Menghadapi Job Freelancer Yang Tidak Menyenangkan

Idealnya, semua job yang diterima freelancer bisa diterima dengan senang hati. Namun ada kalanya freelancer salah langkah dengan menerima job yang tidak menyenangkan.

Orang yang tidak menerima tugas dengan senang hati bisa diibaratkan seorang ibu rumah tangga yang malas mencuci piring di malam hari. Waktu selesai makan malam pada umumnya wanita tidak langsung mencuci piring karena lebih suka mencuci di pagi hari. Padahal kita tahu, dengan menunda mencuci di malam hari, kotoran pada piring-piring tersebut tidak akan lenyap dengan sendirinya. Bahkan persoalan biasanya jadi semakin runyam karena pagi hari biasanya buru-buru karena banyak kegiatan lain.

Lalu, mengapa wanita tersebut membiarkan pikirannya seperti selalu diselimuti mendung kelabu sementara dengan sedikit usaha saja dia bisa mendapatkan langit yang cerah? Cara yang tidak menyenangkan bagi ibu rumah tangga adalah menyisihkan sedikit waktu, sekitar 10 sampai 15 menit, untuk mengerjakan tugas mencuci pada waktu itu juga dan beres seketika. Waktu berangkat tidur pun pikiran jadi lebih tenang.

Hal yang sama bisa diterapkan dalam cara kerja freelancer di internet. Hadapilah job yang tidak menyenangkan secara jujur. Seberapa sulit tantangan menyelesaikan sebuah project, itulah yang harus freelancer hadapi. Dengan melatih diri menyelesaikan proyek-proyek sulit, minimal kita telah melatih kemampuan di bidang yang digeluti. Portofolio yang freelancer miliki pun pasti lebih bernilai di mata calon klien berikutnya.

Sayangnya, ada beberapa hal tidak menyenangkan yang menguji kesabaran seorang freelancer. Misalnya ada calon klien yang ingin memakai jasa seorang freelancer writer dan meminta penjelasan detail pekerjaan. Padahal kita sudah menyediakan informasi jasa freelancer writer dalam sebuah website khusus. Seharusnya calon klien tersebut bisa membaca langsung pada halaman sales letter atau landing page yang sudah dibuat. Namun tetap saja kita harus menjelaskan melalui YM atau telepon agar mereka paham.

Hendaknya freelancer sadari bahwa dengan tidak mengerjakan tugas yang tidak menyenangkan, maka beban kerja kita akan bertambah lebih berat. Selanjutnya, tetapkan untuk melaksanakan tugas tersebut sekarang juga. Meski tidak menyenangkan, inilah dunia freelancer yang sudah kita pilih. Tentu kita harus berkomitmen dengan pilihan ini. Ayo selesaikan sekarang juga!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *