep, mungkin kamu sudah pede dengan kemampuan tata bahasa dan kosakatamu, tapi tidak ada salahnya untuk membuka kembali buku besar berdebu itu. Dunia penulis freelance penuh dengan persaingan, meningkatkan kemampuan bahasa akan memberikan keuntungan yang besar buatmu.

Tentukan Minatmu dan Jadikan sebagai Senjata Pamungkas

Tentukan minatmu dan jadikan sebagai senjata pamungkas

Tentukan minatmu dan jadikan sebagai senjata pamungkas / Ruang Freelance / www.onehourtranslation.com

Pilihlah minat dan bakatmu dan jadikan itu sebagai bidang yang kamu kuasai. Dengan begitu, ketika ada tawaran untuk menulis di bidang tersebut, kamu bisa lebih bersinar dibandingkan kandidat lainnya. Kamu tidak harus memilih hanya satu, tapi menjadi ahli di setidaknya satu bidang akan membantumu membangun reputasi.

Bangun Website atau Blog Pribadimu

Bangun website atau blog pribadimu

Bangun website atau blog pribadimu / Ruang Freelance / www.freelancefolder.com

Penting untuk membangun reputasi online melalui website ataupun blog, terutama untuk kamu yang berniat menjadi penulis freelance di media online. Isi dengan profilmu serta contoh tulisan-tulisan yang pernah kamu tulis agar pihak yang akan menawarkan pekerjaan yakin dengan kemampuanmu.

Bergabunglah dengan Komunitas Penulis Freelance

Bergabunglah dengan komunitas penulis freelance

Bergabunglah dengan komunitas penulis freelance / Ruang Freelance / www.onehourtranslation.com

Ada banyak komunitas penulis freelance di luar sana. Mereka tergabung dalam milis-milis, grup Facebook, atau forum online. Sedikit usaha mengetikkan keyword di Google akan membawamu ke berbagai pilihan. Bergabung dalam komunitas akan membuka kesempatan untuk menemukan pekerjaan dan ilmu-ilmu sakti dari para senior. Mungkin malah bertemu jodohmu, siapa tahu?

Saatnya ‘Menjual Diri’!

Saatnya ‘menjual’ diri!

Saatnya ‘menjual’ diri! / Ruang Freelance / www.civit.it

Penulis freelance bukanlah pegawai korporat atau pemerintahan, yang meskipun hanya duduk melongo di depan komputernya sepanjang hari akan tetap menghasilkan uang. Dunia ini menuntutmu untuk proaktif mencari kesempatan untuk menebalkan dompetmu. Tidak harus menunggu lowongan terbuka, kamu bisa memulai dengan menghubungi editor media yang menjadi targetmu dan sampaikanlah topik yang ingin kamu tulis untuk mereka. Sampaikan paragraf pertama, dan sisanya berupa kerangka dari topik yang kamu tawarkan. Jika mereka tertarik, mereka akan menghubungimu untuk diskusi lebih lanjut. Jangan buang waktumu yang berharga untuk menulis artikel panjang yang punya kemungkinan hanya akan mengendap di kotak email mereka.

Tulis, Tulis, dan Tulis!

Tulis, tulis, dan tulis!

Tulis, tulis, dan tulis! / Ruang Freelance / www.newbiewriters.com

Menjadi penulis bukan soal siapa yang memiliki kosakata paling indah, tapi soal persistensi. Teruslah menulis dengan konsisten, niscaya saatnya ketika “uanglah yang mengejarmu” akan tiba.

Bagaimana, sudah siap menjadi penulis freelance?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *