Kartu Nama Virtual Dengan About.me

Satu lagi layanan yang bisa dimaksimalkan bagi para freelancer untuk mengelola online presence atau kehadiran secara online mereka. Layanan itu bernama About.me.

Kehadiran online menjadi semakin penting, bukan sebagai gaya-gayaan tetapi memang karena kemajuan teknologi serta pertumbuhan pengguna internet yang terus tumbuh. Untuk tingkat lokal, literasi akan penggunaan internet untuk mendukung produktivitas atau untuk mendukung pekerjaan juga semakin meningkat.

Kalau dulu email menjadi alamat dunia maya paling wajib untuk berkomunikasi, kini kartu nama online juga bisa menjadi pilihan sebagai sebuah tempat untuk memperkenalkan diri pada relasi. Bagi sebagian freelance, terutama yang berkecimpung di pengembangan web, mungkin layanan ini menjadi pilihan yang kurang menarik, karena mereka bisa membuat halaman khusus dengan desain sendiri sebagai kartu nama online.

Namun bagi freelancer di segmen lain, About.me bisa sangat membantu, dan jangan salah, teman saya yang web development saja sangat menantikan invitation dari About.me (sebelum layanan ini dibuka untuk publik) untuk membuat halaman profilnya di About.me.

Mari kita lihat fasilitas apa saja yang disediakan About.me.

Secara sederhana About.me menyediakan halaman profil pribadi yang bisa diisi oleh foto pribadi atau gambar yang di upload, kita juga bisa menambahkan profil singkat serta tautan untuk berbagai aplikasi lain, seperti Twitter, Tumblr, Flickr, Blogger, WordPress, YouTube, LinkedIn, FormSpring, TypePad, atau Anda juga bisa menambahkan sendiri URL dari situs Anda atau RSS blog Anda secara manual.

Sebelumnya, untuk menggunakan layanan About.me, Anda harus menunggu undangan, karena layanan mereka masih dalam versi private beta, namun beberapa waktu yang lalu layanan ini telah dibuka untuk publik, jadi siapa saja bisa menggunakannya.

Pada halaman awal About.me Anda akan diminta untuk mengisi from registrasi serta menuliskan nama profil akun yang diinginkan, nantinya nama akun ini akan ditambahkan dibelakang URL:
About.me/nama akun‘. Anda bisa menambahkan background dari akun profil Anda untuk menambah cantik tampilan akun. Beberapa contoh akun yang telah tersedia menggunakan foto close up, karena berfungsi sebagai tanda pengenal, maka ada baiknya juga untuk memperlihatkan wajah Anda.

Untuk background ini, About.me juga menyediakan beberapa fasilitas gambar latar bagi Anda yang tidak ingin meng-upload gambar pribadi. Selain itu, About.me memang berfungsi sebagai tanda pengenal, jadi Anda bisa menambahkan keterangan biografi singkat, serta nama Anda sendiri, layaknya kartu nama.

Bagi para freelancer, teks biografi ini bisa digunakan untuk memberikan penjelasan atas apa yang Anda lakukan, seperti misalnya cakupan kerja yang bisa Anda lakukan, portofolio Anda atau keterangan lain yang mendukung pekerjaan Anda.

Anda yang telah memiliki situs pribadi juga tetap bisa menempatkan alamat situs Anda di About.me, atau jika Anda mempunyai situs berisi portofolio juga bisa ditambahkan disini.

Untuk mempercantik tampilan halaman profil, About.me menyediakan fasilitas untuk mengubah huruf serta mengatur warna elemen-elemen desain dari tampilan profil. Beberapa fasilitas tambahan yang disediakan oleh About.me adalah fasilitas untuk mengatur tata letak keterangan nama.

Satu fasilitas tambahan yang sangat berguna yang disediakan About.me adalah Dashboard. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan data statistik tentang kunjungan dari orang lain, jika Anda menambahkan layanan Twitter dan LinkedIn pada profil Anda maka di fitur ini Anda bisa melihat data Tweet, jumlah follower atau relasi LinkedIn Anda.

Untuk memudahkan dalam berkomunikasi dengan pengunjung halaman profil Anda, About.me juga menyediakan tautan langsung ke email Anda, jadi pengunjung atau orang lain yang ingin mengontak Anda bisa langsung klik tautan β€˜email me’, maka mereka bisa lansung mengirimkan email ke diri Anda.

About.me juga tentang relasi, untuk itu pada halaman awal akan ada button kecil yang berguna untuk melihat halaman profil orang lain, atau Anda juga bisa mengaksesnya dari pilihan menu people pada bagian atas.

Penggunaan About.me memang tidak hanya sebagai kartu nama (saya menggunakan analogi ini untuk memudahkan memberikan gambaran atas layanan yang diberikannya). About.me bisa lebih dari itu, selain menjadi aggregator berbagai layanan online lain, ia juga punya beberapa elemen desain yang cukup menarik. Kemudahan yang diberikan dalam membuat halaman profil pribadi juga menjadi kelebihan lain.

Ada layanan lain yang serupa memang, yaitu Flavors.me, namun nama About.me lebih menarik dan secara jelas menunjukkan layanannya, apalagi dengan keterangan nama Anda dibelakangnya, memudahkan untuk mengenal siapa Anda.

Banyak fasilitas di internet yang bisa dimaksimalkan untuk mendukung apa yang dilakukan freelancer, sebagai sarana untuk memudahkan kehadiran online serta halaman khusus profil pribadi, About.me bisa menjadi salah satu pilihan. Saat ini About.me telah diakuisi oleh AOL, sebuah perusahaan yang juga memiliki TechCrunch salah satu blog teknologi terpopuler di Amerika, mungkin juga dunia.

Di About.me Anda bisa mempromosikan diri Anda serta keahlian yang Anda miliki, beberapa fasilitas yang diberikan memang bisa ditemukan di jejaring sosial lain, namun dengan menggunakan About.me, orang lain yang ingin melihat halaman profil Anda tidak perlu mendaftar atau berteman dengan Anda, cukup mengakses URL khusus yang berisi nama Anda maka mereka telah bisa mendapatkan sedikit informasi tentang diri Anda, jasa, keahlian yang Anda tawarkan, About.me juga bisa menjadi media yang mudah dan ringkas bagi orang lain untuk melakukan kontak dengan Anda.

Untuk melihat beberapa contoh, Anda bisa melihat akun saya di About.me/wikupedia atau halaman profil Anggi Krisna di About.me/anggikrisna.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    URL di atas akan membuka link about.me/arisetyo πŸ™‚

    setuju banget klo situs seperti ini bermanfaat untuk dijadikan semacam online biz card. daripada repot2 bikin domain pribadi, sementara data kita tersebar di berbagai social network, kenapa tidak menggunakan sesuatu yang simpel tapi tetap bisa mengambil data2 dari akun2 jejaring sosial kita tersebut.

    anyway, situs semacam ini sebenernya tidak original. seperti yang sudah disebutkan, sebelumnya sudah ada flavors.me, lalu sekarang ada mgnt.com & yang konsepnya serupa dan lumayan viral seperti threewords.me

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *