Membangun Pengakuan Nama Anda

Branding, branding dan branding. Entah mungkin tercampur dalam satu kalimat atau berdiri sendiri dalam satu kata tunggal, “Branding” ini sering diucapkan dan dibicarakan oleh banyak orang. Apapun itu jenisnya, produk, layanan atau bahkan diri secara personal sering penampilannya ingin mempunyai pencitraan yang memiliki segmentasi pasar (yang nantinya akan digunakan sebagai komunitas) dan juga sedikit gengsi (kelas) tentunya. Banyak yang sukses dengan “branding” itu sendiri, akan tetapi juga tidak sedikit yang berguguran di tengah ketatnya kompetisi.

Artikel sebelumnya yang terkait dengan “branding” di Ruang Freelance
1. Branding, solusi para freelancer baru
2. Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer
3. Menjual Diri di Internet
4. Hal-hal yang Biasa Kita Lupakan dalam Membangun Personal Branding Online

Lalu agar saya tidak gagal, langkah apa saja yang bisa menjadi pilihan saya? Beruntungnya di jaman yang mengaku serba moderen ini, dimana kemudahan untuk bersosial/kampanye secara aktif tidak selalu harus bertatap muka, kita mempunyai banyak pilihan untuk segera berkomitmen membangun pengakuan dari apa yang kita perjuangkan. Disini saya akan mengambil contoh branding bagi diri sendiri. Apa saja langkah yang bisa kita lakukan? Berikut ini langkah yang bisa kita lakukan.

Bikin Blog

Blog telah terbukti menjadi cara yang sangat baik bagi semua kalangan untuk mendapatkan pencitraan yang maksimal. Blog juga membuat anda memiliki komunitas untuk saling bertukar ide, cerita, masalah, solusi dan pengalaman. Semua orang bebas untuk keluar dan masuk dari blog anda, dan tentunya juga bebas untuk mengutarakan komentarnya atas apa yang telah anda rujuk tentang subjek pada masing-masing entri tulisan/posting. Yang pasti, anda harus memiliki keyakinan bahwa apa yang anda miliki itu memiliki nilai lebih dan patut untuk disebarkan ke khalayak ramai.


Dari Annie Mole

Sekedar contoh, jika anda desainer grafis, anda bisa bikin blog seperti Jurus Grafis yang berbagi ilmu dan tutorial seputar desainer grafis. Jika anda orang yang suka warawiri/berkecimpung dalam dunia web, anda bisa bikin blog seperti Toekangweb yang memang mengulas masalah seputar web dan korelasinya. Dari 2 contoh diatas, saya melihat bahwa mereka mengulas dan membahas sebuah subjek yang memiliki korelasi bukan saja hanya sebagai artikel, namun karena passion tentang subjek yang berkaitan. Lambat laun, ini bisa anda jadikan sebuah aset.

Artikel yang mungkin relevan:
Seberapa Efektif Membangun Personal Brand Lewat Blog?

Aktif di Situs-Situs Jejaring Sosial

Siapa jaman sekarang yang tidak memiliki akun pada banyaknya situs jejaring social saat ini? Hampir bisa dipastikan semua memilikinya. Banyak developer, desainer, penulis, artis dan bahkan para freelancer yang sangat-sangat aktif di situs-situs jejaring social seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat membangun secara signifikan atau bertahap pola komunikasi dengan orang-orang di sekeliling anda yang mungkin akan membantu untuk meningkatkan pengenalan nama Anda lebih luas lagi.


Dari David Erickson

Keuntungan dari social media sendiri bagi pribadi anda adalah membangun kepercayaan dan juga pengenalan nama anda dari orang lain dan juga dengan mudah bagi orang lain untuk menemukan anda, termasuk untuk berkomunikasi langsung dengan anda. Beberapa pekerjaan saya sekarang ini, kebanyakan saya dapat melalui media-media social yang ada di internet. Bukan tidak mungkin, anda juga bisa melakukannya.

Artikel yang mungkin relevan:
1. Bersukaria dan Berdukaria di Social Media
2. Personal Branding diri dengan social media

Incar Profil yang Lebih Tinggi

Ini saya yakin adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan pengakuan nama Anda di luar sana, terlibat dalam proyek tingkat tinggi/dikenal/memiliki gengsi. Maksud saya disini adalah misalkan, anda 10 kali menjadi artis figuran di sebuah film/video klip dibandingkan dengan anda 1 atau 2 kali menjadi pemeran utama dalam sebuah film/video klip, mana yang lebih menguntungkan bagi portfolio/catatan karir anda? Yep, you got my point here. Orang pasti mendatangi anda.


Dari Rendezblu

Oleh karena itu, sebisa mungkin buka peluang bagi diri anda untuk dikenal dan tentunya anda akan sangat bangga atas kemajuan diri anda secara personal yang telah anda buat. “Eh, desain situs X itu aku yang buat lho” – Jika anda adalah seorang web desainer, anda pasti akan sangat bangga jika anda pernah terlibat langsung/mendesain bagi situs X. Dan tentunya masih banyak lagi analogi bagi poin ketiga yang saya maksud disini.

Write a book

Ini sebenarnya bukan pilihan bagi setiap orang, tetapi yang saya lihat dari orang-orang yang telah menulis buku-buku sukses/banyak terjual memiliki pengenalan/pengakuan nama yang kuat.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Branding, branding, branding… bukan hal mudah tp harus dan penting.
    Tapi yang pasti dalam proses membangun branding bukan hanya popularitas dan project yg increase tp juga skill, karena dlm proses itu kita akan belajar banyak, berteman banyak.
    Tapi ada yang berkurang, waktu tidur (o_o) hehehe.
    Thanks atas share-nya dek/mas/om/bro Bima!

  2. says

    saya mau nambahin. yaitu testimoni dari yang sudah eksis atau orang yang popululer.

    tapi untuk mendapatkan testimoni balik lagi mulai dari langkah awal.

    testimoni didapat, itukan berarti dah dapat pengakuan. he he he

  3. says

    branding akan berakhir pada tumbuhnya kepercayaan. Kalau udah banyak klient yg percaya, kerjaan jadi lancar. Hehehe…

    Nice post. Terima kasih backlink nya 😀

  4. says

    Dalam dunia blogging membangun branding juga perlu baik branding untuk blogger itu sendiri maupun blognya
    Tipsnya sangat bagus dan bermanfaat nie. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *