Marketing Freelance-mu Sukses, Mau? (Part2)

Mau tahu lebih banyak lagi dong, masih penasaran.

“Oke, karena ternyata masih banyak yang penasaran, saya lanjutkan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam marketing?

Pitch

image by { karen* } on Flickr! 

Tidak akan ada orang yang tahan membaca tulisan atau email kamu yang terlalu panjang hanya untuk membaca betapa hebatnya produk yang kamu miliki. To the point sajalah! Gunakan prinsip 3L: Langsung, Lugas, jeLas. Lihat bagaimana cara berkomunikasi yang baik.

Kontes dan Testimonial 

 image by BayadaLCD on Flickr!

Sekarang ini sudah semakin banyak kompetisi yang diadakan dan antusias masyarakat sangat tinggi terhadap kompetisi. Coba ambil peluang tersebut dengan mengadakan kompetisi, misalnya saja best blogger, best web designer, dll. Atau jika ingin modal yang lebih kecil, gunakan testimoni pembaca/pelanggan dengan melemparkan pertanyaan via social media berinteraksi dengan mereka sekalian share produk kamu. Ada lagiii, kamu juga bisa sebagai yang berkompetisi. Ikuti kompetisi yang ada, kalau menang, bisa kamu pajang penghargaannya di blog/website.

 

Jaringan 

image by Gerard Stolk (Retour d’Ecosse) on Flickr!

Jelas ini diperlukan jika kamu seorang freelancer atau bekerja di dunia usaha. Luangkan waktu untuk bersosialisasi. Mengapa? Dapatkan saran, berbicara dengan freelancer lainnya. Mereka biasanya mampu memperkenalkan kamu kepada orang-orang yang membutuhkan jasa kamu. Dan, jangan lupa kemanapun selalu membawa kartu nama bisnismu. Tetap terlihat profesional 😉

 

Search Engine Optimisation (SEO)

image by RolutionAsia on Flickr!
Ketika seseorang melakukan pencarian di situs search engine, pastikan tulisan atau website kamu ada di dalamnya. Mempunya score SEO yang tinggi dapat dilakukan dengan menentukan target kata kunci yang tepat mengenai isi tulisan/website kamu.
Jangan ragu untuk selalu memasarkan ‘produk’ Anda kepada calon klien. Intinya, dalam berjualan itu butuh keberanian, bukan hanya diam menunggu klien datang. Istilah ‘jemput bola’ sepertinya pas untuk disandang seorang freelancer.
Sudah siapkah Anda menjemput klien? Nah, sudah semua Anda lakukan? Atau ada yang punya tips lain?
Selamat menjadi freelancer sukses 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *