Klien Tak Suka Mendengar Ini, Wahai Freelancer! (2)

Mari lanjutkan pembahasan dari artikel Klien Tak Suka Mendengar Ini, Wahai Freelancer! (1)

shutterstock_144544808

Freelancer Image via Shutterstock

Saya Lebih Tahu Dari Anda

Catatan lain dalam daftar yang harus dihindari, adalah freelancer berpikir tetapi tidak pernah harus mengatakan kepada klien mereka, jika tidak untuk menjaga pekerjaan, setidaknya untuk menjaga kesan yang baik dalam pikiran klien. Tapi masalahnya di sini adalah, freelancer mungkin tahu lebih banyak daripada klien tidak, tapi dia tidak dapat memberikan klien apa yang diinginkan klien. Sekarang ini adalah masalah baik untuk klien untuk alasan yang jelas dan untuk freelancer untuk alasan yang kurang jelas.

Klien tidak akan membayar untuk desain yang mereka tidak suka terlepas dari seberapa banyak Anda tahu atau berapa banyak mereka tahu, tapi dalam jangka panjang, jika Anda menjadi dikenal sebagai freelancer yang tidak memberikan klien apa yang mereka inginkan, tidak ada seseorang akan datang sekitar meminta pendapat atau layanan Anda. Meskipun desain mungkin benar-benar hebat, freelancer harus mengikuti dan memenuhi atau kebutuhan kliennya.

Sebagai klien, tidak ada salahnya untuk mendapatkan pandangan orang ketiga dalam hal ini, hanya untuk melihat apakah desainer benar-benar tahu barang-barangnya pada apa yang menarik bagi audiens target Anda. Jika tidak ada cara yang lebih baik dan Anda lebih suka pilihan Anda, kemudian menolak karyanya sopan dan memintanya untuk membuat perubahan yang diperlukan. Kadang-kadang hanya dengan membiarkan dia tahu bahwa ada alasan mengapa latar belakang harus menjadi warna tertentu akan cukup; lain kali hanya mengatakan kepadanya melainkan apa yang Anda inginkan dan pastikan dia akan melakukannya untuk Anda.

Saya Akan Mengubahnya Menjadi Lebih Baik

Akan ada saat-saat ketika Anda berpikir Anda memiliki hal yang dibuat sangat sempurna dan ketika proyek diserahkan, Anda menyadari bahwa freelancer telah membuat perubahan pada hasil akhir tanpa membiarkan Anda tahu! “Aku sudah mengubah ini untuk membuatnya lebih baik” – tapi semuanya sudah sempurna, Anda ingin sekali mengatakan demikian. “Aku tahu, tapi ini lebih baik.”

Klien menyukai freelancer dengan antusiasme, tapi itu tidak sama dengan freelancer yang mengubah banyak hal tanpa mendapatkan lampu hijau dari klien terlebih dahulu. Memang benar bahwa freelancer tidak direkrut untuk bekerja seperti mesin yang hanya merakit segala sesuatu yang diinginkan klien, tetapi juga penting bagi klien untuk mengatur gagasan inti atau unsur-unsur yang tidak boleh diubah melalui proses desain. Beritahu freelancer Anda apa yang tidak harus diubah tanpa pemberitahuan dari awal. Jadilah spesifik, misalnya, jika logo tidak dapat dalam setiap warna selain merah (pada latar belakang terang) atau putih (pada latar belakang gelap).

Jika dia masih tetap melanjutkan kerajinan tangannya dengan hendak sok berkreasi, cobalah untuk melihat kemungkinan desain ulang, apakah itu bekerja lebih baik atau lebih buruk? Sering kali, sebenarnya versi perancang memiliki potensi dan daya tarik sendiri, dan beberapa klien senang bahwa freelancer pilihan mereka membuat perubahan.

Tak Masalah, Saya Bisa Melakukannya

Saya merasa bersalah ketika menulis bagian ini, karena saya adalah freelancer yang kadang mengatakan hal ini kepada klien saya! Kekurangannya adalah saya tidak tahu bagaimana melakukannya pada saat negosiasi dan bahkan terkadang saya merasa tidak enak hati. Tentu, Anda mungkin beruntung jika bisa mendapatkan bagaimana tema atau tata letak atau penyandian bisa diselesaikan tepat waktu, tetapi toh Anda benar-benar tak mau mengambil risiko saat dengan tiba-tiba ada perubahan terhadap proyek.

Untuk mencegah hal ini, selalu konfirmasikan bahwa freelancer dapat melakukan hal ini dengan contoh karya serupa terdahulu yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan cara itu bahkan jika Anda tidak yakin apakah dia bisa mengirimkan proyek pesanan Anda, Anda tahu dia sudah memiliki dasar untuk membuatnya. Setengah dari masalah telah diselesaikan. Untuk freelancer, ini adalah pengingat bagi Anda untuk selalu tahu apa yang paling klien inginkan untuk kebutuhan pasar sekarang dan selalu siap untuk tren baru, alat baru, desain baru dan kebutuhan baru!

Ini Cara Kerja Saya

Sesekali Anda akan bertemu seorang freelancer dengan gaya bekerja yang berbeda dari freelancer lain. Tentu saja wajar karena freelancer memiliki cara pendekatan mereka sendiri ketika datang kepada klien untuk mengembangkan atau merancang sebuah produk. Tetapi kadang-kadang beberapa prosedur diperlukan untuk memastikan alur kerja yang halus dan untuk meminimalkan masalah dan kesalahan di kemudian hari selama proyek berlangsung.

Tidak apa-apa jika freelancer tidak mengikuti klien prosedur misalnya dalam pengaturan warna sketsa atau desain. Tetapi jika keunggulan rancangannya mulai mengganggu dan menunda proses hingga mendekati tenggat, atau membuatnya meminta Anda untuk memberi perpanjangan batas waktu, maka Anda punya alasan untuk meminta dia untuk kembali ke proses semula. “Mari kita menyelesaikan sketsa sehingga Anda tidak perlu membuang waktu Anda untuk mendesain. Ini akan menghemat waktu dan Anda tidak perlu melakukan pekerjaan ganda atau berlapis.” Kedengarannya cukup adil, dan ia harus menerimanya jika tahu apa yang baik baginya.

Pada saat seperti ini, kecuali perusahaan Anda memiliki prosedur tertentu untuk membiarkan orang yang lebih berpengalaman menentukan alur kerja, baik itu klien atau freelancer berpengalaman. Tak seorang pun suka penundaan, sehingga berurusan dengan proses kerja pada awal tahap negosiasi dan tidak hanya mengambil “ini adalah gaya kerja saya” sebagai jawaban akhir.

Makasih, Bgus Bingits Lho

“Ciyus? Q suka ma desainx.”
Tidak, itu tidak keren. Jangan pernah berbicara dengan klien melalui pesan tertulis. Jika Anda ingin klien serius kemudian bertindak secara profesional. Ini sama seperti ketika ada kode berpakaian untuk diikuti di perusahaan, tentunya jika memakai celana pendek dan sandal jepit ke kantor tidak profesional. Hal yang sama berlaku untuk komunikasi antara Anda dan klien.

Tentu, Anda dapat melakukan cara santai ini dari rumah dan tetap dalam zona nyaman Anda, bukan klien Anda. Bahkan ketika klien mulai untuk bersantai dan mulai menulis dengan santai kepada Anda, bertanya tentang tim olahraga favorit Anda atau pendapat Anda tentang apa yang sedang tren dalam industri media sosial sekarang, jagalah selalu komunikasi formal dan dalam kalimat lengkap. Anda dapat membiarkan dia tahu bahwa Anda menghargai hubungan dalam banyak cara tetapi bicaralah dalam kata-kata yang tepat (plus ejaan yang rapi).

Dan untuk klien, inilah pengingat: jika Anda menjadi terlalu dekat dengan freelancer Anda, sulit untuk memberitahu mereka jika mereka gagal untuk memberikan proyek sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak tepat waktu. Jika Anda ingin mereka menghormati Anda maka Anda juga harus bersikap profesional dengan mereka dalam segala bentuk komunikasi di mana pun.

Kesimpulan

Singkatnya, artikel ini benar-benar tentang proses komunikasi antara freelancer dan klien mereka. Bahkan jika Anda berpikir mereka tidak akan mendatangi Anda sekarang, mereka mungkin datang untuk Anda suatu saat nanti. Dibutuhkan banyak kesabaran dan sikap yang benar pada kedua pihak untuk memastikan hasil yang optimal, yang apa yang kalian berdua inginkan pertama kali. Jadi luangkan waktu untuk merenungkan jenis komunikasi yang Anda terapkan pada pekerjaan dan lihatlah apakah hal itu membuat proses lebih baik atau lebih buruk. Memiliki hal-hal lain yang Anda pikir klien tidak suka mendengar dari freelancer? Bagikan di sini.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *