Freelancer Tips untuk Manajemen Waktu

Freelancer itu superhuman. Tidak semua freelancer berprofesi sepenuhnya sebagai fulltime freelancer. Bagi Anda yang mencari penghasilan tambahan, dalam artian Anda memiliki pekerjaan pokok selain freelancer, maka Anda harus pandai-pandai mengatur waktu.

Mungkin Anda yang bekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, wiraswasta, namun Anda juga berprofesi sebagai freelancer, Anda dituntut membagi waktu Anda untuk pekerjaan pokok Anda, waktu untuk pribadi, dan juga waktu untuk menjalankan tugas sebagai freelancer. Bahkan urusan kecil yang mungkin biasa saja seperti bersih-bersih rumah, membayar tagihan, dll akan menjadi luar biasa memakan waktu jika Anda tidak pintar membagi waktu Anda. Karena pekerjaan menjadi freelancer dituntut untuk menjadi superhuman

Schedule, Target, Deadline, Money

Saya memiliki beberapa tips agar pekerjaan dan deadline Anda tidak keteteran.

schedule

1. Pisahkan pekerjaan pokok Anda dengan tugas-tugas Anda sebagai pekerja lepas.
2. Membuat prioritas mana yang harus dikerjakan lebih dulu berdasarkan deadline.
3. Dalam sehari Anda harus membagi waktu untuk mengerjakan pekerjaan Anda. Misalnya, setelah pulang kantor Anda meluangkan waktu untuk menyelesaikan deadline Anda sebagai freelancer. Buatlah target berapa deadline yang sanggup Anda penuhi dalam sehari.

target

4. Makin banyak deadline yang bisa Anda selesaikan dalam sehari, pekerjaan Anda semakin ringan untuk hari-hari selanjutnya, tentu saja penghasilan Anda juga akan bertambah seiring dengan kepuasan klien.
5. Jangan sampai mengecewakan klien, jika Anda tidak sanggup menyelesaikan sebuah deadline lebih baik mengatakannya sejak awal.

deadline

6. Jangan sampai juga pekerjaan pokok Anda malah keteteran karena memenuhi deadline klien. Anda harus membuat prioritas, apalagi jika bagi Anda pekerjaan sebagai freelancer hanya sebagai sampingan.

Lihat juga: 4 Langkah Mudah Menghadapi Deadline

money

7. Ada baiknya jika Anda melakukan manajemen penghasilan dari pekerjaan pokok Anda dan pekerjaan Anda sebagai freelancer. Pisahkan penghasilan dari pekerjaan pokok dan penghasilan sebagai freelancer agar Anda dapat membuat estimasi apakah apa yang Anda dapat sebanding dengan yang Anda kerjakan.

Berminat menjadi freelancer ? Ingin mendapatkan penghasilan lebih? Ingin memiliki pengalaman lain? Silakan mencoba

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *