Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan - c2live.com

Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan

Bukan sekadar pekerjaan sampingan, kini rasanya, sudah banyak sekali orang yang menjalani dunia freelancing sebagai bagian dari pekerjaan profesional. Bukan tanpa sebab, munculnya banyak freelancer sukses kian membuktikan bahwa dunia freelancing pun bisa menyediakan prospek karier yang menjanjikan. Hal inilah yang kemudian membuat beberapa orang terdorong untuk menekuninya.

Sayangnya, kualitas dan kemampuan bukanlah satu-satunya komponen penentu kesuksesan seorang freelancer. Dalam kasus penulis freelance, misalnya. Ada aspek penting yang turut memberikan pengaruh seperti: jaringan dan koneksi si freelancer sendiri. Nah, bagi Anda yang ingin memulai karier sebagai seorang penulis freelance sukses, berikut adalah tiga hal penting yang harus Anda lakukan dalam membangun jaringan.

Mengikuti Forum

Mengikuti Forum - Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan - dailyonline.it

Mengikuti Forum – Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan – dailyonline.it

Bergabung dalam sebuah forum khusus penulis bisa jadi langkah awal yang baik untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Di sini, Anda akan berkesempatan untuk bertemu orang-orang baru, belajar dari pengalaman, mendapatkan saran, atau bahkan: mendapatkan order/pesanan.

Ada beragam forum yang bisa Anda ikuti. Tak selalu berwujud tatap muka. Anda bisa mengikuti forum bahkan komunitas penulis yang tersebar mulai dari forum lokal, seperti penulispro.net, hingga jenis forum internasional, seperti Absolute Write Forum, Be a Freelance Blogger Community, Writer’s Digest Forum, dan lain sebagainya. Meski begitu, ada baiknya untuk terlebih dulu mengenali karakter forum, sebab sudah maklum terjadi: setiap komunitas atau forum tentu punya ciri dan aturan yang berlaku.

Sebagai informasi, selain bisa mendapatkan pembelajaran, saran, sekaligus mengamalkan tips-tips yang berlaku, Anda juga bisa menulis sendiri konten terkait dunia freelancing, lho! Yuk, menjadi terinspirasi sekaligus inspirasi bagi banyak penulis freelance lainnya!

Membuat Blog Pribadi atau Web

Membuat Blog Pribadi atau Web - Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan - fiorecommunications.com

Membuat Blog Pribadi atau Web – Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan – fiorecommunications.com

Menjadi seorang penulis freelance berarti Anda harus siap untuk masuk dalam pekerjaan kreatif—yang mayoritas kini berbasis internet. Karenanya, selain harus belajar lebih banyak untuk “melek teknologi”, Anda juga harus berupaya untuk memersuasi calon klien, terutama untuk menggunakan jasa Anda—melalui media internet.

Beberapa pakar menyebutnya dengan istilah “personal branding”. Adapun salah satu cara mengawali personal branding secara virtual ini adalah dengan membuat blog pribadi maupun web bisnis. Tak perlu yang rumit. Sebab, tujuan utama dari pembentukan blog atau web sendiri adalah untuk menunjukkan “keberadaan” Anda sebagai penulis freelance di dalam pergaulan dunia internet, atau dengan kata lain: portofolio personal.

Seperti yang sudah dituliskan: tidak perlu rumit. Anda bisa mengisi blog dengan hal-hal sederhana, namun relevan, sesuai konteks, dan tentu saja: konsisten. Sebagai contoh, Anda mendefinisikan diri sebagai seorang travel writer. Anda bisa memulai dengan menuliskan catatan perjalanan Anda; atau bila hal itu membutuhkan waktu (juga biaya), Anda bisa memulainya dengan berbagi tips traveling lainnya. Simpel, bukan?

Di sini, hal yang paling penting adalah kreativitas dan konsistensi. Memang, tak bisa diingkari, akan ada banyak sekali blog-blog serupa—yang menawarkan jasa penulisan freelance. Namun, mayoritas blog hanya berisikan sedikit konten, dan sering kali terkesan “ogah-ogahan” dan tak serius. Nah, mengisi blog atau web dengan konten berkualitas secara konsisten secara tak langsung akan menunjukkan pada calon klien, bahwa Anda memang profesional dan bersungguh-sungguh, terutama dalam dunia penulisan freelance ini.

Media Sosial

Media Sosial - Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan - MedhyHidayat.com

Media Sosial – Inilah Tiga Hal Penting Saat Penulis Freelance Membangun Jaringan – MedhyHidayat.com

Menjadi salah satu sarana tak berbayar, media sosial sering kali punya peranan efektif bagi keberlangsungan karier penulis freelance. Tak bisa diingkari, sudah jadi rahasia umum bahwa perusahaan kerap menelusuri akun-akun media sosial si calon pekerja—untuk mengetahui apakah mereka cukup profesional dan bisa dipercaya.

Baca Juga :

Ada banyak hal penentu kesuksesan seorang penulis freelance. Nah, bagi Anda yang ingin terjun menjadi seorang penulis freelance secara serius, disarankan untuk mempertimbangkan tiga hal penting di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *