Manajemen SDM dan Generasi Z Jelang 2020

Manajemen SDM dan Generasi Z Jelang 2020

Manajemen SDM dan Generasi Z Jelang 2020 / Ruang Freelance / www.familyfarmsgroup.com/

Peran manajemen SDM tidak hanya berkutat pada perencanaan dan perekrutan SDM, namun tidak bisa dipisahkan pengaruhnya pada peningkatan bisnis suatu perusahaan. Tugas utama dari seorang manajer SDM adalah memastikan bahwa departemen SDM mampu memaksimalkan potensi SDM di bawahnya serta melakukan perencanaan, implementasi, dan evaluasi kinerjanya. Terkait evaluasi, diperlukan pengasahan keterampilan dan pelatihan karyawan agar kinerjanya bisa maksimal.

Permasalahannya adalah peran manajemen SDM dari generasi ke generasi dalam menghadapi beragam tantangan, mengingat perilaku setiap generasi berbeda. Bila kita kaitkan dengan tantangan lima tahun ke depan, banyak perubahan yang akan terjadi di tahun 2020. Menurut survei di Amerika yang dilakukan pada sekitar 770 individu generasi Z, sekitar 20% tenaga kerja dari generasi Z akan memasuki dunia kerja baru.

Z Generation

Z Generation / Ruang Freelance / www.somethingbig.co.uk

Sementara itu menjelang 2020, seiring dengan alih generasi di dunia kerja pada pundak generasi Z, industri internet juga membooming, peran internetisasi di rumah meluas sehingga menciptakan rumah-pintar yang melibatkan penggunaan realitas virtual akan menciptakan banyak pekerjaan baru. Selanjutnya di tahun 2025, realitas virtual akan menjadi bagian dari kehidupan kita, seperti halnya internet saat Nah, dua kondisi dari sisi teknologi virtual serta tenaga kerja yang akan memasuki booming teknologi ini akan menjadi tantangan baru bagi manajemen SDM.

Generasi Z ini membawa nilai, harapan dan perspektif yang unik akan pekerjaan mereka, yang berbeda dari generasi millenial sebelumnya. Bertumbuh dalam pergolakan ekonomi mencerminkan kepribadian dan motivasi generasi Z. Mereka terbiasa dengan pembelajaran kontinu yang tiada henti.

Oleh karenanya, perusahaan dengan pemahaman yang solid pada nilai dan preferensi generasi Z harus bersiap untuk menciptakan lingkungan kerja yang menarik bagi pekerja generasi baru ini, serta harus mampu memaksimalkan potensi mereka. Generasi Z memiliki banyak potensi dalam kekuatan tenaga kerja di masa mendatang, namun mereka membutuhkan dukungan dari manajemen SDM maupun pimpinan mereka untuk membantu mereka sukses di dunia kerja di luar ruang kelas.

2020

2020 / Ruang Freelance / www.tonybates.ca/

Seperti kita ketahui, generasi Z saat ini masih kuliah, lahir mulai tahun 1995, dan lima tahun lagi siap memasuki dunia kerja. Sementara generasi Y atau dikenal dengan generasi millenial, lahir mulai tahun 1980-1995, telah lebih dulu memasuki dunia kerja. Generasi Z ini tumbuh dengan kemajuan teknologi di sekitarnya, seperti internet yang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, hingga berbagai gadget yang terus berkembang.

Berbeda dengan stereotip generasi ‘berjudul’ millenial, generasi Z tahu mereka perlu bekerja membangun karier impian. Sebanyak 77 % yakin mereka harus bekerja lebih keras daripada generasi yang lebih tua untuk mengisi kehidupan profesional mereka, dan mayoritas 83% ragu bahwa mereka bisa pensiun di usia 60 tahun. Generasi ini terlihat berbeda harapannya dari generasi sebelumnya. Menariknya, meski keseimbangan kehidupan kerja adalah hal paling diutamakan bagi generasi Z. Sebagian besar juga berharap bisa bekerja di perusahaan menengah hingga besar.

Demikianlah gambaran pasar tenaga kerja lima tahun ke depan menjelang tahun 2020, yang diyakini oleh banyak futuristik, dasarnya akan dibentuk oleh napas perubahan teknologi yang drastis. Bagaimanapun, kondisi ini akan memengaruhi tugas manajemen SDM yang kemungkinan besar dipaksa mengubah strategi dan kinerjanya dalam menghadapi perubahan.

Nah, bagi kalian pembaca kawula muda dari generasi Z, sudahkah kalian mempersiapkan diri menghadapi dekade baru perubahan teknologi yang kental saat memasuki dunia kerja lima tahun lagi?

Source:
http://strategimanajemen.net/2015/11/12/aspirasi-karir-dan-keuangan-generasi-milenial-vs-generasi-z/#more-3500
http://www.businessnewsdaily.com/8280-generation-z-workplace.html

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *