Memahami Alexa Rank, Cara Meningkatkan, dan Kegunaannya

Sudahkah website/blog saya populer dan berkualitas? Sudahkah bisa digunakan untuk menjual/menghasilkan uang

Rasanya kita semua paham: kesuksesan sebuah website/blog bergantung penuh pada lalu lintas pengunjung—entah itu pengunjung setia maupun pengunjung baru yang mampir ke situs kita. Apapun tujuannya, entah itu popularitas, bisnis online, hingga sekadar untuk mendapatkan uang dari publikasi iklan, seluruhnya bergantung penuh pada seberapa tinggi traffic yang masuk ke blog kita. Pertanyaan muncul, bagaimana menghitungnya, dan apakah tolok ukur/standar umum yang bisa digunakan untuk mengukur hal tersebut?

Mereka yang sudah lama berbisnis atau hanya sekadar mengelola website/blog pasti familiar dengan Alexa Rank (alexa.com). Sebenarnya, apakah Alexa Rank sesungguhnya? Pemaparan di bawah ini akan mencoba menjelaskannya dengan lebih lengkap.

Mengenal Alexa Rank

Mengenal Alexa Rank

Mengenal Alexa Rank / Ruang Freelance

Apa itu Alexa Rank? Mengapa Alexa Rank penting bagi keberlangsungan sebuah situs?

Secara umum, Alexa Rank merupakan sebuah peringkat yang diberikan pada sebuah situs internet, baik itu berupa blog maupun website, berdasarkan tingginya traffic pengunjung. Menyandang nama “Alexa” sebab perhitungan ini dilakukan oleh Alexa.com—sebuah situs, anak perusahaan dari Amazon.com. Situs ini sendiri berperan sebagai si pemberi informasi mengenai traffic pengunjung serta tingkat popularitas sebuah situs—dihitung sesuai dengan jumlah visitor situs Anda dengan Alexa toolbar yang sudah terpasang/terinstal.

Beberapa pihak menyebutkan Alexa Rank sebagai penghitung sekaligus penguji kualitas sebuah situs. Adapun wujudnya sendiri berupa susunan peringkat atau ranking—berupa widget Alexa Rank. Selanjutnya, peringkat lantas dihitung mulai dari yang terbesar hingga terkecil. Dengan kata lain, semakin kecil peringkat Alexa Rank—semakin baik pula kualitas situs tersebut.

Bagaimana Cara Membaca Alexa Rank?

Bagaimana Cara Membaca Alexa Rank?

Bagaimana Cara Membaca Alexa Rank? / Ruang Freelance

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sistem peringkat Alexa Rank dimulai dari penilaian yang terbesar, hingga terkecil. Hal ini tentu berbeda dengan sistem Google Rank—di mana semakin besar nilai, maka semakin baik pula kualitas/tingkat popularitas sebuah situs. Adapun ukuran terbesar pada peringkat Alexa Rank berkisar hingga jutaan; dan pada umumnya, ketika sebuah situs mendaftar pertama kali dan memasang widget Alexa, situs itu akan mendapatkan nilai yang masih sangat besar; yakni mencapai 20 jutaan!

Sistem Kerja Alexa Rank

Sistem Kerja Alexa Rank

Sistem Kerja Alexa Rank / Ruang Freelance

Untuk menentukan Alexa Rank, Alexa.com umumnya akan menggunakan mesin pencari bernama Crawler Alexa, untuk melakukan pemindaian pada seluruh situs di internet. Sebagai langkah awal, robot ini akan memulainya dengan daftar URL, lalu melakukan pengelompokan berdasarkan tautan URL lokal saat ditemukan. Adapun saat menjalankan tugasnya, Crawler Alexa akan mencari sebuah file bernama “robot.txt” yang dibuat oleh administrator situs dengan tujuan mengarahkan perilaku robot ketika memindai sebuah situs. Ini adalah sebuah prosesi ketat SRE (Standard for Robot Exclusion) untuk menghormati privasi situs.

Dalam prosesnya, untuk menyediakan statistik dari setiap situs internet, Alexa juga akan mengumpulkan, menyaring, menyortir, serta menghitung informasi dari berbagai sumber. Informasi-informasi tersebut di antaranya adalah Traffic Rank, jumlah tampilan halaman, beban waktu, dan lain sebagainya. Selain itu, penilaian juga dilakukan berdasarkan jumlah “links in” suatu blog. Semakin banyak jumlah “links in”—backlink yang didapat sebuah blog, maka semakin cepat pula Alexa Rank meramping.

Pada akhirnya, penghitungan Alexa Rank sendiri tidak hanya ditentukan oleh lalu lintas (traffic) situs tersebut, melainkan juga memperhitungkan lalu lintas di semua situs. Bukan tak mungkin, beberapa perubahan traffic di situs lain bisa memengaruhi perubahan situs Anda. Inilah yang menjelaskan, mengapa nilai peringkat situs bisa berubah-ubah setiap hari.

Manfaat Alexa Rank

Manfaat Alexa Rank

Manfaat Alexa Rank / Ruang Freelance

Berikut adalah manfaat Alexa Rank bagi situs yang harus Anda ketahui.

1. Tolok Ukur Kualitas dan Popularitas Situs

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin kecilnya Alexa Rank menandakan semakin berkualitas/populer sebuah blog. Secara sederhana, hal ini bisa dipahami dari segi visitor maupun traffic blog yang “ramai”. Pada akhirnya, semakin tinggi jumlah pengunjung yang datang akan berdampak pada semakin besarnya potensi sebuah situs untuk mendatangkan uang bagi pemilik situs.

2. Mendatangkan Peluang Bisnis

Manfaat Alexa Rank bergantung pada tujuan Anda mengelola sebuah situs. Pada beberapa kasus—seperti penggunaan situs/blog sebagai media penyalur hobi menulis maupun berekspresi—selain menandakan popularitas, umumnya peran Alexa Rank tidak begitu penting. Namun sebaliknya, bagi mereka yang mengelola situs dengan tujuan mencari uang, Alexa Rank sangat penting untuk menarik calon klien/pembeli potensial.

3. Menarik Pengiklan

Hal ini berlaku bagi Anda yang mengelola situs untuk berbisnis. Adapun salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan memasang iklan (link) pada situs. Tak bisa diingkari, meski Alexa Rank dianggap tidak akurat oleh beberapa pakar internet, Alexa Rank tetap dianggap menjadi penentu kualitas suatu situs di internet, meliputi peringkat secara lokal maupun global; jumlah tautan; hingga informasi kecepatan loading—yang pada akhirnya menentukan kredibilitas dan potensi situs Anda. Dalam hal ini, sudah jelas: semakin kecil Alexa Rank, itu akan semakin meningkatkan daya tawar situs, saat Anda hendak bekerja sama dengan pengiklan/perusahaan.

 

Baca juga:

 

Cara Meningkatkan Alexa Rank

Cara Meningkatkan Alexa Rank

Cara Meningkatkan Alexa Rank / Ruang Freelance

Penjabaran di atas telah mengungkap beberapa alasan mengapa Alexa Rank penting bagi keberlangsungan sebuah situs, baik website maupun blog. Bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba:

1. Instal Alexa Toolbar

Sebagai langkah awal, Anda bisa mengunduh terlebih dulu Alexa toolbar, lalu mengatur situs Anda sebagai homepage. Nah, bagi Anda yang bekerja pada perkantoran/lingkungan profesi dengan banyak PC/laptop, Anda bisa juga menerapkan cara ini pada seluruh komputer/browser.

Jangan lupa untuk selalu mengupdate situs menggunakan browser yang sudah diinstal Alexa toolbar. Harus diingat, untuk memaksimalkan nilai Alexa Rank, seluruh aktivitas yang Anda lakukan pada situs haruslah memakai browser sama—dan sudah terinstal Alexa toolbar.

2. Memasang Widget Alexa Rank

Anda bisa memasang widget Alexa Rank pada website. Dengan cara ini, setiap klik yang ada terhitung sebagai “kunjungan,” bahkan saat Alexa toolbar tidak digunakan si pengunjung.

3. Daftarkan Situs Anda pada Alexa.com

Untuk meningkatkan peringkat Alexa Rank, terlebih dulu, Anda harus mendaftarkan dan mengklaim situs dengan menempatkan Alexa ID meta tag pada bagian atas/head template. Adapun “site description”, “country name”, dan “profile” menjadi sangat penting ketika melakukan proses klaim ini.

4. Mencari Backlink

Anda bisa menulis tips-tips terkait cara meningkatkan peringkat Alexa Rank maupun konten-konten lain, yang memancing para blogger maupun webmaster (biasanya sudah memiliki Alexa toolbar yang terpasang) untuk berkunjung. Semakin banyak tautan yang menuju ke situs Anda, semakin meningkat pula popularitas situs di mata Alexa.com. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkomentar atau menjadi guest blogging di situs lain menggunakan opsi “Name” atau “url”. Pastikan pula komentar yang Anda berikan adalah komentar konstruktif, tentunya dengan menggunakan kata kunci secara bijaksana.

Adapun sebagai cara meningkatkan Alexa Rank lainnya adalah dengan terus mempromosikan situs Anda melalui jejaring sosial maupun forum webmaster. Secara bertahap, hal ini bisa berdampak baik pada penambahan backlink juga peningkatan nilai Alexa Rank situs Anda.

5. Percantik Tampilan Iklan
Anda bisa mempercantik tampilan iklan dengan membeli banner, link, maupun poster forum. Harus diingat, sebuah iklan yang terlihat menarik/terpasang dengan baik akan mendorong banyak traffic webmaster, sehingga pada akhirnya bisa membawa dampak signifikan bagi Alexa Rank situs Anda.

6. Mengisi Situs dengan Konten Menarik dan Berkualitas
Cara ini sudah terbukti dalam upaya meningkatkan Alexa Rank. Isilah situs Anda dengan konten-konten menarik, berkualitas, dan tentunya relevan. Jika perlu, cari keunikan dari situs Anda sehingga pengunjung betah berlama-lama dan kembali mampir di situs Anda. Semakin Anda memiliki konten unik—yang tidak bisa didapatkan di tempat lain—hasilnya akan semakin baik.

Harus diingat, dalam prosesnya, Alexa juga mempertimbangkan page view, dan bounce rate. Karenanya, sangat penting untuk tetap mempertahankan dan menyesuaikan konten dengan tema situs.

Adapun pengisian konten ini haruslah dibarengi dengan konsistensi dalam melakukan update situs. pastikan Anda memperbarui situs secara teratur. Misalnya menetapkan jadwal posting sebanyak dua hari sekali atau kurun waktu tertentu, sebab seperti halnya Google, Alexa sangat menyukai fresh content.

7. Promosi
Promosikan situs Anda untuk meningkatkan traffic serta nilai Alexa Rank. Ada banyak cara maupun media promosi yang bisa kamu coba, seperti lewat media sosial (Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya), forum online (Kaskus, Detik Forum, dsb), social bookmarking, guest blogging, juga memasang iklan di situs yang memiliki traffic tinggi.

8. Terapkan SEO
Pada dasarnya, prinsip kerja Alexa Rank hampir sama dengan mesin pencari lainnya, seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya. Karenanya, Anda bisa mencoba dan mengoptimalkan teknik SEO untuk mendapatkan pengunjung—yang secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya traffic situs.

9. Membeli Alexa Pro

Dengan catatan: Anda adalah seorang pengelola situs yang sudah serius, dan mendapatkan keuntungan dari situ.

Selain bertujuan untuk meningkatkan Alexa Rank, Alexa Pro sendiri menawarkan fitur-fitur lebih, seperti melakukan promosi di Alexa search result, backlink ke situs, hingga menambahkan company logo.

Tips:

  • Pastikan Alexa Rank situs Anda sudah muncul terlebih dulu.
  • Jika belum atau masih berstatus “No Data”, Anda harus mengatasinya—dengan cara-cara yang sudah dipaparkan di atas. Setelah muncul, barulah Anda bisa langsung meningkatkan Alexa Rank situs tersebut.

10. Jangan Berlebihan
Pastikan bahwa seluruh upaya yang sudah Anda lakukan tidak berlebihan. Berkomentar terlalu banyak dan agresif pada situs lain misalnya, alih-alih mendatangkan backlink, dalam jangka panjang cara ini malah bisa dianggap spam oleh Google.

11. Konten Khusus untuk Webmaster
Cara ini terbukti ampuh—namun bisa “tidak” Anda lakukan, jika tidak relevan dengan tema situs Anda. Pasalnya, hampir seluruh webmaster maupun blogger menggunakan Alexa toolbar pada browser mereka, dan berupaya untuk meningkatkan nilai Alexa Rank. Jika Anda menuliskan konten/artikel khusus untuk mereka—tentunya diimbangi dengan teknik SEO yang optimal, tentu hal ini akan berdampak pada peningkatan nilai Alexa Rank situs Anda secara cepat. Karena umumnya hal tersebut akan memancing mereka mengunjungi situs Anda (dengan browser yang sudah terinstal Alexa toolbar). Sebagai langkah awal, Anda bisa menulis tentang SEO, blogger, cara meningkatkan Alexa Rank, dan sebagainya.

12. Bersabar
Kunci lain di balik kesuksesan Alexa Rank sebuah situs adalah kesabaran dan ketekunan. Harus diingat, cara meningkatkan Alexa Rank bukanlah proses instan, melainkan berjalan seiring waktu.

Cara meningkatkan Alexa Rank adalah sebuah proses jangka panjang. Tentu, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan Alexa Rank dan menambah nilai profesionalitas sekaligus popularitas situs Anda. Namun, kunci terpenting serta terbaik adalah tetap fokus pada pengembangan konten yang berkualitas untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan visitor; bukan dengan melakukan cara-cara artifisial lainnya. Selamat mencoba!

Beberapa Pertanyaan Seputar Alexa Rank

Beberapa Pertanyaan Seputar Alexa Rank

Beberapa Pertanyaan Seputar Alexa Rank / Ruang Freelance

Mengapa Alexa Rank situs saya berstatus “No Data”?

Harus diakui, ini berarti blog Anda: kurang populer. Bisa pula terjadi: karena umur blog yang masih baru, sehingga belum memiliki traffic pengunjung. Pada umumnya, Alexa Rank akan muncul secara otomatis dalam waktu sekitar satu minggu hingga satu bulan setelah situs dibuat.

  1. Bagaimana cara memunculkan Alexa Rank, sehingga tidak lagi berstatus “No Data”?

Tunggulah. Namun, untuk mempercepat munculnya Alexa Rank, Anda bisa mencoba untuk melakukan verifikasi kepemilikan blog ke pihak Alexa.com.

  1. Mengapa Alexa Rank situs saya besar sekali?

Hal ini umum terjadi. Pasalnya, saat sebuah situs mendaftar pertama kali ke Alexa, lalu memasang widget Alexa—Anda akan menjumpai nilai yang masih sangat besar; bahkan bisa mencapai jutaan! Namun jangan khawatir. Sebab, seiring berjalannya waktu dan aktivitas dalam situs, nilai tersebut akan berangsur turun.

  1. Mengapa sudah bertraffic tinggi, tetapi nilai Alexa Rank tidak juga meningkat?

Alexa cenderung menghitung traffic pada suatu situs dari browser yang sudah terinstal Alexa toolbar. Dengan kata lain, traffic dari browser tanpa Alexa toolbar tidak masuk dalam hitungan.
***

Tahukah Anda…

  1. Alexa = Alexandria.

Nama “Alexa” rupanya dipilih sebagai penghormatan kepada perpustakaan Alexandria.

  1. Alexa Internet didirikan pada 1996

Alexa Internet, yaitu situs pengembang Alexa Rank, merupakan sebuah perusahaan layanan internet milik Amazon.com yang didirikan pada 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliant.

  1. Haruskah memasang Alexa toolbar?

Secara umum, Alexa Rank merupakan sebuah peringkat yang dibuat oleh Alexa.com—berdasarkan kunjungan visitor pada sebuah situs. Namun, pengertian ini kian berubah seiring berjalannya waktu. Ada sedikit tambahan: untuk mengukurnya, si pemilik situs diharuskan sudah memasang Alexa toolbar pada browser mereka.

  1. Alexa Rank itu konyol!

Banyak pendapat mengatakan, Alexa Rank rupanya tidak akurat untuk mengukur traffic, berikut potensi dari sebuah situs. Meski begitu, tak bisa diingkari, sistem Alexa Rank masih banyak digunakan oleh para pengelola situs serta pihak pengiklan saat mengukur nilai iklan berikut potensi bisnis pada situs. Dengan kata lain, sebesar apapun anggapan bahwa sistem Alexa Rank itu “konyol”, harus dipahami bahwa hingga kini Alexa Rank masih menjadi salah satu elemen sentral dari strategi bisnis online. Sebab di mata para pengiklan, Alexa Rank dianggap sangat penting.

  1. Alexa Rank diupdate setiap hari

Data Alexa Rank akan terus berubah setiap 24 jam, entah itu meningkat atau justru menurun. Peringkat yang menurun terjadi apabila jumlah traffic meningkat atau konstan. Sementara itu, peringkat yang meningkat akan terjadi jika jumlah traffic berkurang.

Itulah pembahasan mengenai Alexa Rank. Semoga informasi yang disediakan cukup lengkap untuk menjawab pertanyaan Anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *