Memperkokoh Citra Diri Seorang Freelancer

Produktifitas bekerja seorang freelancer dipengaruhi oleh citra diri atau cara pandang terhadap diri mereka sendiri. Ibaratnya nih, citra diri yang kokoh bisa memberi tenaga bagi freelancer untuk dapat melakukan pendakian sampai ke puncak gunung yang tertinggi dan tetap memiliki energi yang tersisa. Sayangnya tidak mudah untuk merubah citra diri pada seseorang. Namun hal ini dapat dilakukan dengan niat dan disiplin diri. Tips berikut ini semoga dapat membantu seorang freelancer mendapatkan citra diri yang lebih baik.

1. Yang lalu biarlah berlalu.

Freelancing Project nggak selalu berakhir sukses, terutama untuk job pertama kali. Ada kalanya seorang freelancer menghasilkan karya yang jauh di bawah kemampuan terbaiknya. Namun karena satu dan lain hal, misalnya karena dikejar deadline, hasil kerja freelancer harus segera diserahkan kepada klien dengan kualitas biasa-biasa saja. Don’t worry! Let bygone be bygone! Ambil hikmah kesalahan tersebut dan semoga nggak terulang lagi di kemudian hari.

2. Bangkitkan motivasi diri.

Gagal mengerjakan project pertama bisa membuat freelancer pemula patah semangat. “Apakah pilihan gue terhadap pekerjaan ini sudah tepat?” mungkin kalimat itu yang bisa mewakili isi hati mereka. Jangan biarkan diri Anda terlarut dalam kegalauan. Tumbuhkan motivasi diri dengan ketemu mastah-mastah freelancer, gabung forum dan milis freelancer, dan lebih banyak menambah ilmu.

3. Menerima kondisi diri apa adanya.

Profesi freelancer bagi saya tak ubahnya seorang seniman. Hasil karya freelancer itu unik dan memberi ciri khusus pada produk klien. Nggak etis kalau seorang freelancer membanding-bandingkan hasil kerja dengan freelancer lain. Terimalah kondisi diri apa adanya beserta kekurangan dan kelebihan. Mintalah penilaian yang obyektif dari beberapa orang tentang karakter Anda sehingga mereka bisa memberi input yang berguna buat ke depannya.

4. Jangan biarkan orang lain meremehkan kemampuan Anda.

Nah, yang ini juga penting dalam membangun citra diri positif bagi seorang freelancer. Jangan biarkan orang lain meremehkan kemampuan Anda. Pro dan kontra dunia freelancer online adalah hal yang wajar terjadi. Peribahasa mengatakan. “Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu”. Menghadapi celaan dan kritikan dari pihak lain bisa kita jawab dengan menampilkan karya terbaik. Jangan lupa meng-upgrade ilmu agar kita semakin kreatif dan inovatif dalam mengerjakan order dari klien.

Tetap semangat buat semua freelancer Indonesia!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    benar sekali, mas agus. tulisan ini menginspirasi banget. terutama yg nomer 3. lebih baik kita maksimalin apa kelebihan kitam, daripada ikut2an orang laen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *