Memulai #BisnisStartup? Siapa Takut!

Beberapa waktu lalu, penggagas situs ini sempat share beberapa kultwit mengenai tips spesial dalam memulai #BisnisStartup – nya. Dan atas permintaan jutaan followers #mulailebay :p, serta agar kultwit tersebut tidak sekedar menjadi tweet yang akan tenggelam dimakan linimasa, berikut disimpulkan beberapa tips untuk memulai #BisnisStartup – mu sekarang juga.

Penasaran apa saja tips untuk memulai #BisnisStartup – mu? Langsung saja disimak! ๐Ÿ˜€

Nggak Pake Lama

Sudah punya rencana dan gambaran ingin punya #BisnisStartup sendiri? Dari kapan rencananya? Sebulan yang lalu, 3 bulan yang lalu, setahun yang lalu? Yah, lamaaa. Jangan kelamaan mikir! Kalau kata merk sepatu sih, Just do it! Kalau sudah punya plan-nya, sudah punya nama dan doa-nya, dan sudah punya cara awalnya, tunggu apalagi?ย Kalau memang bisa bikin #BisnisStartup hari ini juga, ya bikin!

Minimizing Cost

Eitss, tapi… Jangan juga #BisnisStartup kalian sampai kayak peribahasa “Besar pasak daripada tiang” lho. Berhubung ini #BisnisStartup yang dimulai dari nol dan nggak jarang dimulai oleh hanya 1 individu, usahakan keluarkan biaya semurah mungkin ya. Jangan keenakan pengen bikin yang perfect banget sampe akhirnya malah buang-buang modal dan biaya yang seharusnya bisa diminimalisir. Jangan lupa, #BisnisStartup – nya masih butuh dana lho untuk hari-hari berikutnya *pasti pengen dong #BisnisStartup – nya longlast?*. Dan, jangan lupa juga, modalnya kan masih pake uang sendiri, jadi mesti hati-hati keluarin dananya. Betul? ๐Ÿ˜‰

Mulai Dari yang Kecil

Kan kata Aa Gym juga 3M ya (Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, dan Mulai sekarang juga), jadi nggak masalah tuh kalau mulainya hanya dari yang kecil-kecil dulu. Toh segala yang dimulai dari nol justru malah akan lebih terasa berharga. Dan lebih dari itu, banyak hal yang bisa jadi pelajaran dan pengalaman dari si kecil itu.

Tapi, kecil bukan berarti nggak boleh punya harapan yang tinggi. Namanya mimpi dan doa itu harus selalu ada. Kan katanya,ย Tuhan itu bekerja sesuai prasangka umat-Nya, jadi ya tetap harus punya impian dan harapan. Entah itu harapan agar bisnisnya jadi semakin besar, omzetnya semakin meningkat tiap bulan, punya rumah pribadi dari hasil bisnis, atau bahkan punya kantor yang kayak Google. Pokoknya mimpi tetap harus punya, dan jangan lupa, tetap berusaha. ๐Ÿ˜‰

Beli Dulu? Boleh Lah…

Idealis sih boleh, tapi mesti realistis juga. Awal-awal masih pake dan beli produk dan butuh bantuan jasa dari orang, nggak masalah kok. Nggak bikin dosa kok. Toh kalau sudah mulai bisa jalan sendiri danย settleย #BisnisStartup – nya, baru deh bebas mau bikin produk dan jasa yang seperti apapun se-kreatif kita. ๐Ÿ˜‰

‘Nebeng’ Market

Untuk awal pendirian, #BisnisStartup kamu gak mesti punya market sendiri, atau bahkan bikin market baru buat jadi pembeli dan pengguna produk dan jasa yang kamu hasilkan. ‘Nebeng’ market startup lain pun gak masalah kok. Selain gak membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra untuk survey dan menarik minat pangsa pasar yangย baru, kamu juga bisa bikin inovasi baru yang siapa tahu belum kepikiran sama startup lain di market tersebut.

Beri Aku 10 Pemuda, Maka Akan Kuguncang Dunia

Pernah denger dong pasti quotes terkenal dari Ir. Soekarno itu? Kata beliau sihย 100 orang hanya bermimpi, tetapi berikanlah aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia!”. Nah, sama dengan quotes tersebut, untuk bikin #BisnisStarup pun gak mesti banyak orang kita tarik buat join bareng. Kalian mau bikin bisnis loh, bukan mau bikin organisasi atau partai politik tempat orang-orang bisa tidur pas lagi rapat akbar. Yang penting itu kualitas, bukan kuantitas. Optimalkan SDM yang ada buat dapat hasil yang maksimal.

