Berkenalan dengan Pinterest

Pinterest hadir menjadi sarana memasarkan produk Anda. Sudah banyak artikel yang membahas mengenai bagaimana memasarkan produk via media sosial seperti Facebook, Twitter dan melalui blog atau website pribadi. Satu lagi media yang bisa dimanfaatkan para freelancers, terutama para desain grafis atau bisa juga fotografer untuk memarketingkan produknya melalui Pinterest.

 

 

Apa itu Pinterest?

Pinterest adalah virtual board yang menyajikan gambar-gambar sistemnya sendiri seperti twitter tapi yang di sharebukan kata-kata melainkan gambar. Pinterest dirilis pada Maret tahun 2010 oleh sebuah tim yang berbasis di Palo Alto, California. Saking banyaknya yang mengakses situs ini, ia mengumpulkan referral traffic lebih banyak dari kombinasi YouTube, Google+ dan LinkedIn.

 

Bagaimana cara memainkan Pinterest?

Penasaran bagaimana memakai media sosial ini? Berikut langkah dasarnya, seperti dilansir DigitalArtsOnline, Rabu (15/2/2012):
Pertama. Yang harus diketahui mengenai Pinterest adalah ia merupakan bulletin board berbasis web, tempat orang berbagi foto atau pernak pernik lainnya yang disukai dalam penanda bernama ‘pin’.
Kedua. Saat ini Anda sudah dapat bergabung melalui akun media sosial Anda, yaitu Facebook atau Twitter. Jika tidak mempunyai kedua akun tersebut, Anda dapat menggunakan email Anda untuk mendaftar.
Ketiga. Meski tanpa sign-in, Anda juga bisa berselancar dan mengagumi ‘pin-pin’ yang diposting orang lain. Anda dapat dengan bebas melihat gambar-gambar dengan kategori tertentu, seperti food, fashion, product, sport, travel, dan lain-lain.
Keempat. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa melakukan ‘pin’ pada item-item yang menurut Anda menarik, melalui beberapa cara. Pertama, klik button Add + kemudian klik Upload a Pin jika Anda ingin memposting file dari komputer Anda. Jika file yang ingin Anda unggah berasal dari sebuah situs, pilih ‘Add a Pin’ dan masukkan URLnya di kolom yang disediakan.
Kelima. Seperti halnya media sosial, Anda dimungkinkan untuk memfollow orang lain, memberikan komentar dan tanda ‘like’ di pin yang ada.
Keenam. Selesai membuat akun, Anda akan disuguhkan dengan halaman Create Your First Board 
Misalkan Anda memilih Plan a Trip, lalu akan muncul list seperti berikuti ini:
Setelah memilih board mana yang akan Anda buat, Anda akan kembali disuguhkan dengan akun-akun pilihan Pinterest yang akan Anda follow. Jadi, bagaimana? Sudah ada niatan untuk bermain di Pinterest? 😀

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    menurut aku emang kedepannya sosial media akan seperti penterest, tumblr, seperti sosial media bookmarking, tujuan utamanya ya sebagai database info dengan search engine yang simple yaitu pake tag. pinterest menurut aku sendiri media sosial yang sangat bagus untuk branding dan engagement product.
    terimakasih untuk infonya ya..

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *