Jangan Melamar Pekerjaan Ini!

Pada hari kerja yang diberikan, berapa jam yang kamu habiskan untuk membuka sebuah atau beberapa situs pekerjaan? Satu? Dua? Empat? Pada kesempatan pertama, jam-jam tersebut tidak tampak seperti masalah besar. Satu jam sehari tidak seberapa dibandingkan dengan waktu yang bisa kamu gunakan untuk menulis, mendesain, memrogram atau memasarkan sesuatu, kan? Mari kita berhitung.

shutterstock_101053537

Freelancer Image via Shutterstock

Misalkan kamu menyisihkan satu jam setiap hari kerja memilih dan memilah sekitar lebih dari 300 lowongan pekerjaan baru dari surel berisi info oDesk atau Elance . Itu bisa diterjemahkan menjadi 20 jam per bulan (20 hari kerja) dihabiskan untuk berburu pekerjaan saja. Maksudnya adalah sudah banyak waktu yang dihabiskan untuk tugas tidak langsung berhubungan dengan pekerjaanmu. Dan, seperti yang kamu tahu, waktu adalah sesuatu yang tidak bisa dibuang percuma jika kamu bekerja sebagai freelancer.

Untungnya, ada cara untukmu mengurangi jam berburu pekerjaan. Salah satunya adalah untuk mengidentifikasi pekerjaanmu mungkin akan lebih baik tidak menempatkan lamaran di tempat pertama. Jika kamu melihat salah satu kalimat berikut pada iklan, lebih baikĀ untuk beralih ke iklan berikutnya.

“Penawar Terendah Mendapatkan Pekerjaannya.”

Terjemahannya adalah: Pemberi kerja ingin menyewa freelancer termurah, polos dan sederhana.

Sebagai seorang pekerja lepas, kamu pun menjadi seorang pebisnis. Kamu memahami kebutuhan untuk menjaga biaya agar tetap bisa berada di level minimum, terutama pada tahap awal usaha. Pada saat yang sama, kamu tahu bahwa hal itu sama saja bunuh diri jika tidak berinvestasi di sumber daya penting (misalnya rekan kerja terampil dan berpengalaman) untuk mendorong bisnis kamu ke arah yang kamu inginkan.

Jika klien potensial tampaknya lebih peduli untuk menyimpan beberapa dolar hari ini dengan mengorbankan nilai yang lebih besar dalam jangka panjang, kamu akan berada di posisi yang kurang aman – bukan hanya finansial – yang harus kamu hadapi untuk bekerja dengan klien seperti itu.

“Ini Adalah Pekerjaan Mudah.”

Terjemahannya begini: Jangan berharap bayaran tinggi karena dengan menutup mata pun bisa dikerjakan.

Kamu tahu bahwa menulis posting blog, merancang sebuah situs web, membuat program, atau merencanakan kampanye pemasaran jauh dari sebutan pekerjaan yang mudah. Kamu dimasukkan ke dalam sebuah proyek yang menyita banyak waktu, tenaga, dan uang untuk mendapati kenyataan bahwa akhirnya proyek-proyek itu terlepas dari tanganmu, jadi pasti kamu berhak mendapatkan tingkat yang sepadan untuk masalahmu?

“Tak Ada Penentuan Awal Kerja dan Pembayaran di Muka.”

Terjemahan bebasnya: Saya senang bekerja denganmu sekarang, tetapi saya punya beberapa syarat.

Ketika klien tidak ingin berbicara denganmu tentang awal kerja atau pembayaran di muka, biasanya bukan pertanda baik. Ini bisa berarti bahwa klien sebelumnya bekerja dengan freelancer yang ternyata berakhir buruk dan hal ini menyebabkan dia tidak bisa lagi dengan mudah percaya kepada kebanyakan freelancer.

Mungkin dia tidak memiliki uang untuk membayarmu saat ini, tetapi ia mungkin membayarmu di saat proyek selesai (atau bisa jadi tidak). Atau, mungkin dia menyewa lebih dari satu freelancer, dan masih memutuskan manakah dari kalian yang lebih pantas mendapatkan lebih.

Dalam hal apapun, apakah kamu benar-benar ingin bekerja dengan seseorang yang tidak mempercayaimu dalam hal-hal tertentu atau semua hal? Kepercayaan adalah salah satu yang harus dibangun dalam hubungan baik antara klien dan freelancer.

“Saya Tak Akan Membayar Lebih Tinggi Dari Nilai XX.”

Terjemahannya adalah: Tak ada negosiasi. Maaf.

Itu salah satu taktik atau memang kenyataan bahwa klien membatasi anggaran hanya sejumlah X. Hal ini pun menyiratkan bahwa kamu tidak dapat menegosiasikan lebih lebih tinggi dari yang disebutkan klien dalam keadaan apapun. Jika kamu merasa sanggup melakukannya, kamu dapat melamar pekerjaan seperti ini, asalkan kamu siap untuk menggunakan taktik negosiasi yang paling kuat. Good luck!

Ingat, negosiasi bukan tentang “satu meninggikan pihak lain”. Ini tentang mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

“Berikan Saya Contoh Gratis.”

Terjemahan bebasnya: Asyik, Saya Mendapat Produk Gratis!

Sampel / contoh produk (biasanya selalu gratis, kan?) yang ditunjukkan kepada klien bahwa kamu tidak mengada-ada ketika berbicara bahwa kamu memang terbaik di bidang yang kamu kuasai. Jadi, jika seseorang memintamu untuk membuat contoh khusus pada awal perkenalan, bahkan setelah melihat potongan portofolio terbaikmu, taruhan bahwa orang yang kautemui itu hanya mencari pekerjaan gratis.

“Say4 M3man6 B36in1.”

Terjemahan adalah: Saya tidak terlalu profesional.

Ini adalah salah satu trik yang digunakan sebagai ukuran untuk klien. Beberapa iklan yang ditulis dengan baik akan membuat freelancer yang sebenarnya cocok justru menangis meraung-raung (misalnya “Saya ingin 6 artikel 1500-kata sehari dengan bayaran $ 1 / artikel”); iklan lain menunjukkan bahasa perintah yang kurang layak, tetapi jika kamu melirik sekilas bagian “kesaksian para pekerja” mereka, freelancer tampaknya puas dengan klien yang bersangkutan.

Namun, jika pemberi kerja tidak bersusah payah untuk menulis iklan yang mudah dibaca dan ditulis rinci, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa lagi yang membuat mereka tidak ribet.

Kesimpulan

Mencari proyek pekerjaan adalah salah satu bagian yang paling sulit dari freelancing, sehingga buatlah usaha terbaik dalam pencarian pekerjaan tersebut. Cobalah untuk melamar pekerjaan yang cocok dengan keterampilan, pengalaman, dan nilai-nilai yang kauanut, sehingga di masa depan dapat lebih mengasah kemampuan yang ada, dan kamu bisa mendapatkan bagian yang layak dimasukkan ke dalam portofolio.

Tentu, tidak apa-apa untuk mengambil pekerjaan yang kurang ideal menurutmu ketika kamu membutuhkan mereka, lagian, mengapa membebani diri dengan stres tambahan karena banyak kekurangan? Jalani saja.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *