Menjadi Freelance Tidak Pernah Mudah

Yup, sudah memasuki bulan ketujuh hidup sebagai freelancer, khususnya freelance online. Seru juga memasuki dunia yang cukup kompleks ini, mengingat banyak hal yang perlu dipelajari dalam waktu relatif singkat. Dalam perjalanannya, tentu ada bagian trial and error. Hampir setiap bulan saya mendapatkan berbagai macam adrenalin yang berbeda. Kenapa? Karena saya mendapatkan tantangan – tantangan yang sangat beragam. Dari klien yang cerewet sampai klien yang senangnya ngasih bonus. Mulai dari tenggat yang ketat, proyek yang lumayan ribet, hingga fee yang terlalu mencekik. Freelance artinya harus belajar menjadi kreatif dan cepet tanggap. Dari yang minder bin takut sampai berani dengan semangat 45. Memang tidak mudah dan pasti berisiko.

Sebagai pemula, ada baiknya kamu membaca Freelance VS Full time Part 1 dan Freelance VS Full time Part 2 . Menjadi freelancer adalah sebuah pilihan. Akhirnya membuat saya menjalani pekerjaan ini. Moto-motoku untuk hidup di dunia freelance yaitu OPTIMIS, JUST TRY TO THE NEXT STEP, dan KEEP FIGHTING.

Mungkin awal perjalananku cukup bergelombang. Mencoba membandingkan dengan teman-teman yang sudah membaca blogku ini dan berusaha mengikuti arahanku agar tidak mengalami hal yang sama denganku. Senang juga beberapa teman sudah mulai berhasil dan bahkan melewati kemampuanku. salut :mrgreen: Andybud juga memberikan petuah yang sangat baik mengenai freelance, seperti pada artikelnya Top Tips for freelance dan 7 Habits of a Highly Successful Freelance Web Designer insya Allah kamu mendapat pencerahan yang lebih baik mengenai freelance.

Hidup itu pilihan. Semua mempunyai risiko dan tantangan. Jangan mudah menyerah. Belajar dan belajar. BACA dan PELAJARI. Gak pernah ada yang bilang bahwa dunia pekerjaan seperti ini mudah dan mulus dijalani. Ada hal berliku, terjal, dan penuh jebakan yang mungkin dirasa lebay di mata orang lain. Namun sekali kamu menemukan jalan yang cocok dan pas untuk dilalui, semua yang pernah terjadi di belakang tak akan membuatmu menangis lagi. Malahan, rasanya bikin kamu tertawa karena sukses sudah bisa bertahan.

other tips: banyak visitor di blogku ini yang hanya bisa bertanya, tanpa memelajarinya dahulu (rata-rata orang Indonesia 😛 ). Cobalah bergelut dahulu. Semakin banyak salah, maka kamu semakin banyak tahu. Bertanyalah setelah kamu mencoba, maka akan mudah bagi teman-teman mengetahui lebih lanjut mengenai dunia freelance ini.

Karena menjadi freelancer tak pernah mudah.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Grey Raven says

    Greetings,

    Wogh, beradnya setelah beberapa waktu ngikutin cara jadi freelancer di web sene.

    klo bisa saya pengen tanya sesuatu pada freelance yang dah bisa jalan tegap, soalnya ini masih tertatih – tatih…

    beratnya disini saya kerja dengan tim, dan saya sendiri project manager… huahuahuahua!!

    Please give me a contact about these, I need to know something !

    Thank You,

    Regards,
    Raven

  2. says

    jd freelancer itu gak enak 😀

    karena gak dimonitoring langsung sm boss ditambah lagi jam kerja yg fleksibel, biasanya kurang disiplin, imbasnya kerjaan sering ditunda …… siang biasanya main gim + tidur, kalo mo deket sm deadline baru deh kerja sampe shubuh *loh*

  3. says

    memang ga mudah, terutama bagi newbie yang habis resign dari tempat kerja. Punya passion yang tinggi, tapi belum punya skill . Haduh .. Rasanya antara semangat dan pesimis jadi 1

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *