Kesalahan Freelancer dan Cara menghindarinya bagian-1

kesalahan freelancer - photo by Darkgrey

kesalahan freelancer - photo by Darkgrey

Tidak ada freelancer yang sempurna, freelancer juga manusia 😀 bukan saya, bukan Anda, bukan orang hebat sekalipun. Kita semua pernah melakukan kesalahan, setiap kali dan jika kita pandai, kita dapat belajar dari kesalahan tersebut.

Beberapa kesalahan yang kita hadapi ada yang besar dan kecil dan jika kita mampu menghindari kesalahan tersebut, kita pasti akan bertahan. Kedepan kita akan melakukan kesalahan-kesalahan lainnya, tetapi saya yakin tidak terlalu menyakitkan karena kita sudah pengalaman dengan masalah tersebut.

Mari kita lihat beberapa kesalahan yang sering dilakukan freelancer newbie atau pro dan bagaimana cara menghindarinya.

Deadline yang terlewatkan

Standarnya Anda harus mempunyai kemampuan untuk menentukan kualitas pekerjaan dan menyelesaikan dengan tenggat waktu yang ditentukan, hal ini dapat melihat reputasi Anda. Jika Anda sering lewat dari tenggat waktu, lambat laun Anda akan ditinggalkan oleh klien Anda. bagaimana cara menghindarinya?: Membuat deadline adalah salah satu dari 2 prioritas utama Anda, memberikan estimasi lebih pada waktu pekerjaan Anda (asalkan masih masuk akal dalam pemberian waktunya), membagi proyek menjadi beberapa fase, dan harus bertanggung jawab disetiap langkah yang kita jalani

Memberikan harga terlalu kecil

Freelancer pemula biasanya kurang menghargai keahliannya dan memberikan harga rendah padahal yang diberikan ke kliennya lebih dari itu. Apabila hal itu terjadi, menurut saya baik saja jika Anda baru saja memulai bisnis tersebut dan tidak mempunyai portofolio atau ingin memmpunyai reputasi di bisnis ini. Tetapi ketika Anda mendapatkan beberapa portfolio, jangan takut untuk meningkatkan harga Anda sesuai dengan kualitas kerja Anda. Bagaimana cara menghindarinya?: Lebih baik Anda mencari harga pasaran yang sudah menjadi standar dan Anda bisa menambahkan harga sedikit diatas harga standar. Beritahukan kepada klien Anda bahwa Anda provider yang handal, kenapa? hal ini akan meningkatkan harga Anda dan berikanlah waktu yang realistis untuk mengerjakan proyek tersebut. Dari sana Anda dapat menentukan Harga Anda.

Kurangnya pendalaman brief proyek

Hal berikut pendalaman sebelum Anda melakukan pengambilan proyek, bukan setelah Anda mendapatkan proyek tersebut. Seringnya para freelancer menghubungi klien dan melakukan transaksi tanpa terlalu mengerti apa yang klien inginkan, dan tidak mengetahui bagaimana proyek ini menjadikan nilai tambah bagi si klien. Pendekatan ini tidak profesional. Bagaimana cara menghindarinya?: Dalami dahulu proyek tersebut sebelum Anda menghubungi klien. Internet adalah salah satu cara yang terbaik untuk menelusuri apa yang diinginkan klien, pasarnya klien, apa hasil akhir yang klien mau, dan tunjukan bahwa Anda benar-benar sebagai penolong untuk proyeknya. Bagaimana cara Anda meningkatkan nilai Anda?

Jangan lupa bahwa kami mengadakan seminar freelance pada tanggal 21 Maret 2009, jangan lupa mendaftar untuk belajar dari yang terbaik dibidangnya!

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Ihsan says

    Thanks infonya Nggi. Kalo boleh mo nambahin nih. “Kurangnya komunikasi Freelancer – Klien”. Mungkin sering ada perasaan sungkan mau nanya ini itu ke klien, jadi apa yang disampaikan oleh klien pada waktu brief dianggap sudah mencakup semua. Padahal bisa saja ada satu or beberapa kebutuhan klien yang lupa disampaikan oleh klien.

    Hehe … itu dulu deh 🙂 Ntar kalo ada ide gw tambahin lagi 🙂

  2. says

    Dari postingan diatas, Saya paling suka dengan kata-kata ini

    Kita semua pernah melakukan kesalahan, setiap kali dan jika kita pandai, kita dapat belajar dari kesalahan tersebut.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *