Ini Dia Referensi dan Tools Wajib Freelance Writer, Newbie Harus Tahu

Profesi freelance bukanlah hanya tentang kebebasan jam kerja dan independensi pemasukan, melainkan juga tentang kemandirian dalam profesionalitas dan kinerja. Dua hal yang terakhir bahkan menjadi kunci dalam keberhasilan bekerja secara freelance, yang berlaku juga untuk freelance writer. Anda pendatang baru di dunia freelance writer? Beberapa referensi dan tools berikut ini dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

1. Blog

Blog

Blog

Bagi seorang freelance writer, blog merupakan media yang sangat tepat untuk berlatih menulis dan meningkatkan kualitas tulisan, terutama di kala senggang. Selain itu, blog bisa menjadi media personal branding dan untuk menampilkan porto folio. Jika, belum bisa membuat situs/blog dengan domain level satu (berbayar), blog gratis tetap merupakan pilihan yang terbaik. Beberapa rekomendasi platform blog gratis:

Blogspot.com, sangat cocok bagi yang menginginkan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan.

WordPress.com, cocok untuk blog dengan konten beragam yang memerlukan keteraturan hirarki. Platform ini juga memiliki banyak plugin pendukung.

Tumblr.com, merupakan pilihan tepat untuk blog yang lebih banyak memuat foto daripada kata-kata.

 

Baca juga:

 

2. Situs Bermanfaat

Situs Bermanfaat

Situs Bermanfaat

Seorang penulis yang baik tidaklah boleh berhenti belajar dan terus menambah wawasannya, misalnya melalui beberapa situs ini:

Ezinearticles.com, berisi artikel-artikel dari berbagai genre, termasuk juga genre tulis menulis. Dapatkan di sini, berbagai tips membuat tulisan yang menjual serta inspirasi tulisan lintas genre.

Problogger.net, situs ini bukan hanya bermanfaat untuk blogger, tapi juga untuk para penulis secara umum. Selain memperkaya teknik-teknik penulisan agar tidak membosankan, teknik-teknik monetasi blog dan lowongan pekerjaannya pun bisa dimanfaatkan.

Ruangfreelance.com, belajarlah dari pengalaman para penulis freelance yang berkontribusi di situs ini untuk meningkatkan profesionalitas, kualitas kerja, dan tentunya produktivitas mereka.

3. Marketplace Terpercaya

Marketplace Terpercaya

Marketplace Terpercaya

Selain membantu Anda untuk bertemu klien dengan kepastian pembayaran, bergabung dengan marketplace terpercaya juga akan memperluas jaringan serta menambah wawasan Anda. Biasanya, marketplace yang baik juga menyediakan artikel-artikel, tips, dan forum yang bermanfaat untuk para anggotanya. Rekomendasi marketplace terpercaya untuk penulis lepas:

iWriter.com, penulis harus melalui ujian bahasa Inggris yang disediakan oleh iWriter secara live sebelum bisa bergabung dengan situs ini. Pekerjaan-pekerjaan di sini biasanya memiliki deadline yang relatif cepat, tapi juga menjanjikan honor yang menggiurkan.

ReviewMe.com, marketplace ini cocok untuk para penulis lepas yang juga seorang blogger. Tidak masalah apakah blog yang digunakan adalah blog gratis ataukah berbayar, semuanya dapat didaftarkan dan ditinjau oleh tim ReviewMe.com.

Projects.co.id, inilah marketplace asli Indonesia untuk berbagai pekerjaan freelance. Berbagai produk yang bisa diunggah dalam bentuk file digital dapat diperjualbelikan di sini, demikian pula untuk jasa pembuatannya. Temukan beragam proyek kepenulisan yang menarik di sini.

Kontenesia.com, marketplace yang juga buah karya anak bangsa ini khusus mempertemukan penulis dengan para klien. Di balik harganya yang tidak terlalu murah untuk ukuran honor penulis online di Indonesia, Kontenesia menjanjikan penulis-penulis yang andal untuk para klien. Untuk dapat mendaftar ke marketplace ini, calon penulis harus melewati serangkaian tes yang tidak mudah oleh editor berpengalaman.

4. Kelengkapan Aplikasi pada Device

Kelengkapan Aplikasi pada Device

Kelengkapan Aplikasi pada Device

Menulis di laptop atau PC masih merupakan cara paling menyenangkan bagi para penulis untuk berkarya. Bagaimana jika laptop atau PC mengalami masalah dan tidak bisa dipakai, file tulisan rusak, pekerjaan tiba-tiba datang ketika penulis sedang dalam perjalanan, dan lain-lain. Oleh karena itu, selain aplikasi pengolah kata di PC, aplikasi-aplikasi berikut ini perlu dimiliki oleh setiap penulis lepas:

GDocs, aplikasi pengolah kata dari Google ini dapat diakses dari mana saja secara online. Simpan seluruh tulisan Anda di GDocs sebagai back up jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada PC Anda.

Office mobile, aplikasi gratis dari Microsoft ini bisa dipilih, terutama jika smartphone tua Anda tidak compatible untuk instalasi GDocs.

Nah, itulah beberapa referensi dan tools penting untuk freelance writer. Sudah terbayang, apa rencana Anda untuk meningkatkan kualitas, profesionalitas, dan produktivitas?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Saya biasa menggunakan jasa penulis dari kontenisa untuk beberapa web saya. Meskipun harganya relatif mahal, tapi sebanding dengan kualitas artikelnya.

    Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *