Mahasiswa, Mencoba Menjadi Freelancer

Menjadi mahasiswa hebat itu dituntut untuk serba bisa. Bisa sukses akademik di kampus, sukses bersosialisasi dengan teman, sukses menjalin hubungan dengan keluarga, mungkin sukses hubungan asmaranya, dan alangkah baiknya juga sukses untuk memenuhi kebutuhan finansialnya sendiri. Dalam artian, tidak bergantung lagi kepada pemberian orang tua. Banyak mahasiswa yang mencoba melakukan bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang saku. Bisnis pulsa, partime di kafe, bisnis onlineshop, dll.

Mencoba Peluang Freelancer
Berhubung masih kesulitan untuk melakukan fulltime job, maka tidak ada ruginya jika mahasiswa mencoba peluang freelance. Selain waktunya yang fleksibel, hasilnya juga bisa lumayan untuk menambah uang saku. Menjadi freelancer bisa disesuaikan dengan waktu dan bidang yang diminati.

Saya ingin memberi gambaran umum tentang lingkup pekerjaan seorang freelancer yang dapat dicoba mahasiswa.

Fotografer Freelance
Bagi Anda yang mempunyai passion di bidang ini, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang menjadi fotografer freelance. Modalnya? Tanpa modal juga bisa jalan kok, gak perlu punya kamera dulu, Anda cukup bermodalkan ilmu. Masih amatir? Gak perlu khawatir, asal ada kemauan belajar pasti ada jalan. Sharing ilmu saja dengan mereka yang sudah ahli. Jika belum memiliki kamera, pinjam dulu ke kerabat, kumpulkan modal dari hasil kerja untuk terus mengembangkan bisnis ini.

Freelance Writer
Punya hobi nulis? Daripada tulisan hanya diposting di blog pribadi, daripada tulisan hanya disimpan di folder pribadi, lebih baik manfaatkan peluang menjadi freelance writer. Tunjukkan kinerja Anda kepada klien bahwa Anda adalah seorang profesional. Ini merupakan langkah awal untuk merebut hati klien agar mereka tetap mau menggunakan jasa Anda.

Freelance Event Organizer
Anda yang mengadakan suatu acara, punya banyak link dan relasi, maka ada baiknya jika Anda memanfaatkan peluang menjadi freelance event organizer. Ada banyak manfaat yang akan didapat, selain menambah penghasilan juga menambah relasi.

Kesimpulannya, lakukan apa yang sesuai dengan minat Anda. Bukankah suatu pekerjaan akan terasa lebih menarik jika sesuai dengan minat dan hobi πŸ˜€

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Betul, mahasiswa seharusnya memanfaatkan peluang freelancer…
    Part Time Mahasiswa, Full Time Pengusaha. πŸ™‚

    Seharusnya mahasiswa ekonomi-akuntansi setelah lulus membuka bisnis (jangan jadi tukang hitung duit orang melulu), mahasiswa jurusan bahasa setelah lulus buka agen penerjemah, menyediakan jasa tourguide, dll.

    Kebanyakan mindsetnya orang Indonesia : sekolah – lulus – kerja – menikah : bukan mendirikan usaha sendiri paling keren jadi PNS. Coba lihat : Bill Gates, Steven Jobs buka kantor di garasi pada usia 21 tahun (DO dari Harvard). Ayo…kita pasti bisa. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *