Kritik itu Seperti Makan Keripik

Anda pernah menerima kritik? Saya kira ini fase dalam hidup dimana hampir setiap manusia pernah mengalaminya dan manusiawi sekali. Dimana ada saran disitu ada kritik.

Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan (Wikipedia)

image by Flokey82 on flickr

 

 

Kenapa kritik bisa ada?

Layaknya 2 sisi koin yang berbeda dan bertolak belakang akan selalu ada dalam hidup. Pro dan kontra lah ya..Kritik akan selalu ada dalam hidup anda, kemanapun anda berada dalam belahan bumi ini. hehehe

Kritik itu Seperti Makan Keripik

Ketika anda makan keripik, ketika anda makan terlalu terburu-buru, anda akan keselek nantinya, tetapi jika anda memakannya dengan meresapinya, tentunya hasilnya lebih nikmat dong . Pelan tapi pasti. Secara tidak sadar pun, makan keripik bisa membuat anda ketagihan tentunya. Sampai-sampai tidak sadar kalau keripiknya sudah habis. hehehe. Begitu juga dengan kritik, ketika anda memperolehnya baik dari klien baru, ide baru,teman, masalah project baru ataupun dalam hal apapun . Ada baiknya menanggapinya dengan meresapinya perlahan tapi pasti, tidak terburu-buru. Pikirkan dengan pikiran dingin dan matang sehingga hasilnya lebih nikmat. Kalo ditanggapi teburu-buru nantinya bisa keselek loh seperti makan keripik πŸ™‚

Lalu, apakah kritik itu selamanya negatif? Atau malah berdampak positif bagi anda?

Manusiawi sekali jika kita memperoleh kritik awalnya kita pasti merasa sedikit kecewa. Tetapi, seharusnya kitaΒ  berterima kasih dengan kritik.Banyak manfaat yang kita dapatkan, seperti :

#Proses pembelajaran untuk mendengar

Anda bisa banyak mendengar opini orang, baik yang positif maupun negatif, opini negatif yang biasanya disebut kritik ini dijadikan referensi pelatihan indera pendengaran anda freelancers dan tentunya bisa belajar menganalisis πŸ™‚

#Pengevaluasian diri

Actually, Semakin banyak waktu yang kita habiskan tentang apa yang seseorang katakan, semakin sedikit waktu kita untuk melakukan sesuatu. Dari kritik kita belajar untuk mengevaluasi diri kita selama ini.

#Membuka Perspektif Baru

Orang yang mengkritik anda membuat anda berfikir secara seksama dan memperluas pikiran anda tentang suatu hal yang mungkin selama ini tidak pernah terbersit oleh anda.

#Berlatih Memaafkan

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang yang menerima kritik awalnya merasa kecewa. Justru dari mereka anda bisa belajar untuk memaafkan kritik pedas terhadap anda.

#Belajar Berfikir Rasional

Ketika menerima kritik, tak sedikit orang yang terbawa emosi dalam menerimanya. Suatu tindakan yang berlandaskan emosi, biasanya hasilnya tidak sebaik ketika anda berfikir jernih. Dari kritik kita bisa memilah-milah apakah kritik itu masukan atau hanya sekadar omong kosong belaka.

 

Tentunya masih banyak hal positif yang bisa anda dapatkan ketika memperoleh kritik ini. Yang penting bisa memilih dengan baik yang mana yang patut untuk didengarkan atau tidak πŸ™‚

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Kritik bagi kita sangat berarti, tanpa kritikan diri kita tidak akan mudah untuk berubah ke arah yang lebih baik
    Nice share mbak..

  2. says

    Setiap nonton bola saya selalu menyiapkan keripik singkong sebagai teman nonton bola biar tambah seru nontonnya.
    Boleh juga masukannya, menyikapi kritik sebagai keripik πŸ™‚

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *