Membangun Komunikasi Interaktif Dengan Pelanggan Pakai Blog

image from here

Kesuksesan suatu bisnis tidak semata-mata ditentukan oleh kualitas produk yang ditawarkan kepada pasar. Pelayanan (service) menjadi salah satu unsur yang memiliki peran tidak kalah penting dengan barang atau jasa sebagai core business. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang saling berlomba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya.

Bagaimana perusahaan meningkatkan kualitas layanannya? Salah satunya dengan menyediakan customer service di setiap kantor cabang perusahaan. Namun, saat ini cara tersebut dinilai kurang maksimal dalam mengakomodir kebutuhan pelanggan. Mengapa demikian? Jumlah customer service umumnya tidak seimbang dengan jumlah pelanggan yang membutuhkan layanan. Akibatnya, pelanggan harus menunggu lama untuk memperoleh layanan. Kondisi ini justru bisa menimbulkan citra perusahaan yang kurang baik di mata pelanggan, karena perusahaan dinilai lambat dalam memberikan layanan kepada pelanggan.

Meskipun demikian, keberadaan customer service tetaplah penting karena memegang peran yang krusial. Namun, tugas pemberian layanan yang berkualitas berkenaan dengan informasi mengenai produk, kebijakan, dan program promosi perusahaan tidak harus dibebankan sepenuhnya kepada customer service. Untuk meringankan beban tugas customer service dan meningkatkan kepuasan pelanggan, perusahaan bisa menyediakan sebuah wadah online yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan perusahaan. Apa itu? Sebuah blog.

Awalnya blog digunakan untuk kepentingan personal karena berisi hasil pemikiran atau opini pribadi yang dipublikasikan secara global. Namun dalam perkembangannya, blog tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi saja tetapi sudah menjangkau dunia bisnis. Berkenaan dengan hal tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menjaga hubungan baik dan membangun komunikasi interaktif dengan pelanggan. Pemanfaatan blog ini bisa jadi merupakan terobosan bagi perusahaan karena tidak semua pelanggan memiliki waktu untuk mengantri guna memperoleh pelayanan dari customer service. Dengan demikian, pelanggan bisa berinteraksi dengan perusahaan kapan saja dan di mana saja.

Memasang Chatbox

Komunikasi akan terjalin baik apabila berlangsung secara dua arah. Jika hanya pelanggan yang aktif, sedangkan perusahaan tidak pernah memberikan respon apapun, maka kepuasan pelanggan tidak akan tercapai. Salah satu fitur atau fasilitas yang bisa dipasang dalam blog adalah chatbox. Chatbox sebagai media chatting memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi secara langsung dengan perusahaan. Selain itu, chatbox juga bisa difungsikan sebagai buku tamu, di mana setiap pengunjung blog perusahaan dapat meninggalkan pesan apapun, meskipun hanya say hallo saja. Banyak widget chatbox yang bisa dimanfaatkan baik secara gratisan maupun berbayar. Sebut saja ShoutMix, eBuddy, Cbox, ChatWing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menampilkan Kotak Komentar

Penggunaan blog sebagai media komunikasi interaktif memungkinkan perusahaan untuk memberikan informasi apapun kepada pelanggan dalam bentuk postingan, misalnya program promo, launching produk baru, program sosial kemasyarakat, perubahan harga, differensiasi, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui respon dari pelanggan, ada baiknya jika perusahaan menampilkan kotak komentar di setiap posting yang dipublikasikan. Di sini, pelanggan bisa memberikan beragam komentar terhadap setiap informasi yang disampaikan melalui posting. Dari komentar-komentar tersebut, perusahaan bisa melakukan evaluasi terhadap kualitas produk, layanan, dan program-program perusahaan.

Menyediakan Fitur Kontak Kami

Pada prinsipnya komunikasi interaktif juga bisa dilakukan melalui email. Berkenaan dengan hal itu, perusahaan dapat menyediakan fitur Kontak Kami, di mana pelanggan bisa melakukan kontak dengan perusahaan melalui pesan teks yang akan terkirim sebagai email. Fasilitas ini disediakan sebagai alternatif apabila pelanggan ingin menyampaikan kritik dan saran secara lebih pribadi.

Menampilkan Widget Survey

Manfaat lain dari penggunaan blog sebagai media komunikasi interaktif bagi perusahaan adalah dapat mengetahui loyalitas pelanggan terhadap produk dan layanannya. Hal ini dapat diwujudkan dengan menampilkan widget survey dalam blog. Di sini perusahaan dapat melakukan survey dengan memberikan beragam pertanyaan seputar produk, layanan, program, dan apapun mengenai perusahaan. Hasilnya, perusahaan bisa menentukan kebijakan baru berkenaan dengan upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *