Membuat CV yang baik PART II

..lanjutan membuat CV yang baik, soale kalo digabung panjang bener..

TIPS AND TRIK MELAMAR KERJA

BE AKTIF
Sampai saat ini, gue dalam mencari pekerjaan selalu aktif. Maksudnya, gue selalu melamar pekerjaan ke perusahaan desain tanpa pandang waktu, entah dia sedang buka lowongan or gak….yah gue ngelamar ajah dengan subject lamaran HIRE ME PERMANENT OR FREELANCE?!. Tinggal doanya aja yang kenceng :P. Menjadi member-member lowongan kerja online merupakan cara bagus untuk menjadi pelamar sejati. Setidaknya kamu dah mempunyai pekerjaan baru, bila di tanya sama orang nanti… apa perkerjaan kamu sekarang?! Saya pelamar kerja sejati.

CARI INFORMASI SEBANYAK-BANYAKNYA
Karena gue seorang designer, jadi gue selalu minta bantuan om google.com, mr yahoo or mesin pencari indonesia lainnya untuk mencari perusahaan desain web or multimedia untuk gue ambil alamat dan emailnya. Selain itu gue juga hunting ke toko buku untuk ngoprek-ngoprek majalah (karena majalah gak pernah ada matinye, selalu saja ada majalah baru tiap bulannya..) untuk dilihat alamat dan emailnya. Resikonya sering diusir sama satpam dan penjaga toko karena gue ngebuka paksa bungkus tuwh majalah…. Hueheuheu 😛 maap pa satpam. Setelah informasi alamat dan email terkumpul maka dilakukanlah pengiriman ke perusahaan yang anda tuju.

BE A GOOD SPAMMER
Gue terkadang sering jadi spammer lowongan pekerjaan. Tapi kamu juga harus hati-hati, kalo terlalu sering apply ke perusahaan tertentu mungkin email kamu akan di ban heuheuheu:P. yahh setidaknya sebulan sekali lahh keperusahaan yang sama bila kamu belum di panggil sama perusahaan tersebut. Pengalaman gue bila lo kirim email hari ini, maka paling cepat besok akan ditelpon langsung bila perusahaan tersebut membutuhkanya. Sedangkan paling lambat sekitar tiga sampai seminggu, kalau lewat dari itu…. Sholat hajat….sholat tahajud… kalo masih belum ditelpon juga… wah sholat taubat deh.. 😀 hueheuhe

INTERVIEW
” Show your First Impression ” , pake baju yang casual tapi tetep sopan. pake sepatu !!! jangan mentang-mentang seniman pake sendal ! , jangan pake Jas, dasi, karena elu kan mau jadi desainer, bukan Lawyer, bicara yang konfinden, tunjukkin kalo elo orang yang kreatif, punya banyak ide, bla bla bla.. lie for them !!

Mungkin itu dulu, btw gue juga memberikan contoh cara membuat CV, jadi kamu tinggal kreatifin sendiri wokey. Selain CV juga ada, Alamat-alamat perusahan, alamat website lowongan kerjaan, dan alamat online freelance pekerjaan untuk designer. Jadi kamu tinggal donlot aja dibawah ini.

http://www.geocities.com/imagingplusmagz/cv.zip

Terima kasih banyak buat mas gigih, tombak matahari, erika, ryan, and nicoles untuk melengkapi tulisan ini.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. saiko says

    assalamualaikum wr.wb
    salam kenal dari saya, …
    sekarang saya butuh inspirasi untuk mendapatkan pekerjaan , … bingung mo kemana neh !!! … setelah baca artikel , … lumayan ada pencerahan dan motivasi … thks … mudah2 berhasil bro ….

  2. Widhi Wahyu says

    @anggikrisna

    salam kenal mas, boleh minta alamat e-mailnya?? mo tnya lebih lanjut ttg dunia freelance

    matur suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *