“LOMOGRAFI, MEMBUATKU TERLIHAT LEBIH MENARIK”

 

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat. Jangan tanya kenapa, teknologi saat ini bukan hanya sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan saja, namun dapat dilihat di kalangan tertentu gadget-gadget terbaru justru digunakan karena alasan prestise semata. Bahkan teknologi saat ini sangat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan terutama para freelancers karena dari sanalah pekerjaan freelance berasal 😀

Lomografi dan Fotografi

Electronic gadget khususnya kamera, bagi mereka yang hobi potret-memotret, ada satu genre di dunia fotografi yang memberikan berbagai pilihan hasil foto yang menarik. Lomografi, apa bedanya dengan fotografi? Sebenarnya lomografi ini masih termasuk genre fotografi. Lomografi memiliki spesifikasi pada kamera yang digunakan. Kamera yang digunakan adalah kamera lomo atau seringkali disebut kamera plastik. Bagi mereka yang tidak begitu mengerti tentang lomografi, kamera ini sering dikira sebagai kamera mainan karena bentuknya yang seperti kamera mainan anak kecil dengan warna-warni yang sangat kontras dibandingkan dengan kamera profesional seperti kamera digital, prosumer, slr, dslr. Hasil jepretan kamera lomo mempunyai efek yang bermacam-macam, tergantung pada jenis kamera dan film yang digunakan. Kamera ini merupakan penerapan kamera analog yang menggunakan roll film, bedanya yaitu pada tampilan luarnya, kamera lomo yang berbahan plastik. Kamera jenis ini diminati karena bentuknya yang unik, menarik, dan hasil foto yang dihasilkan terkesan lebih artistik tanpa harus melalui proses edit menggunakan photoshop,corel draw, dsb. Harganya pun berkisar dari 50ribu hingga jutaan rupiah, relatif murah dibandingkan kamera profesional.

Lomografi: “Disukai karena murah, dibeli karena prestise

Namun, kecanggihan dari kamera ini kini juga mulai tergeser oleh aplikasi-aplikasi edit foto yang dapat didownload dengan gratis dan mudah. Hasil yang dihasilkan juga tak kalah dengan hasil dari kamera lomo yang memerlukan cuci scan terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Jadi, tak perlu mahal-mahal membeli lensa fisheye seharga 75juta untuk menghasilkan efek foto berbentuk fisheye ( bulat cembung), cukup mengatur radiant pada aplikasi fisheye photoscape. Bahkan software aplikasi toycam lomo dapat diunduh dan diinstal secara gratis. Aplikasi-aplikasi ini memberikan ancaman sekaligus kemudahan. Sebagai konsumen, Anda diberikan porsi masing-masing untuk memanfaatkan kemudahan ini dan membatasi agar tidak menjadi ancaman.

 

Fotografi ternyata tidak hanya sekedar berbicara mengenai kamera DSLR dengan bermacam-macam lensa. Jika Anda melihat peluang, lomografi bisa menjadi uniqueness pekerjaan baru loh!

Tertarik untuk memulai mencoba kamera ini? 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *