Instalasi Siwapp Untuk Management Invoice

siwapp

siwapp

Siwapp aplikasi menjadi pilihan bagi para kita para freelance yang ingin memberdayakan tools open source yan ada di Internet. Untuk mengetahui apa itu Siwapp temen-temen bisa membaca artikel berikut ini

. Tulisan kali ini agak sedikit teknis jadi bagi yang tidak mengerti teknis bisa mengajak teman-temannya untuk instalasi bareng-bareng.

Untuk diperhatikan aplikasi Siwapp ini membutuhkan akses console untuk melakukan configurasi database. Jadi untuk yang tidak memiliki akses ke console akan sedikit kesulitan untuk melakukan konfigurasi.

Persiapan awal

  • Aplikasi Siwapp ini menggunakan PHP 5.2 atau lebih baik PHP 5.4 keatas, karena php 5 merupakan core system, jadi yang masih menggunakan php 4 tolong di upgrade dulu.
  • Pertama kali kita download siwapp aplikasi disini atau lewat checkout svn disini http://svn.siwapp.org/tags/RELEASE_0_1 (untuk pembahasan ini bisa di cari di google)
  • Extract hasil download yang telah dilakukan di folder webserver kita
  • Pastikan folder web diberi akses (755 atau 644 untuk linux)
  • Kembali lagi pastikan folder-folder dibawah ini diberik akses tulis
/path/to/siwapp/cache
/path/to/siwapp/log
/path/to/siwapp/web/templates
/path/to/siwapp/web/uploads
/path/to/siwapp/web/uploads/*
  • Bikin database di server kita, contoh siwapp_db
  • Pastikan user yang terkait dengan database kita memiliki izin untuk melakukan administrasi database, select, insert, update, delete, drop dan create

Bermain dengan symfony

Dulu waktu pertama kali liat symfony gw rada binggung, nih kenapa make symfony yah buat instalasi-nya, teryata disini symfony digunakan sebagai shell programming, jadi siwapp akan coba mengenerated database dan configurasi melalui symphony. Bagi yang belum pernah menggunakan symphony jangan takut gw akan coba bantuin.

Untuk instalasi ini terdapat parameter-parameter yang akan digunakan oleh symfony

  • Database Name: siwapp_db
  • Database Host: dbhost
  • Database User: siwapp_user
  • Database Password: siwapp_password

Pertama-tama, buka aplikasi console kalian baik itu putty ataupun console ssh lainnya, dan masukkan perintah-perintah berikut secara berurut

./symfony configure:database "mysql:host=dbhost;dbname=sywapp_db" siwapp_user siwapp_password

Generate database untuk siwapp aplikasi

./symfony propel:insert-sql

Create a user for the siwapp web application:

./symfony guard:create-user  <your siwapp user> <your siwapp user passwd>

Instalasi aplikasi siwapp telah suskses dilakukan, dan anda bisa menggunakan aplikasi siwapp ini. Untuk kalian yang mau mencoba aplikasi siwapp ini dengan konten dummy bisa memasukkan perintah.

./symfony siwapp:random-data-load

Dan untuk mengosongkan data dan kembali ke data awal yang masih bersi, dan pastikan untuk membuat user baru

./symfony propel:insert-sql

Bila sewaktu eksekusi terjadi error dengan symphony, periksa file symphony di server dan pastikan baris pertama shell sesuai dengan lokasi shell php anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Langsung Puyeng 🙁
    saat ini saya masih make bamboo invoice yang berbasis CI dan cukup puas.. walaupun kalau dari SKRINSHUT ini SIWAPP lebih keren 😀

  2. says

    @Jauhari tulung dibetulin dong nama perusahaan STUNCEL di sistem inpoins puhun bambumu. Kan seharusnya gak pakai “N” kk :p

  3. ari sikumbang says

    jika menggunakan cpanel. penggunaan console dapat ditemukan di bagian apa yah? atau ada cara lainnya untuk installasi tersebut?

  4. says

    @ari sikumbang: kalo console di cpanel, itu biasanya tergantung dari paket hosting yang mas ambil di tempat hosting. biasanya user ga dikasih akses ke console. tapi tanyakan aja ke technical supportnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *