Kenali Karakteristik Klien yang Harus Dipertahankan dan Dihindari Berikut Ini

Menjalin hubungan baik dengan klien merupakan salah satu kunci suksesnya karir Anda di bidang freelance. Namun dalam perjalanannya, Anda akan menemui klien dengan berbagai karakter mulai dari yang terkesan santai dan tidak peduli hingga yang menyebalkan. Memiliki klien atau tawaran kerja yang sesuai dengan visi dan misi Anda tentunya akan jaun lebih menyenangkan, bukan?  Nah, agar mendapatkan klien yang sesuai dengan ritme kerja Anda, ada beberapa karakteristik klien yang perlu Anda kenali. Berikut ini merupakan karakteristik klien yang harus Anda pertahankan untuk kerja sama dalam jangka waktu panjang.

1. Klien yang Mengutamakan Kualitas di Atas Segalanya

Klien yang Mengutamakan Kualitas di Atas Segalanya

Klien yang Mengutamakan Kualitas di Atas Segalanya

Tipe klien yang satu ini mengincar para pekerja yang memiliki kualitas tinggi. Jadi, mereka tidak akan keberatan jika Anda mematok harga yang tinggi untuk jasa yang Anda tawarkan, asalkan kualitas yang Anda miliki sesuai dengan harganya. Klien dengan tipe ini menyadari bahwa mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi hasil pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka. Bagi mereka, bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki kualitas merupakan sebuah investasi.

2. Klien yang Bayar Tepat Waktu

Klien yang Bayar Tepat Waktu

Klien yang Bayar Tepat Waktu

Klien yang bertanggung jawab selalu membayar honor tepat waktu. Mereka tidak akan membuat Anda menagih terlebih dahulu. Tidak hanya itu, mereka juga tidak akan segan untuk membahas mekanisme pembayaran di awal.

 

Baca juga:

 

3. Klien yang Menghargai Proses Kerja Anda

Klien yang Menghargai Proses Kerja Anda

Klien yang Menghargai Proses Kerja Anda

Klien yang sudah familiar dengan proses kreatif yang harus dilalui seorang desainer atau penulis tentu sangat menghargai waktu yang harus Anda butuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau proyek. Mereka rela bekerja berdasarkan waktu yang Anda miliki untuk memastikan bahwa hasil yang akan didapatkan juga maksimal. Mereka juga menginginkan pekerjaan tersebut untuk diselesaikan dengan tepat dan sempurna sehingga mereka tidak akan memaksa Anda untuk mengambil jalan pintas agar pekerjaan tersebut cepat selesai. Percuma saja bukan jika kualitasnya menjadi terabaikan?

Klien dengan karakteristik seperti di atas patut Anda pertahankan. Namun, Anda sebaiknya mundur teratur jika bertemu dengan klien yang memiliki karakteristik berikut ini:

1. Klien yang Banyak Menuntut

Suatu saat, mungkin Anda akan menemui klien yang terkesan ngeyel dan banyak menuntut. Klien dengan karakteristik seperti ini biasanya akan merasa bahwa mereka memiliki Anda karena sudah membayar Anda. Mereka tidak akan segan untuk meminta ini itu, menghubungi Anda di waktu istirahat, serta tidak menghargai proses yang Anda lalui untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda menemui klien dengan karakteristik seperti ini, jangan ragu untuk menyuarakan pendapat Anda agar klien dapat lebih menghargai Anda.

2. Klien yang Sulit Dihubungi

Klien yang satu ini memiliki hobi menghilang tanpa kabar, entah karena mereka memiliki waktu yang terbatas atau tidak familier dengan media komunikasi modern. Biasanya mereka tidak pernah membalas pesan Anda, atau bahkan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan proyek yang sedang Anda kerjakan. Anda harus lebih waspada lagi jika klien ini belum membayarkan kewajibannya pada Anda.

3. Klien yang Suka Membayar Murah

Kerja keras yang Anda lakukan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan jangan sampai dibayar dengan jumlah yang minim. Namun, sayangnya, di luar sana ada klien yang enggan mengeluarkan uangnya demi kualitas yang Anda tawarkan. Klien dengan karakter seperti ini ingin menerima hasil kerja yang cepat dengan kualitas yang baik tanpa rela membayar lebih. Jika Anda bertemu dengan klien tipe ini dan mereka merasa keberatan dengan tarif yang Anda ajukan, jangan mau untuk memberikan diskon sekalipun mereka membujuk Anda. Mungkin mereka tidak siap dengan pekerja yang memiliki talenta luar biasa seperti Anda.

Bagaimana? Apakah Anda pernah bertemu dengan tipe-tipe klien seperti yang sudah disebutkan di atas?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *