Menghasilkan Uang dari Jasa Tutorial, Bisakah?

Apa yang Anda kuasai dan miliki adalah modal terbaik untuk memulai bisnis. Jadi, bila Anda memiliki rencana berbisnis dan bingung harus mulai dari mana, coba tanyakan ke diri sendiri. Cari tahu apa yang jadi keahlian Anda dan berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang.

Contohnya, Anda suka, terbiasa, dan sudah ahli dalam bidang menulis. Keahlian ini memungkinkan Anda jadi content writer, copywriter, editor, penerjemah dan sebagainya. Anda pun bisa memilih untuk jadi penulis freelance atau jadi karyawan di sebuah perusahaan atau di marketplace seperti kontenesia.com.

Apakah hanya itu? Tentu tidak. Dari keahlian menulis, Anda juga bisa berbagi pengalaman dan tutorial. Apa yang Anda bagi tersebut bisa dijual dan manfaatnya lebih dari sekadar hobi. Contoh lainnya, fotografer yang berbagi foto atau tips untuk jadi fotografer andal dan trik memotret seperti hiresstock.com atau himago.com, atau muslimah yang pandai mix & match hijab, dan lain-lain.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghasilkan uang dari jasa tutorial? Jika Anda penasaran, yuk simak ulasan di bawah ini:

Ragam Keuntungan Membuat Tutorial

Ragam Keuntungan Membuat Tutorial

Ragam Keuntungan Membuat Tutorial

Keuntungan utama yang pasti Anda dapatkan ialah nama. Anda akan dikenal oleh orang-orang yang memiliki minat yang sama, mudah ditemukan di search engine, dan membangun citra yang baik. Apalagi bila Anda ahli dalam satu bidang tertentu.

Ketika membuat tutorial, Anda bisa jadi terkejut melihat seberapa banyak Anda tahu dan tingginya keinginan orang mencari tahu apa yang Anda ketahui. Menariknya lagi, sebagian besar kata kunci yang diketikkan di search engine ialah seputar tips, panduan, tutorial, dan sebagainya.

Keuntungan lainnya, Anda bisa menghasilkan uang dari jasa tutorial tersebut. Pasti menyenangkan ketika Anda mendapatkan bayaran dari hal-hal yang disukai. Caranya dengan menjadi freelancer di sejumlah media.

Anda bisa menulis atau membuatkan video tutorial, untuk diposting di sejumlah website berbayar. Bila di Indonesia, contohnya seperti ruangfreelance.com yang mengupas tuntas mengenai dunia freelance, MJE yang banyak membahas tentang pendidikan dan beasiswa, umrohbackpacker.id yang membahas tentang tips dan cara umroh backpacker, dan masih banyak lagi.

Tantangan yang perlu Anda lakukan ialah menemukan situs yang tepat dan memberikan bayaran untuk jasa tutorial yang Anda buat. Bila Anda sudah cukup dikenal, tak jarang mendapatkan undangan untuk menjadi pembicara atau tamu di sejumlah acara. Khususnya undangan yang berkaitan dengan keahlian dan tutorial yang Anda buat.

Tips Membuat Tutorial yang Tepat

Tips Membuat Tutorial yang Tepat

Tips Membuat Tutorial yang Tepat

Jika Anda tertarik mencoba menghasilkan uang dengan jasa tutorial, perhatikan dulu panduannya. Secara umum, toturial di dunia maya terbagi menjadi dua, yakni tulisan dan video. Masing-masing memiliki tips dan trik khusus untuk sukses meningkatkan traffic. Beberapa di antaranya:

 

Baca juga:

 

Judul Mudah Ditemukan

Judul yang SEO Friendly dan sesuai dengan isi. Judul-judul yang umum digunakan biasanya memuat kata “cara”, “tips”, “panduan”, “tutorial”, dan sejenisnya.

Petunjuk yang Jelas

Dalam video atau tulisan tutorial, tentunya akan menjelaskan sejumlah langkah yang terbagi dalam beberapa tahapan. Baiknya, Anda memberikan petunjuk yang jelas untuk langkah demi langkah.

Bila itu video, jangan terlalu terburu-buru dan lengkapi dengan penjelasan. Jika tutorial tulisan, Anda bisa membuat kategori dengan angka atau tanda lainnya.

Durasi atau Panjang Tutorial

Tidak ada aturan baku tentang hal ini dan bisa disesuaikan dengan apa yang dijadikan tutorial. Idealnya, tutorial memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas, agar mudah diikuti. Tutorial sebaiknya juga tidak berbelit-belit agar lebih mudah dipahami.

Bila tutorial pertama Anda ditolak atau tidak mendapatkan respons baik dari netizen, jangan putus asa. Coba lagi dan lagi, sambil terus melakukan perbaikan dan menikmati proses yang terjadi. Proses tersebut tentu terasa lebih ringan dan menyenangkan karena menyangkut hobi Anda. Motivasinya, ketika apa yang disukai tersebut bisa menghasilkan uang dari jasa tutorial.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *