Marketing : Efek Costumer Evangelist

Pemasaran yang baik adalah yang menjadi berita bagi pelanggan dan calon pembeli atau pengguna jasa. Ada sebuah cerita unik tentang seorang sukarelawan pengatur lalu lintas yang hebat dalam kaca mata saya.

Sosok nyentrik di pertigaan jalan Kejaksaan Negeri Bogor dan Jalan Juanda, kini menjadi perhatian. Bisa terjadi karena lewat aksi uniknya, pria ini mampu mengundang gelak tawa siapa saja yang melihatnya. Hitamnya wajah mulai dari kelopak mata hingga dagu, membuat pria dengan tinggi badan 180 sentimeter ini mudah sekali dikenali.

Marketing : Efek Costumer Evangelist

Marketing : Efek Costumer Evangelist – RuangFreelance / Shutterstock

Sosok tersebut adalah Mahpud (42), warga desa Cijunjung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Ia bekerja sebagai sukarelawan pengatur lalu lintas dari Polres Bogor Kota. Kemeja biru dengan emblem Polres Kota Bogor ditambah celana bahan biru tua, tidak ketinggalan topi berwarna biru bercampur putih selalu menemani Mahpud. Ayah empat anak ini telah menjadi perhatian publik sejak tahun 2004.

Aksi uniknya sampai mengundang beberapa media nasional untuk tahu lebih dalam. Penasaran publik yang sangat besar membuat Mahpud terkenal seantero Indonesia (bahkan sampai ke penjuru dunia karena ada yang mengunggah video ke artis youtube.com). Mahpud mulai bekerja sejak pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB. Dalam menjalankan tugasnya, Mahpud sering membuat gerakan-gerakan yang mengundang gelak tawa. Mahpun mempunyai alasan utama dalam melakukan aksi lucunya, yaitu ia ingin mengubah wajah cemberut dan tak bersahabat para pengendara motor atau mobil menjadi penuh senyum. Ngajak nyengir.

Itu artinya tanpa sadar Pak Mahpud telah menciptakan costumer evangelist untuk mempromosikan jasanya. Costumer evangelist adalah pelanggan yang dengan sukarela memberitakan kabar baik dan mempromosikan produk Anda ke pelanggan yang lain. Mereka memberikan referral dan rekomendasi produk Anda ke pelanggan yang lain. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah referral dan rekomendasi memiliki kekuatan menjual SERIBU bahkan SEJUTA KALI lebih hebat dibanding ocehan salesman yang paling jago menjual.

Inilah kedasyatan hakiki pemasaran horizontal, yaitu ketika pelanggan bisa Anda dayagunakan sebagai “jaringan salesman” fanatik yang dengan sukarela menjual dan mempromosikan produk Anda. Jadi dalam pemasaran horizontal tugas Anda sesungguhnya hanya dua yaitu :

  • Membangun klub costumer evangelist
  • Membujuk mereka agar bersedia menjadi salesman sukarelawan bagi Anda.

Apakah Anda mengetahui bahwa Robert Kiyosaki pernah berkata, ”Janganlah Anda bekerja keras membanting tulang untuk mencari uang, tetapi uanglah yang harus Anda suruh bekerja keras untuk Anda.”

Mengacu kepada Kiyosaki, saya pun mengatakan, “Janganlah Anda bekerja keras membanting tulang untuk mencari pelanggan, tapi PELANGGANLAH yang harus bekerja keras untuk Anda.”

Seberapa banyak Anda bisa mendorong pelanggan untuk memberikan referral atau rekomendasi kepada pelanggan lain akan menentukan kemampuan Anda bersaing dan sukses di pasar. Ilmu ini dapat diaplikasikan oleh para freelancer.

Bekerjalah dengan sebaik-baiknya sehingga membuat pemakai jasa atau produk Anda terkesan, dan dengan ringan lidah mereka akan merekomendasikan Anda kepada teman-teman yang lain. Buatlah sebuah kisah unik dari jasa atau produk Anda, sehingga orang lain akan membuat berita tentang Anda. Itulah jalan setapak untuk menciptakan costumer evangelist. Selamat berjuang.

Referensi :

Majalah Motivasi, Luar Biasa, No. 12 Tahun II, Desember 2010.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *