Ingin Tambah Penghasilan? Inilah Tiga Cara Freelancer Mendapatkan Uang Lebih!

Menjadi seorang pekerja freelance tentu harus siap dengan jumlah penghasilan yang tidak pasti. Tidak adanya penghasilan bahkan pendapatan yang tetap setiap bulannya, menjadikan Anda harus siap banjir proyek atau justru “kekeringan”. Meski begitu, bukan berarti para Anda tak bisa menghasilkan uang lebih. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang freelancer untuk menambah penghasilannya. Penasaran? Yuk, simak tiga cara freelancer mendapatkan uang lebih ini!

1. Mencari Pendapatan Pasif

Mencari Pendapatan Pasif

Mencari Pendapatan Pasif

Maksud dari pendapatan pasif adalah pendapatan yang pasti dapat Anda terima tanpa melakukan pekerjaan apa pun. Pendapatan itu berasal dari pekerjaan yang sudah kita kerjakan sebelumnya. Untuk mendapatkan pendapatan pasif itu, Anda hanya tinggal bergabung dengan situs-situs yang menjual foto, ikon, gambar, templates dan  lain-lain, kemudian membuat salah satu di antaranya. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu seseorang membeli foto, ikon, gambar, dan templates milik Anda.

Ada banyak situs yang bekerja dengan cara seperti ini, salah satunya adalah dafont.com. Dafont adalah situs yang menyediakan berbagai macam font (huruf). Beberapa di antaranya dapat diunduh secara gratis, sementara lainnya, berbayar. Jika Anda mengunduh font yang berbayar, desainernya akan mendapatkan pendapatan pasif dari uang yang Anda bayarkan, tentunya setelah dipotong terlebih dulu oleh situsnya.

Kurang lebih itulah gambaran bagaimana pendapatan pasif didapat. Tidak perlu khawatir dengan potongan yang dilakukan, sebab Anda akan tetap untung mengingat hanya perlu membuat satu kali sementara pendapatannya: bisa dinikmati bertahun-tahun ke depan.

 

Baca juga:

 

2. Bekerja Lepas untuk Sebuah Perusahaan

Bekerja Lepas untuk Sebuah Perusahaan

Bekerja Lepas untuk Sebuah Perusahaan

Untuk apa bekerja freelance jika akhirnya Anda kembali lagi berurusan dengan perusahaan?
Mungkin pertanyaan tersebut muncul di benak Anda setelah membaca cara kedua di atas. Nah, bekerja freelance untuk sebuah perusahaan sendiri berbeda dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Anda tetap dapat menentukan sendiri harga Anda dan pekerjaan mana yang akan Anda ambil. Peran Anda di sini bukan sebagai bawahan tetapi sebagai rekan kerja.

Klien dari perusahaan yang Anda dapatkan ketika bekerja freelance, mungkin hanya menawarkan satu atau dua pekerjaan pada Anda. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membantu mereka lebih lanjut, memberi masukan, dan menawarkan keahlian lain yang Anda miliki. Jika mereka tertarik dan merasa keahlian Anda dan cocok dengan kebutuhan perusahaan, maka kemungkinan besar Anda akan mendapat proyek tambahan, bahkan proyek tetap setiap bulannya.

3. Menjadi ‘Agen’ Pekerja Freelance

Menjadi ‘Agen’ Pekerja Freelance

Menjadi ‘Agen’ Pekerja Freelance

Setelah lama menekuni pekerjaan freelance, Anda mungkin akan memiliki banyak koneksi dan klien langganan. Hal itu dapat Anda manfaatkan dengan menjadi agen para pekerja freelance lain yang tidak tahu ke mana harus mencari klien. Yang perlu Anda lakukan hanya mempertemukan klien dengan teman atau pekerja freelance lain, yang mampu mengerjakan proyek tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan tanpa berusaha sekeras biasanya.

Namun, jika mencoba hal ini, pastikan Anda tetap dapat menjaga kepercayaan klien. Pastikan orang yang Anda pilih untuk bekera dengan klien adalah orang tepat. Pastikan pula, orang tersebut dapat Anda percaya, agar ia tidak bermain di belakang Anda, bahkan mencuri klien langganan.

Itulah tiga cara freelancer mendapatkan uang lebih. Tentu saja, ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan Anda sebagai seorang pekerja freelance apalagi dengan waktu luang lebih yang Anda miliki. Manfaatkanlah waktu luang tersebut untuk menggali kemampuan Anda lebih dalam dan mengeksplorasi tahu hal-hal baru. Karena jika pengetahuan dan kemampuan Anda berkembang, maka akan ada banyak hal pula yang dapat Anda tawarkan pada klien, bukan?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *