Menjadi kreatif ditengah teman-teman kreatif

Kreatifitas bukanlah bakat alam yang tidak perlu diasah dan dimaksimalkan. Seperti pisau yang harus selalu diasah agar tetap tajam dan siap digunakan. Makin sering kita mengasah kreatifitas maka makin kreatiflah kita. Mungkin kalian bisa lihat bahwa populeritas start up Indonesia sedang naik. Mau tahu kenapa? Karena sekarang mulai muncul komunitas-komunitas kreatif seperti FOWAB, Startup Lokal, Suwec, Bancakan, dan Roti Fresh. Merekalah yang menarik para pendekar start up Indonesia untuk turun gunung dan lebih bersosialisasi sehingga bisa dikenal publik.

Komunitas-komunitas kreatif seperti itu sangat membantu para praktisi kreatif untuk lebih meningkatkan kreatifitas mereka. Kenapa? Karena dengan melihat kreatifitas di sekeliling kita, pasti kita akan terpacu dan tidak mau kalah dengan yang lain. Kita juga ingin menunjukkan kemampuan kita. Secara tidak langsung akan memunculkan kompetisi dimana teman-teman yang tergabung dalam komunitas kreatif ini akan berlomba-lomba untuk berkreatifitas untuk menunjukkan kemampuannya. Mantan pegawai Google Thomas Korte yang mendirikan Angel Pad, sebuah angle investor di US mengatakan โ€œYou want smart people around you. Thatโ€™s the secret sauce down at Googleโ€, bahwa salah satu kelebihan bekerja di Google adalah kita dikelilingi orang-orang kreatif.

Dulu saya pernah menulis tentang kantor untuk para freelancer di blog saya ThinkRooms. Mungkin teman-teman yang sudah membaca bisa menyebut kantor itu semacan hacker space, ruang kreatif, atau apapun istilahnya itu. Di tulisan itu salah satu teman freelance Richard Fang dari Jurus Grafis menuliskan komentar bagaimana kalau kita memulai dengan Work at Jelly yang bisa dilihat diย http://www.workatjelly.com/. Penasaran, saya pun membuka website itu dan melihat idenya sangat menarik. Orang-orang kreatif berkumpul di suatu tempat untuk sekedar kerja, belajar, atau berdiskusi. Masing-masing membawa laptop dan perlengkapan sendiri. Masing-masing bisa sibuk dengan pekerjaan masing-masing, tapi dengan berkumpulnya teman-teman kreatif maka secara tidak langsung kita akan menyerap ilmu dan kreatifitas selama kegiatan itu. Kalian bisa lihat videonya disini.

Aura yang diciptakan saat berkumpul dengan teman-teman kreatif itu akan terasa memacu kita untuk berkreatifitas. Saya saja melihat videonya ingin segera merealisasikan ide ini. Berbicara dengan teman-teman dari FOWAB mereka memberi saran mungkin dibikin lebih spesifik bisa lebih baik. Misalnya minggu ini para web developer dan designer. Kemudian minggu berikutnya teman-teman dari dunia fotografi dan design grafis, lalu para penulis dan blogger, dan seterusnya. Sangat menarik untuk direalisasikan.

Dengan tulisan ini saya mengundang secara tidak langsung untuk teman-teman apakah tertarik untuk merealisasikan kegiatan ini? Kita berkumpul di satu tempat bukan untuk presentasi seperti kegiatan FOWAB sebelumnya tapi untuk bekerja bersama di satu tempat. Beberapa teman-teman sudah tertarik, bagaimana denganmu?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      Follow account Twitter @ruangfreelance, kita slalu update disitu kalau ada #WorkAtJelly kok. Feel free to join. Tapi memang kadang dadakan dan ga direncanakan. ๐Ÿ™‚ Tar klo yg direncanakan kita bikin yg lebih baik misalnya goalnya apa, trus disusun mo ngapain aja. ๐Ÿ™‚

    • says

      Bikin aj kalau misalnya belum ada. Saya jg mulai dari 2 orang, trus jadi 3, dan jadi banyakan walaupun belum sampai puluhan. ๐Ÿ™‚

  1. says

    Ide ini sangat kreatif mas Yohan, orang yang bergelut di dunia web developer, designer, fotografer, blogger dan penulis umumnya memiliki pemikiran yang kreatif dan perlu diberikan wadah untuk ajang sharingnya dengan memiliki tempat khusus seperti itu.
    Sehingga ide-ide yang mungkin lama terpendam bisa dikeluarkan dan mungkin bisa segera di realisasikan disitu.
    Semoga muncul ide2 kreatif gokil lainnya…

  2. says

    Wah, kalau memang benar di indonesia ada kayak gitu bakal keren loh. udah gak ada jaman lagi ngumpet ditempat masing-masing, sharing sana-sini gak rugi, bahkan malah akan menambah ilmu kita, great idea!

  3. says

    Lebih asik lagi kalau ada semacam one day portfolio atau kompetisi, jadi seharian itu kita bisa kolaborasi dengan teman2 yg datang sehingga menghasilkan portfolio.

    Atau berbagi project dengan mendelegasikan beberapa bagian pekerjaan dalam project tersebut kepada teman2 yang punya skill, misalnya dalam suatu project dibutuhkan bantuan pembuatan ajax gallery/slideshow.

  4. says

    Memang terkadang bila berkumpulnya dengan orang-orang kreativ membuat otak kita lebih impulsif untuk bergerak lebih kreatif karena ada penyemangat baru disekeliling kita.

    Mantap nich kalau bisa sering terealisasikan

  5. says

    Lingkungan seperti ini nih yang saya dambakan, hehe.

    Saya pikir akan lebih menarik kalau semua bidang disatukan, tidak perlu dispesifikkan. Semua sama-sama dalam bidang kreatif, nah dari keberagaman ini pasti ada aja ide segar muncul -yang bahkan tidak berasal dari bidang kita sendiri.

    Saran saya aja sih, hehe ๐Ÿ˜€

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *