Lima Cara Kalahkan Writer’s Block

 “Terkadang writer’s block sering dijadikan alasan menunda sampai deadline mepet dan mulai ngebut menyelesaikan tulisan. Mumpung masih jauh dari deadline. Yuk dibabat habis writer’s block ini dengan berbagai cara…”

Konon orang Indonesia terkenal jam karet, yang membereskan deadline di saat-saat terakhir. Dan beberapa alasan lain agar Jangan Hire Freelancer IndonesiaUps, jangan dong. Apalagi kalau kamu penulis freelance. Terkadang writer’s block sering dijadikan alasan menunda sampai deadline mepet dan mulai ngebut menyelesaikan tulisan. Mumpung masih jauh dari deadline. Yuk dibabat habis writer’s block ini dengan berbagai cara :

Siapkan Kerangka Tulisan

Cara ini akan ampuh untuk proyek tulisan yang panjang dan membutuhkan perencanaan. Hindari writer’s block di tengah proyek hanya karena kamu tidak tahu mau nulis apa, dengan membuat kerangka tulisan yang terperinci. Kerangka tulisan ini membantu kamu menemukan alur tulisan.

Move your body!

Biasanya ide mampet gegara kamu malas bergerak. Terus mendekam di kosan emang bisa bikin sumpek. Coba deh jalan-jalan ke tempat yang belum pernah didatangi. Hirup udara segar dan tunggu aja ribuan ide datang untuk bahan tulisan kamu. Ingin mencari inspirasi menulis? Berliburlah!

Find Somebody To Talk

Ada kalanya saat mengerjakan sebuah proyek, kita cenderung menutup diri dan berniat fokus. Tapi lama-lama kok nggak ada ide buat lanjutan tulisan, ya. Ini saatnya kamu menelpon seseorang yang bisa kamu ajak ngobrol ngalor ngidul. Atau zaman serba canggih kayak gini, sapa teman lama di kontak BBM atau WhatsApp. Kamu akan kembali dengan kepala yang segar

Kerjakan Proyek Lain

Writer’s block mungkin datang karena otak kita jenuh dipaksakan hal yang itu-itu saja. Coba singkirkan dahulu sejenak, lalu ambil proyek yang benar-benar mengharuskan tema dan suasana baru. Manatahu di sela-sela itu, kamu malah dapat ide segar dari kebuntuan kamu.

Menceburkan Diri

Klien minta tulisan tentang olahraga, tapi kamu kehabisan sudut pandang untuk membahasnya. Waktunya tonton video di Youtube tentang topik olahraga, ngobrol sama temen tentang olahraga, mentraktir diri sendiri untuk nonton pertandingan olahraga. Apapun yang berhubungan dengan topik yg sedang kamu tulis, ceburkan dirimu!

Jadi, udah siap say no to writer’s block? Jangan tunggu sampai mepet ya! 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *