Kamus Freelance untuk Freelancer Indonesia

Kamus Freelance - photo by Agnieszka

Kamus Freelance - photo by Agnieszka

Sebagai freelancer pemula terkadang kita masih dibingungkan oleh istilah-istilah baru di dunia freelance. Anda mungkin harus mempelajarinya terlebih dahulu melalui FAQ atau dokumentasi situs freelance . Melalui artikel ini Saya akan memberikan keterangan mengenai istilah freelance yang saya ketahui, mungkin akan Saya update terus setiap saat agar kamus freelancer kita semakin banyak 🙂

Rating

adalah nilai atau angka yang diberikan oleh klien kepada kita sebagai provider dengan skala 1-10. Semakin tinggi nilai rating yang didapat maka semakin baik prestise kita dimata seorang klien.

Quotation

adalah surat penawaran harga proyek. Dengan quotation kita bisa mengarsipkan harga proyek dan detail pekerjaan yang kita lakukan untuk si klien.

Testimonial/Review

adalah hasil review atau komentar klien kepada kita mengenai pekerjaan kita dari awal hingga akhir. Reviewnya bisa bersifat positif seperti Good communication and excellent work; will definitely recommend this Coder to others dan negatif seperti He said in 0 day can complete project. After one days he has not start to work on it. Probably he doesn’t know what’s joomla and what’s Virtuemart. Watch out for him. He waste your time. Hal ini merupakan parameter kita sebagai provider yang baik atau sebaliknya :). Testimonial dapat diberikan oleh keduabelah pihak, yaitu provider dan buyer.

Coder/Provider

adalah kita sebagai pekerja freelancer. istilah ini mungkin berbeda antara freelance market, tapi pada umumnya menggunakan provider.

Buyer

adalah empunya proyek/pekerjaan atau biasa kita sebut klien

Bid/bidding

adalah angka lelang yg diberikan oleh buyer kepada provider/coder. Apabila buyer memberikan angka lelang $50-$100 maka kita sebagai provider harus memberikan nilai lelang diantaranya. Umumnya semakin rendah angka lelang  maka provider terendah akan segera dipilih oleh buyer, tapi hal ini tidak semua terjadi apabila Anda memang mempunyai skil dan referensi yang baik di rating dan testimonial. Jadi bid Anda bisa mencapai titik tertinggi karena kualitas Anda yang baik. India biasanya memberikan bid yang sangat kecil sehingga outsource terbesar didunia saat ini masih di rajai oleh kaum India.

PMB

adalah singkatan dari Private Message Board, fitur ini berguna untuk mengontak calon klien secara privat tanpa diketahui oleh kompetitor kita. Sifat dari media ini sebagai media komunikasi antara klien dan provider, selain teks bisa juga saling bertukar file.

Withdraw

adalah proses penarikan, yang biasanya disangkutkan oleh penarikan uang. Kita dapat menarik uang melalui bank kita dengan akun rupiah atau akun dolar.

Escrow

adalah alat/fitur transaksi keuangan yang dimiliki oleh freelance market atau secara independen. Apabila freelance market memiliki fasilitas escrow akan sangat membantu kita untuk bertransaksi secara aman dengan klien. Jadi kita bisa meminta klien untuk men-depositkan uangnya melalui escrow sebesar deal yang telah disepakati. Setelah proyek telah di selesaikan maka pihak klien atau freeelance market dapat mencairkan uang kita. Proses transaksi ini sangat menguntungkan keduabelah pihak, provider dan buyer. Provider mempunyai jaminan untuk dibayar dan buyer ada jaminan uangnya tidak dibawa kabur oleh provider. Sayangnya escrow secara independent seperti www.escrow.com tidak mengizinkan IP address kita untuk mengaksesnya, mungkin karena kesalahan para carding yang akhirnya negara kita terkena status blacklist

Arbitration/mediation

adalah proses yang dapat diminta provider atau buyer kepada freelance market untuk menyelesaikan perselisihan antara keduanya dalam  suatu proyek. Proses ini seperti sistem pengadilan, asalkan kita sebagai provider punya data otentik yang kuat dan memberatkan maka buyer akan kalah, lalu proses selanjutnya akan mencair uang kepada provider dan buyer akan terkena blacklist, demikian berlaku sebaliknya. Hasil keputusan akan dinyatakan oleh freelance market sebagai hakimnya.

Pagu

adalah batas tertinggi suatu budget proyek, istilah ini dipakai untuk proyek-proyek pemda

Mockup

adalah hasil desain sementara atau sketsa, biasanya hasilnya berupa file jpg, gif, swf atau cetak. Hal ini merupakan desain contoh sebelum tahap pengerjaan integrasi untuk bidang website atau naik cetak untuk bidang desain grafis. Pada umumnya Saya membuat 2 mockup konsep desain untuk alternatif dan akan memberikan revisi mayor sebanyak 3 kali serta unlimited revisi minor.

update*

Pitching

adalah proses penawaran provider dengan calon klien. Konsepnya sama dengan lelang, proses pitching diharuskan mensertakan proposal proyek yang berisikan harga penawaran, mockup, timeline, tim dan hal-hal yang berkaitan dengan proyek tersebut. Klien akan mengundang 3 sampai 5 provider untuk saling ber-adu skil, konsep, harga, dan waktu. keputusan akan ditentukan sepenuhnya oleh pihak klien. Pesan Saya harus hati-hati dengan proses pitching ini karena bagi para pemula akan sangat mudah di-“akali” oleh klien yang nakal, seperti desain atau konsepnya digunakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan yang dimenangkan oleh pihak klien adalah yang termurah lalu konsep anda yg digunakan, walhasil kita tinggal gigit jari. Sebaiknya menggunakan proposal yang cukup jelas untuk menghindari hal ini.

NDA

adalah singkatan dari Nondisclosure Agreement yang berarti dokumen kesepakatan kedua belah pihak, seperti kontrak kerja. Biasanya dokumen ini ditandatanganin secara offline kemudian di scan apabila proyek ini berasal dari luar negeri, tapi kalau proyek ini berasal dari dalam negeri kita perlu membubuhkan materai sebagai prasyarat hukum yang kuat.

Apakah kalian sudah familiar dengannya? semoga istilah/kamus freelance kita semakin bertambah. Apabila kalian memiliki istilah lainnya sok atuwh disharing 😀

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Cuma mau nambahin

    NDA : Nondisclosure Agreement
    Ini dokumen kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya di tanda tanganin secara offline kemudian di scan.

  2. says

    kayaknya istilah Pitching dan NDA juga kudu masuk deh :p gw dulu awal2 freelance bingung denger kata “pitching” soalnya …

  3. says

    PMB (Private Message Board), ruang untuk berkomunikasi sekaligus mengirim data antara buyer dan provider.

  4. says

    Quote : adalah besarnya estimasi dana yang diperlukan oleh coder/freelancer/tim untuk menyelesaikan suatu proyek. Ini biasanya disertakan dalam : bidding, pitching yang fixed price atau milestone based. Jadi besarnya quote ini duit yang nanti kita tagih ke buyer.

    Project Milestone : tahapan proyek.

    Hourly Rate. Atau bisa juga klien sekedar bilang “rate”, perhatikan konteks nya, beda dengan Freelancer/Coder Rating. Maksudnya adalah ‘harga’ freelancer perjam.

    Metode pembayaran/penagihan.
    Fixed Price : istilah Indonesianya mungkin borongan. Jadi client/buyer ditagih seluruh dana untuk satu proyek keseluruhan.

    Hourly : buyer di charge berdasarkan banyaknya jam kerja yang dibutuhkan. Client biasanya ditagih perminggu ( disertai laporan berapa banyak waktu yang kita pakai untuk mengerjakan proyek tsb.)

    Milestone Based : buyer ditagih setiap kali milestone dari proyek dilewati/diselesaikan. Contoh milestone untuk webdesign : Mockup/Concept, koding XHTML+CSS, etc.

    CMIIW.
    ( wew .. gw masi belum ngirim artikel pekan ini… maap dewa ^:)^ )

  5. Hendri says

    Salam kenal,
    Cakupan dan beda antara revisi Mayor dan Minor itu apa saja ya? (pada poin mockup). Trimakasih.

    Jogja

  6. says

    revisi mayor itu bisa mengubah desian kotak menjadi desain segitiga, jadi banyak berubah secara besar-besaran. sedangkan minor hanya merubah besarnya font, ganti warna, dan semacamnya. Nah kalau banyak gimana? tetep saja minor bukan mayor.. hanya saja kita harus meng-edukasi klien kita supaya hasil dari desain juga maksimal. Gunanya mereka meng-hire kita tow sebagai ahli/expertise dibidangnya bukan? 😀

  7. says

    di getafreelancer aku nemu banyak banget proyek yang salah satu term-nya: “your articles must pass the copyspace, there won’t be any payment for every article that doesn’t pass it.”

    aku dah coba buka http://www.copyscape.com seh, bang. tapi masih penasaran, tu gimana ya cara kerjanya? kalo kita research topik tertentu dari beberapa artikel di internet, trus nulis ulang pake kata-kata ndiri, bakal lolos ndak ya?

    aku ngeri bayangin bikin 1 artikel tentang topik yang bener-bener populer sepanjang 100 kalimat, misalnya… dan tiap kalimat ndak boleh ada kembarannya blas di internet… wah! *gubraks*

    • says

      Pagu = batas maksimum. Pagu kredit = batas maksimum kredit yg diberikan oleh bank kepada nasabahnya.

      Misal anda punya kartu kredit dengan maximum Rp 5juta, maka penggunaan maksimum utk belanja adalah Rp 5juta, termasuk sisa2 hutang periode sebelumnya yg belum dilunasi

  8. sulkan says

    salam, ngikut koment ….. masukannya jempol semua eung…. sip lah … mohon up-datenya dari para senior _/\_

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *