Kiat Bertahan Dalam Kompetisi Freelance Writer

Bisnis freelance writer kian menjamur di Indonesia. Indonesia saat ini telah mampu bersaing dengan negara India sebagai penyuplai ghost writer dalam freelancing business. Layaknya bisnis online lainnya, untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup banyak. Kita hanya butuh website yang mampu menjual dan memudahkan pengunjung melakukan order. Semakin mudah pengunjung menghubungi kita, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan job.

Hidup dari Menulis

Namun yang sering terjadi adalah kemudahan membangun bisnis online freelance writer ini menjadi bumerang bagi pendatang baru. Mereka berpikiran akan bisa bertahan dalam peta persaingan penulis lepas hanya dengan mengandalkan kemampuan menulis yang jempolan. Bagi saya, kemampuan menulis saja tidak cukup. Kita masih butuh kemampuan lain agar kompetensi diri terangkat ke permukaan. Lalu, bagaimana cara bertahan, atau bahkan memenangkan, dalam kompetisi antar freelance writer? Beberapa tips yang saya sarankan adalah:

1. Memiliki lebih dari satu niche.

Apakah yang dimaksud dengan niche? Penjelasan sederhana niche adalah topik tertentu dalam artikel di internet. Misalkan: teknologi, bisnis, pariwisata, ekonomi dan lain-lain. Semakin banyak niche yang Anda miliki, semakin banyak senjata yang bisa Anda gunakan untuk berkompetisi. Beragam niche tersebut tidak harus dikuasai betul atau menjadi master. Kalau sudah paham 70 persen langsung ambil topik penulisan, sementara kekurangannya bisa kita pelajari sambil jalan.

2. Hindari memiliki komitmen terikat kepada seorang klien.

Kalau dalam kehidupan nyata bolehlah kita bertahan pada satu C-I-N-T-A. Tapi dalam bisnis freelancing apapun, termasuk juga freelancer writer, hindari hanya mengandalkan kepada satu klien. Meski klien tersebut sangat kenal dekat dan percaya kepada Anda, jangan membatasi diri untuk membuka relasi dengan komunitas baru. Orang tua bilang ‘banyak teman banyak rejeki’. Hal ini benar adanya. Makin banyak kenalan yang kita miliki makin besar peluang mendapat panen order.

3. Manfaatkan resource yang melimpah.

Resource adalah senjata tambahan bagi seorang freelance writer. Seperti halnya orang yang mau maju perang, resource akan membuat diri seorang penulis lepas merasa lebih percaya diri dalam berkompetisi di internet. Dimana menemukan resource freelance writer? Tentu di website yang membahas kepenulisan. Minimal satu jam setiap hari luangkan waktu mengunjungi blog penulis online untuk memantau perkembangan terkini dunia ghost writer. Kalau tidak mau ketinggalan berita, Anda bisa berlangganan artikel terbaru mereka dan ini gratis.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagi kali ini. Semoga berguna untuk Anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. didiek jabon says

    Saya punya ide atau gagasan atau karya tp susah untuk menembus pasaran.
    Bahkan untuk sebuah hasil karya pun kadang hanya jalan di tempat.

    Pertanyaan saya:
    Bagaimana bisa mewujudkan impian saya,sementara saya lebih memilih karyaku melalui tulisan tangan dan bukan ketikan.
    Karena beberapa kali saya mencoba menawarkan selalu ditolak karena dianggap kuno.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *