Kesalahan Freelancer dan Cara Menghindarinya bagian-3

kesalahan freelancer - photo by Darkgrey

kesalahan freelancer - photo by Darkgrey

Melanjutkan kesalahan freelancer dan cara menghindarinya bagian-1 dan dibagian-2. Kali ini Saya akan membahas Tidak menawarkan ide-ide yang menarik kepada klien, tidak mempunyai aliran pemasukan lain, dan membiarkan diri santai

Tidak menawarkan ide-ide yang menarik kepada klien

Sering kali para freelancer akan menyelesaikan tugas-tugasnya dan pindah ke tugas yang lain untuk klien yang berbeda. Barangkali freelancer berharap apa yang dikerjakannya tadi sangat fantastis, dan kliennya akan menghubunginya kembali dikemudian hari. Sayangnya, hal ini tidak sering terjadi. Jika Anda tidak memberikan ide atau peluang proyek kedepan, maka Anda tidak akan mendapatkanya. Bagaimana cara menghindarinya: Ketika Anda telah menyelesaikan tugasnya, Anda harus mempunyai ide-ide cemerlang untuk proyek lanjutan. Jika Anda tidak menerima kabar lagi darinya, tetap hubungi klien Anda siapa tahu Ia memang membutuhkan Anda.

Tidak mempunyai aliran pemasukan lain

Mempercayakan kepada satu atau dua klien merupakan ide yang buruk. Kenapa? mungkin saja klien utama Anda tidak lagi meng-hire-mu atau klien Anda memperkecil biaya freelance atau bisnis klien Anda sepi atau Anda sedang tidak beruntung sama sekali. Jadi sekarang bagaimana Anda membayar tagihan Anda? Bagaimana cara menghindarinya: Anda harus selalu mempunyai aliran pemasukan yang berbeda. Mungkin Anda baru saja memulai dengan klien pertama Anda sebagai freelancer (kami juga mengalaminya), tapi Anda jangan mempercayakan klien baru ini sebagai sumber mata pencaharian Anda, Anda wajib mencari klien lain juga. Jika Anda mendapatkan pemasukan lainnya seperti part-time job, bisnis pekerjaan lainnya, adsense, iklan di blog Anda, menjual produk, MLM (multi level marketing), Anda harus bekerja keras juga untuk menghasilkan pemasukan tersebut. Hal ini dilakuan agar pemasukan Anda dapat stabil dengan pengeluaran Anda

Membiarkan diri santai (memalaskan diri)

Suatu hari kita mungkin malas bekerja apapun, hal ini diperbolehkan dan kita harus melakukan hal lain agar kebosanan kita hilang, sehingga kita mampu semangat bekerja lagi esok harinya. Tetapi apabila kita terlalu banyak melakukan hal tersebut, maka Anda akan tidak mempunyai pemasukan apapun dan Anda akan melewati deadline dari klien. Hal ini sangat buruk. Bagaimana cara menghindarinya: Santai untuk diri sendiri diperbolehkan, sehingga Anda akan dapat bekerja dengan baik saat Anda produktif, tetapi apabila Anda sudah mempunyai deadline yang sudah ditentukan sebelumnya, jangan biarkan Anda bermalas-malasan. Dorong semangat Anda untuk mencapai target dan bekerja secara deadline harus menjadi motivasi Anda.

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Artikel yang bagus untuk saya jadikan sebagai referensi. Pada saat ini saya sedang berada pada posisi untuk “mencari aliran pemasukan lain”. Sayar rasa betul sekali untuk soal aliran pemasukan lain ini, kita musti mempunyai aliran dana lain untuk menjaga kelangsungan bisnis kita.
    Thanks.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *