internet-koneksi

Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet di Indonesia

Koneksi Internet - photo by Kymberlie R. McGuire

Koneksi Internet - photo by Kymberlie R. McGuire

Ketika Anda terjun ke dunia freelance tidak bisa dipungkiri bahwa peran internet sangat krusial sekali, apalagi bagi para freelancer yang bergerak di bidang online marketing, web designer, penulis konten, hingga para pemilik toko atau butik online.

Oleh karena itu memilih dan menentukan koneksi internet yang akan dipakai akan sangat menentukan kelancaran pekerjaan yang kita lakukan. Bayangkan saja jika ketika Anda sedang menunggu kiriman email dari klien atau kostumer tiba-tiba saja koneksi internet Anda mati dan ketika mencoba menghubungi customer service jawaban yang didapatkan hanya “Maaf pak, sedang ada masalah jaringan. Mohon bersabar ya”.

Jujur saja, memilih mencari provide internet yang reliable serta support yang bisa membantu disaat kita mengalami masalah koneksi dengan harga yang terjangkau bukanlah pekerjaan mudah.

Di artikel ini penulis akan mencoba memberikan review penyedia-penyedia layanan internet Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

1. Telkom Speedy

Telkom Speedy

Tidak bisa dipungkiri Telkom Speedy merupakan provider internet broadband dengan pelanggan terbanyak dan cakupan area layanan terluas di Indonesia.

Kecepatas akses internet yang ditawarkan oleh Speedy adalah up-to 384 KB/s untuk paket yang menggunakan quota serta up-to 1MB/s untuk paket unlimited. Namun sayangnya hanya kota serta daerah tertentu saja yang sudah bisa menikmati kecepatan up-to 1MB/s.

Tarif & Paket Layanan

Tarif dan paket layanan yang ditawarkan oleh Telkom Speedy dapat Anda lihat di sini.

Kelebihan

  1. Tersedia diberbagai kota dan provinsi di Indonesia
  2. Sering memberikan diskon dan paket promo
  3. Banyak paket yang ditawarkan

Kekurangan

  1. Koneksi yang sering putus atau lambat
  2. Harga lebih mahal dibandingkan kompetitor
  3. Dari banyaknya paket yang ditawarkan sayangnya Speedy tidak menawarkan paket berdasarkan kecepatan koneksi

2. Indosat M2 3.5G

indosat M2

Indosat Mega Media atau biasa disingkat Indosat M2 adalah salah satu pemain di penyedia layanan mobile-internet. Dengan kecepatan koneksi yang diklaim hingga 3.5MB/s tentunya sangat menggiurkan untuk dicoba, apalagi IM2 menawarkan paket gratis modem bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Tarif & Paket Layanan

Tarif dan paket layanan yang ditawarkan oleh IM2 dapat Anda lihat di sini.

Kelebihan

  1. Kecepatan koneksi yang cukup tinggi
  2. Layanan support yang cukup bagus
  3. Tersedia paket dengan relatif harga terjangkau
  4. Dapat dibawa kemana saja asalkan tercover jaringan IM2

Kekurangan

  1. Akhir-akhir ini pada malam hari kecepatan koneksi jauh menurun hingga kadang terasa lebih lambat dari kecepatan dial-up (walaupun kuota unlimited belum habis)
  2. Hanya tersedia dibeberapa kota saja dan itupun tidak semuanya tercover oleh jaringan 3,5G

Catatan: Selain layanan 3.5G, IM2 juga menyediakan layanan koneksi internet melalui media lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke indosatm2.com.

3. Fastnet by FirstMedia

First Media

Fastnet, diantara kedua layanan yang saya tuliskan diatas, mungkin ini adalah satu-satunya penyedia jasa internet broadband dengan harga yang paling murah. Bagaimana tidak, dengan cukup membayar tagihan Rp99.000/bln + PPN (belum termasuk harga modem untuk paket 768KB/s ke bawah) Anda sudah bisa menikmati layanan koneksi internet unlimited dengan kecepatan hingga 384 KB/s. Selain 384KB/s tersedia juga paket-paket dengan kecepatan 512KB/s, 768KB/s, 1.5MB/s dan 3MB/s.

Tarif & Paket Layanan

Tarif dan paket layanan yang ditawarkan oleh Fastnet dapat Anda lihat di sini.

Kelebihan

  1. Harga yang sangat murah dibandingkan para kompetitornya
  2. Kualitas koneksi yang cukup baik

Kekurangan

  1. Layanan purna-jual yang sangat buruk, jangan harapkan Anda akan bisa mendapatkan solusi terhadap masalah koneksi Anda dengan cepat
  2. Hanya bisa digunakan untuk personal, dan tidak boleh digunakan untuk warnet atau pun perkantoran
  3. Baru tersedia di sebagian daerah Jakarta dan Surabaya

4. TelkomNet Instan

Telkomnet Instan

TelkomNet Instan mungkin adalah alternatif terakhir jika daerah rumah Anda tidak terjangkau oleh layanan penyedia jasa internet mana pun dan hanya tercover oleh jaringan kabel telepon dari PLN. Karena menggunakan koneksi dial-up jangan terlalu berharap bisa mendownload dan mengupload pekerjaan Anda sehari-sehari dengan cepat.

Tarif & Paket Layanan

Tarif dan paket layanan yang ditawarkan oleh TelkomNet Instan dapat Anda lihat di sini.

Kelebihan

  1. Cakupan area layanan yang luas

Kekurangan

  1. Kecepatan koneksi yang sangat pelan (maklum masih dial-up)
  2. Harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan internet lainnya

Selain penyedia-penyedia layanan internet di atas masih banyak penyedia-penyedia lainnya, namun karena penulis belum pernah menggunakannya jadi tidak bisa memberikan review terhadap layanan mereka.

Beberapa penyedia layanaan internet lainnya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda antara lain:

  1. CBN
  2. Indonet
  3. Biznet (sepertinya lebih cocok untuk kalangan korporat)
  4. Indosat 3.5G
  5. TelkomFlash

Bagaimana dengan pengalaman Anda, mengenai Koneksi internet yang Anda gunakan? Anda dapat sharing kepada kami atau Update selalu artikel RuangFreelance melalui RSS RuangFreelance dan Email untuk mendapatkan info seputar freelance. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda memilih koneksi internet mana yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Mau beli aplikasi, game, musik, film dan ibook tapi gak punya kartu kredit? pesan aja iTunes Gift Card ke Rumah Ummi sekarang.

72 thoughts on “Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet di Indonesia”

  1. gw kebetulan pake firstmedia alias fastnet, ntah kenapa skrg sering down yah dibandingkan dulu stabil abis ga ada down2nya.
    trus dari dulu sampe skrg, yg namanya hubungin CSnya sih butuh kesabaran tingkat tinggi, udah gitu blon tentu ada penyelesaiannya lagi.

    tapi berhubung dia yg paling murah, ya udah lah mo gimana lagi sabar aja lah hahahaha

    1. pake paket yang mana bro? di daerah mana rumahnya? gw pake fastnet 2mbps+tvcable yang HD selama ini sih ga da masalah di kemanggisan :D

  2. Wah Fastnet sekarang bermasalah ya? Maklum dah sebulanan ga pake Fastnet gara-gara ditipu oknum teknisinya.

    Tapi selama gw pake sih jujur aja Fastnet itu koneksinya stabil banget dibanding kompetitornya. Gw dulu pake 1.5MB/s kl test di speedtest.net hampir selalu dapet upstream-nya 1400-an KB/s.

  3. bener gi sampe ini gue masih rekomen FASTNET walau kata orang sudah bermasalah. MURAHnya itu yg jadi pegangan :D. deon sekarang juga sudah beralih dari speedy ke fastnet. BANDUNG kapan yah :P keluh :(

  4. gw pengguna fastnet, menurut gw sih paling bagus sinyalnya. gak pernah putus, downtime kurang dari 1% penggunaan gw selama ini ( gw daerah kuningan ), unlimited, kata orang bermasalah juga gw alhamdulillah enggak ( kecuali untuk akses ruangfreelance.com, gw harus migrasi ke opendns / proxy karena fastnet ga bisa buka ~.~ ). Oh ya, dan gw kalo ada masalah sih biasanya tinggal restart modem udah langsung beres.
    Ngehubungi CS bisa dihitung pake jari, dan kalo gw telp ke mereka ( biasanya subuh/midnight ) langsung diangkat kok.

    Ya mungkin gw termasuk salah satu pengguna fastnet yang sangat-beruntung :D

  5. Yup, bener seperti kata unwinged.anang. Selama gw pake Fastnet selama lebih 7 bulan jg jarang banget down (lokasi Duri Kepa, JakBar), kalau pun down biasanya ga lebih dari 5 menit & bisa langsung nyala lagi dengan cukup restart modem kita.

    Denger-denger, sekarang Fastnet lg keabisan modem Motorola Surfboard ya?

  6. gw sampai sekarang pake fastnet benar2 TOP MARKOTOP ga ada yg lebih mantabs dari fastnet , walau supportnya rada lemot , tapi kalo soal Konaksi selalu ngejosh terus

  7. @ Budi Putra
    Wah ada pak Budi :).
    Saya saat ini juga pakai Speedy Unlimited, seminggu terakhir sih ga ada masalah, tapi dulu sering sekali koneksi saya mati (alasan dari CSnya masalah jaringan).

    Kalau IM2 saya pakai yang YOU unlimited, tapi sekarang jarang digunakan karena gunanya hanya sebagai backup aja.

    Dulu sih IM2 koneksinya lancar sekali & ga pernah ada masalah. Namun sejak beberapa bulan lalu koneksinya ancur2an, awalnya bermasalahnya dari pagi hingga sore kemudian belakangan berangsur “pindah jam tayang” ke malam hari. Jadinya sekarang kalau malam hari kecepatannya kalau lagi pelan-pelannya bisa lebih pelan dari dial-up.

    @ unwinged.anang
    Hehhee, iya. Temen gw juga ngeluh begitu..uploadnya kecil sekali hehehe.

  8. Saya udah pake IM2 sejak 1 bulan kemaran awal2 nya pinjem modem kecepatanya lumayan broom!! abis, trus saya mutusin bwt beli sendiri modemnya, eh pas beli kok kecepattanya turun drastis apa lagi pas malem, masalah ini kayanya dari banyak user yg uda mulai pindah ke IM2, banyak yg integrasi dari Flash slnya… jadi user nya makin banyak, klo g salah im2 pake sistem sharing, jadi makin banyak pengguna makin lelet.
    Saya harep IM2 bisa manganggulangi masalah ini, dengan di tambahin bandwith nya :p, biarpun sistem sharing tp kecepatan tetep broom!!

  9. Kapok pake speedy, sekarang hanya pake koneksi mobile.

    Karena inet salah satu kebutuhan utama yang nggak bisa dihindari, jadinya pake beberapa provider untuk saling mendukung bilamana koneksi utama bermasalah: 3.5g im2 (pro unlimited), 3G XL (handphone) dan starone (cdma), ditambah indosat 3.5g (isat heavey unlimited) baru proses aktivasi (daftar pas pameran indocomtech kemaren)… :P

    IM2 paling handal (belum tau nanti dengan isat) saat ini. Di bawa jakarta-surabaya-bali tetap jalan walaupun gprs (di kereta argo anggrek)!

  10. aku pakai spidol. masih kuota 3 giga seh, tapi januari nanti mau pakai unlimited aja. so far so good. ndak pernah putus koneksinya, ndak pernah lelet. dikombinasikan dengan google chrome, acara gugling dan blogging sangat memuaskan!

    rumahku belom ke-cover fast net. entah kapan…

    sementara telkomnet instan bener-bener rampok!

    kalo mobile, pernah coba axis.
    rupanya bukan cuma rumor, axis BENERAN nomor setan! tiap satu menit selalu tewas *sigh*

    flash oke lah. tapi belakangan sering ngadat juga.

    rada kapok pake yang mobile.

  11. enaknya ada fastnet di jkt ..
    gw di sby … pakenya speedy doank .. sering down di daerah gw… hari ini aja down 1 hari download cuma dapet 2kb/second … parahhhh …

    fastnet udah ada promosi logo barunya doank disini …. tapi paketnya g ada …

  12. wah, ketinggalan artikel,
    ngomongin provider yak??? pa yah ga da yang di recomend he3x…tapi buat skarang pake 3g pertama2 cwepet gila apalagi kalo mobilenya pake hsdpa, sekarang wuuu, parah, gara2 fastnet amp sekarang cs-nya ga jadi2 survey jadinya harus bersabar dengan yang mobile, hi3x… baru tau kalo service purna-jual nya jelek, pantesan :D

  13. Uda mulai lirik2 ke 3G-net.net ni soale. Stres di apartemen, pilihan koneksinya cuman ada yang tipe mobile. Pernah coba telkomsel flash namun parah itumah!
    Sekarang pake 2 kartu Indosat 3G. Tapi argo rada-rada kuda. Dan tidak begitu dapat diandalkan. Kadang lelet kadang cepet.

  14. Dulu make speedy unlimited ok2 aja sih. Trs karena pindah rumah yg blm telponnya jadi make CBN Directnet unlimited (wireless). Lumayan buat donlot, tp klo uplot bisa naik darah :D. Makanya selalu switch ke IM2 klo mau upload.

    @Felix, temen gw diapartment medeterania (daerah tanjung duren) bisa pake 3G-Net tuh.

  15. Akhir² ini Speedie di daerah saya (Surabaya) koq akses ke luar negeri mayan lemot. Login YM! ajah sering gagal dan baru bisa setelah ber-ulang² login.
    Tapi kalau koneksi ke Indo normal² aja.

  16. Bagi yg daerahnya dapet sinyal 3G/HSDPA Indosat disaranin
    pake yg Indosat M2 Broom. Murah meriah dan lumayan lancar. Unlimited paket prabayar, lumayan juga speednya, sktr 256 kbps. Cuma 100rb/bulan. Utk kartu perdananya 150rb. Dg catatan: kalo pemakaian mencapai quota 2 gb, maka speed diturunin jadi maksimum
    64 kbps.Testimoni:
    http://rionih.wordpress.com/2008/10/19/indosat-m2-broom-unlimited/
    http://murnajati.com/2008/10/internet-paling-murah-indosat-m2-broom-im2/
    Sistimnya kyk hp, tinggal diisi ulang pake voucher mentari/im3 yg 100rb (bisa dibeli di counter2 hp). Utk
    modemnya sktr 1 jutaan, merk HUAWEI E220 (murah tp bandel), tp kalo utk pemakaian jangka panjang insya Allah gk terasa ntar… liat di
    http://indonetwork.co.id/venus_elektronik/862270/huawei-e220-hsdpa-7-2m.htm
    atau http://www.jakartanotebook.com/detail_54_1
    Untuk info M2 Indosatnya liat di http://www.indosatm2.com/
    Untuk melihat daerah yg terjangkau oleh jangkauan sinyal 3G Indosat atau tidak, liat di
    http://www.indosatm2.com/index.php/consumer-solution/internet-services/prepaid/broom#tab-coverage
    Sinyal 3G/HSDPA yg kuat apabila lokasinya tdk lebih dari 2 km dari lokasi BTS.

  17. Parah tuh speedy.. mahal buanget!! Meski udah dimurahin berkali2.. tetep aj.. speedy masih mahal (mnurut gw).. bagusnya sih dibuat kaya fastnet.. unlimited dgn harga terjangkau..

  18. PERINGATAN PENTING!!!
    “JANGAN PAKE XL INTERNET 3G”
    Gue KETIPU asli gini nih kronologisnya:

    1. Gue beli XL internet 3G di Ratu Plaza (19/3/2009). Penjelasan penjualnya: Isi pulsanya pake pulsa XL biasa aja, isi 110rb.
    2. Gue anggap gue paham
    3. Cek manual sekilas, Ok ga ada yang istimewa, semua normal2 aja
    4. Pake sebulan Oke, koneksi ga cepet tapi juga gak lambat, cukup stabil.
    5. Gue isi pulsa via mobile banking permata 125rb (pecahan terkecil 25rb) sekitar tanggal 20an.
    6. Pake internet beberapa menit (paling lama 1 jam), habis itu dapet error message:
    “Maaf, layanan GPRS tidak tersedia. Silakan coba beberapa saat lagi dan pastikan pulsa Anda cukup”
    7. Gue komplain VIA TELEPON ke Penjualnya di Ratu Plaza. Katanya: Daftar dulu Pak pake XLDAY30.
    8. Coba lagi Kagak bisa juga.
    9. Tanggal 24 gue isi lagi 125rb dengan metoda yang sama.
    10. Coba internet bisa cuma beberapa menit sama seperti di atas, trus gagal lagi dengan error message yang sama!
    11. Belakangan gue baru tau yang dimaksud adalah harus daftar dulu dengan kode XLDAY30 BARU BISA UNLIMITED.

    Analisis cela kecurangan XL:
    1. Dalam manual TIDAK DISEBUT harus daftar dengan menggunakan XLDAY30 ataupun lainnya apalagi konsekuensinya.
    2. Penjual XL di Ratu Plaza tidak memberitahukan hal tersebut.
    3. Saya tahu dari CS XL via telepon, dan kalo via telepon siapa yang bisa bedain antara XLD30 atau XLDAY30? ini jebakan agar customer salah kode.
    4. Tanggal 25 pagi gue komplain ke CS XL, dia dengan enteng bilang, “Emang begitu aturannya, kalo ga daftar pake XLD30 tersebut, pulsa 125rb ya abis” padahal pemakaian hanya beberapa menit, ga sampe sejam.
    5. Gue bilang ini curang dan gue akan laporin ke YLKI atau surat pembaca. Dia bilang lagi dengan enteng, “silakan aja”.
    6. Ada indikasi bahwa XL dengan sengaja memanfaatkan kelengahan customer untuk mengeruk keuntungan.
    7. Ini baru satu yang ketahuan, gue ga tau ada hidden cost/trick atau tipu daya lain atau tidak, mungkin Kaskuser lain bisa share biar yang laen ga ngalamin seperti gue nih
    8. Waspada Bro…

    Padahal gue dah 10 taonan jadi customer setia, setiap hp gue ilang ato nambah nomer, pasti pake XL.

    1. “Ada indikasi bahwa XL dengan sengaja memanfaatkan kelengahan customer untuk mengeruk keuntungan”
      Yg kyk gini jg tjd di telkomflash..
      hti2 aja, pokoknya sblm intrnetan d modem, daftarin dulu di ponsel, biar aman..

  19. sejauh ini untuk di rumah masih mengandalkan firstmedia :D.. koneksinya sejauh ini memuaskan. Untuk CS-nya sendiri sepertinya makin membaik…

    untuk mobile sekarang pakek flash..tapi sepertinya pengen ganti m2 atau smart mengingat tarif flash yg sangant menguras kantong :p

  20. Karena pindah tempat yang ga mencakup area fastnet maka pindah ke 3G XL unlimited.. Harga 200rb per bulan.
    Ternyata XL unlimited sangat tidak memuaskan. Padahal handphone saya XL penuh terus. 1 hari bisa DC 5 kali dan kalau jam-jam pulang kantor dahhh.. mampus dah.. nyambung conncect aja ga bisa mulu.. sampe kira2 jam 10 malem baru bisa nyambung, dan itupun lambattttttttnya boookkk.. Laptop gw sampe pindah2 tempat, tetep aja lambatttt… 1 bulan aja cukup dah.. Sekarang lagi coba ngurus pindah ke speedy aja via kabel rasanya gimana2 lebih cepat.

    Gw dulu pake firstmedia dulu 512 kenceng dan ga ada DC sama sekali gw pake. CSnya juga sangat memuaskan. Klo ada apa2 tinggal telp pagi jam 3 pun tetep dilayanin dan 1 menit langsung beres. Ga kayak XL.. ke laut aja tuh! payah

  21. gue make’ tsel flash 3,5 G sangat memuakan ha..ha..ha… sinyalnya lari terbawa angin……. ha..a….a…a cadangan make sutarwan dari indonsat….. mayan lah ha..ha..aa…. ^_^

  22. wahh . . . . untung ada lo” pd . . . . kLo ga gw bisa tewasss milih provider yg bener ngerugiin konsumen, , , seperti gw ini yg ga tauu apa” tentang provider internet yg bagus . . . .
    kebetulan gw gamerz , , , dan kta para gamerz tmn gw , dia sering make fastnet . . . dan katanya itu lumayan bagus koq . . . selain murah juga ga ngadet” . . . . tp sayang yahh yg speed 384 kpbs produknya udh ga ada lg . . . . pdhal klo ada peminatnya bkalan bnyk tuhh . . . termasuk gw ;-P , , ,

  23. Pengalaman pake Flash Unlimited bener2 bikin emosi jiwa klo udah over usage…. bener2 lemot… rencana mo pindah ke EVDO CDMA… moga2 tidak mengecewakan seperti layanan 3G GSM…

  24. aku pake smart haier yang dulu harganya 300rb,, ngebut juga bisa sampe 921,6kb/s,, gratis 15 hari tiap isi 50 rb..

    1. murah apaan, bayar speedy Rp214.000,- lebih dan ditambah harus masuk telpon rumah minimal abudemen Rp32.000,0

  25. udah pernah cobain CBN-XL unlimited, im2 unlimited, telkomflash juga sama aja,belet & angot2an! rada kapok pake yg mobile akhirnya uda setaun lebih pake telkomspeedy unlimited biarpun 300rb tp untungnya daerah gw lumayan lancar & stabil jarang bgt trobel.

  26. Layanan Internet pribadi untuk non kabel di daerah Bekasi-17121 dengan harga yang terjangkau yang ditawarkan seperti fastnet, kapan bisa bisa terlayani????????????

  27. Telkom speedy sngt amat tidak memuaskan…aq pk yg 1MBps (katanya speednya sgtu…)Pd knytaan nya lambat amit”…emg pd awalnya kenceng bngt,namun entah knp berangsur-angsur makin suram..

    Sudah tlp 4x dlm 2hr juga tdk ad kemajuan…stlh mencoba speedtest..tnyt hasil yg muncul cm 564ms.. Nominal angka yg jauh dr janji awal Speedy…tlg ks saran inet yg bgs buat Sby dan sktrnya…tq

  28. Saya sdh test beberapa Provider internet terakhir pilih Speedy ternyata sekarang lebih stabil dan ada info Speedy mo luncurin SPEEDY FLASH yg bisa dibawa-bawa dan sekaligus dirumah juga bisa make secara bersamaan.. infonya bulan juni 2011 lounching

  29. maaf saya mau nanya..sudah beberapa hari ini akun facebook saya tidak bisa dibuka..
    saya disuruh menghubungi penyedia jasa penyedia layanan internet..
    barangkali ada yang memblokir akun saya..terimakasih

  30. pengalaman kemarin beli modem CDMA Modem VT-80n EVDO produk terbaru diisi kartu fleksi, ternyata payah kinerjanya, aku pikir karena lokasi ku yang agar minggir dari kota, trus temanku smpe stress mengkoneksikan laptopnya pake modem yang celakanya sama merek dan typenya padahal posisi laptop dekat kantor telkom lagi, kan nyesek tuh, padahal kata tokonnya adalah produk terakhir Venus, trus aku ganti pake Modem GSM ZTE MF 180 tipe USB Modem Internet GSM 3G HSDPA aku isi perdana simpati biasa trus ada yang nyaranin manfaatin fasilitas 3G nya, dengan beberapa settingan tertentu, wow ternyata kinerjanya kenceng abis gk kalah ama yang pake kartu flash, ok

  31. maaf saya mau nanya..sudah beberapa hari ini akun facebook saya tidak bisa dibuka..
    saya disuruh menghubungi penyedia jasa penyedia layanan internet..
    barangkali ada yang memblokir akun saya..terimakasih

  32. maaf saya blh nanya..sudah beberapa hari ini akun facebook saya tidak bisa dibuka..
    saya disuruh menghubungi penyedia jasa penyedia layanan internet..
    barangkali ada yang memblokir akun saya..terimakasih

  33. Emang ni spedy parah, jangankan yang 512, yg 1mbps aja down dan di cek speednya ga nyampe separuhnya. di telepon berkali2 baru di up, itu pun cuma sebentar.
    Mau pindah fastnet tapi belum ada jaringan di daerah pasar baru-jakarta pusat, mau pake yang mobile ga dapet sinyal, menderita juga ni. jadi bingung mau pake apa. Bos saya ampe komplen jg ke saya… harus pakai apa ya????? have any suggest?

  34. kayaknya sekarang smartfren rada mendingan untuk area bandung…. tapi klo di jakarta kurang tau juga. kecepatan smartfren di bandung sangat bagus klo dibandingkan dengan provider yang lain seperti axis dan speedy.

  35. Maap y Pak, Bu, Om, Tante, Bro n Sis…saya numpang promo sdikit..FYI : Paket First Media terbaru Internet 3 Mbps (Real Unlimited Quota, Modem plus Wireless) + TV kabel (Homecable) 91 ch Rp 365.000 (sudah termasuk ppn 10 %). Cocok untuk kebutuhan perumahan. Bila berminat hub (021) 512 98 021, 0878 7135 7767, 0821 1170 5157. Thx bnyak y

  36. Saya pernah pakai Speedy hasilnya lemot dari speed yang ditawarkan 3+Kbps cuma bisa 50kbps, saya pindah ke indosat im3 mendingan, pindah lagi ke XL kadang bagus terus sekarang paka ESIA ini lebih menjengkelkan waktu saya pakai paket 600mb bagus, saya, saya pindah ke lebih besar 2Gb, 2 bulan bagus habis itu lemot speednya cuma 16kbps, saya coba pindah paket lebih besar 7 Gb, ternya ta lebih parah, dari total kuota 7 Gb cuma kepakai 2 Gb karena lemot speed cuma 5 – 50kbps. di indonesia semua sama cuma iklan yang bagus, saya pernah complain ke esia tapi tidak ada tidak lanjut cuma sekedar di catat

    dan di dengarkan, payaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>