Drive By Passion

Buatlah #BisnisStartup yang sesuai sama passion kamu. Anyway, melakukan sesuatu sesuai passion ini berlaku gak hanya pas kamu mau bikin bisnis lho, tapi juga buat semua hal. Memutuskan mau kerja apa, memutuskan mau masuk jurusan mana, semuanya mesti drive by passion. Kenapa? Karena perjalanan kamu gak selamanya akan indah dan menyenangkan. Akan ada saatnya kamu berada di titik bawah *roda berputar lho*, dan saat itulah kamu butuh motivasi buat bisa bangun dan bangkit lagi. Kalau bukan bermula dari diri sendiri, dari mana lagi kamu bisa dapat motivasi buat keep struggling?

Don’t ever let yourself depend to anybody or anything else, except to yourself and God.

(DON’T) Feel Like A Boss

Jangan mentang-mentang #BisnisStartup – nya punya sendiri, terus kerja jadi semau-maunya. Ingat, freelance itu bukan mengerjakan apapun semau kita, tapi mengerjakan apapun secara bertanggungjawab. Jadi kalau mau dihargai sama partner, dan pengen bisa memperluas #BisnisStartup, ya dimulai dari menghargai orang terdekat dan waktu dulu dong!

Jatuh? Ya Bangun!

#BisnisStartup – nya jatuh? Ya bangun lagi dong! Namanya usaha pasti ada jatuh bangunnya. Jangan cuma ngarep buat langsung dapetin untung, tapi ya harus siap juga sama segala risiko. Yang pasti sih, kalau lagi jatuh jangan lupa berdiri lagi. #BisnisStartup umumnya berjalan based on experience, jadi jangan khawatir kalau jatuh. Yang ada, masa seperti itu harusnya bisa dijadikan bahan pelajaran berharga buat masa-masa selanjutnya. Thomas Alfa Edisonย pun belum tentu bisa nemuin lampu kalau nggak tahan dengan 9.998 kegagalannya sebelum akhirnya berhasil di percobaan ke-9.999. ๐Ÿ˜‰

Exit Strategy? NO WAY!

Kalau di ilmu Akuntansi, ada tuh yang namanya konservatif, yaitu pemikiran yang selalu mempertimbangkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Misal, seandainya kita ngelakuin A, akibat buruknya bakal apa nih? Atau kalo kita pilih B, risikonya apa? Yang kayak gini, jelas bagus. Namanya sedia payung sebelum hujan. Tapi… Jangan keasikan sedia payung sebelum hujan, sampe-sampe nggak mau maju sebelum berperang. Dalam pelaksanaan #BsinisStartup, ada baiknya untuk nggak selalu mikirin exit strategyย di awal. Exit strategy bikin kamu jadi terlalu was-was sama #BisnisStartup kamu, sampai-sampai takut untuk mencoba dan mengambil hal baru. Akibatnya? #BisnisStartup kamu nggak bisa maju-maju, deh. Dan itu semua cuma karena kamu terlalu keseringan mikirin exit strategy.

Yang penting usaha dulu saja, jalanin yang ada di depan mata se-optimal mungkin. Sisanya? Just do the best, and let God do the rest. ๐Ÿ™‚

Kangen Kantor

Setelah bisa bikin #BisnisStartup sendiri, punya partner yang super-kompak, SDM yang super-jago dan super-seru, ke kantor bukan lagi jadi hal yang bikin nggak semangat. Justru sebaliknya, kerja jadi kegiatan yang menyenangkan dan kantor jadi tempat yang bikin kangen kalo lama nggak dikunjungi #ciyeee. ๐Ÿ˜‰

So, setelah menyimak beberapa tips singkat tentang starting your #BisnisStartup tadi, semoga bisa bermanfaat dan coba dipraktekkan sejak dini yah. Sekali lagi, INGAT! Untuk bikin #BisnisStartup, kuncinya cuma :ย “Berani memulai!”

Dan selebihnya, kamu cuma perlu…

Choose a job you love,ย and you will never have to work a day in your lifeConfucius

Jadi, siap dong hari ini juga mulai #BisnisSratup – nya? Kalau sudah siap, selamat berbisnis! ๐Ÿ˜‰

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. gerardigun says

    akhirnya..versi panjangnya udah keluar..
    thx..nambah gairah buat bikin startup nih..hehe

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *