Ingin Bekerja Freelance? Yuk, Pertimbangkan Sembilan Pertanyaan Ini!

Sebagian orang mungkin menganggap, bekerja freelance sangat mudah dilakukan. Tidak perlu pergi ke kantor, berurusan dengan atasan yang menyebalkan, bekerja lembur, bahkan, Anda dapat menentukan sendiri “harga jual”! Pada kenyataannya, menjadi seorang freelancer adalah sebuah pilihan yang tidak mudah. Nah, jika Anda ingin berhenti bekerja  tetap dan memutuskan menjadi seorang freelancer, berikut adalah sembilan pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dulu!

1. Apakah Anda Nyaman Bekerja Sendirian?

Apakah Anda Nyaman Bekerja Sendirian?

Apakah Anda Nyaman Bekerja Sendirian?

Freelancing mungkin akan jadi sangat membosankan bagi Anda yang terbiasa bekerja dalam kelompok. Pasalnya, Anda tidak lagi memiliki teman sekantor dan harus mengerjakan semuanya sendiri. Namun, jika Anda adalah pecinta ketenangan, maka pekerjaan jenis ini mungkin akan sangat menguntungkan. Meski begitu, jangan lupakan kehidupan sosial Anda, ya!

2. Apa Motivasi yang Anda Miliki?

Apa Motivasi yang Anda Miliki?

Apa Motivasi yang Anda Miliki?

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, motivasi Anda bekerja dengan baik mungkin adalah agar tidak mengecewakan atasan, naik jabatan, atau bahkan terhindar dari PHK. Sebaliknya, hal berbeda berlaku saat Anda harus bekerja secara freelance. Anda tidak lagi memiliki atasan atau jabatan dan posisi yang dikejar.

Lalu bagaimana motivasi bisa Anda dapatkan? Pikirkanlah tentang hidup Anda ke depan. Ingatlah, bahwa Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk memenuhi seluruh biaya hidup Anda, jika kehilangan klien dan pekerjaan.

3. Apakah Anda Sudah Merasa Puas dengan Uang yang Cukup?

Apakah Anda Sudah Merasa Puas dengan Uang yang Cukup?

Apakah Anda Sudah Merasa Puas dengan Uang yang Cukup?

Ketika menjadi seorang freelancer, Anda mungkin dapat menentukan sendiri harga atas pekerjaan Anda. Namun bukan berarti Anda dapat dengan mudah menawarkan harga yang tinggi pada klien. Tidak semua klien dapat menghargai Anda dengan layak. Banyak dari mereka yang berusaha mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan membayar Anda murah. Untuk itu, Anda perlu pintar-pintar negoisasi dengan klien. Jika tidak, Anda harus cukup puas dengan bayaran yang Anda terima.

4. Mampukah Anda Memperluas Jaringan?

Mampukah Anda Memperluas Jaringan?

Mampukah Anda Memperluas Jaringan?

Menjadi seorang freelancer memungkinkan Anda mendapat kesempatan bekerja sama dengan berbagai klien, baik perorangan atau perusahaan, bahkan skala lokal maupun global. Internet sendiri merupakan media yang dapat membantu Anda untuk bertemu dengan banyak klien tersebut.

 

Baca juga:

 

5. Bagaimana Portofolio Anda?

Bagaimana Portofolio Anda?

Bagaimana Portofolio Anda?

Freelancer membutuhkan portofolio yang baik untuk menggambarkan kepribadian dan cara kerja mereka. Pastikan Anda memperbarui seluruh konten dalam portofolio yang Anda miliki, mulai dari proyek terakhir hingga informasi kontak terbaru.

6. Apa Keahlian yang Anda Miliki?

Apa Keahlian yang Anda Miliki?

Apa Keahlian yang Anda Miliki?

Sebelum seseorang mulai bekerja, baik bekerja kantoran ataupun lepas, mereka harus benar-benar mengetahui dengan benar keahlian yang dimiliki. Adapun keahlian itulah yang nantinya akan ditawarkan kepada klien atau perusahaan.

7. Di Mana Kantor Anda?

Di Mana Kantor Anda?

Di Mana Kantor Anda?

Jika Anda nyaman untuk bekerja sendiri, maka bekerja di rumah adalah cara yang tepat. Namun, ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk fokus ketika bekerja di rumah. Entah karena tergoda dengan bantal dan tempat tidur, tontonan televisi, atau dengan makanan (camilan) di meja makan.

Kenali dengan baik diri Anda sendiri. Apakah Anda lebih nyaman bekerja di rumah, di kantor, atau di ruang publik?

8. Apakah Anda Memiliki Rencana ke Depan?

Apakah Anda Memiliki Rencana ke Depan?

Apakah Anda Memiliki Rencana ke Depan?

Sama halnya saat bekerja kantoran, menjadi seorang freelancer pun butuh kemajuan dan peningkatan. Apalagi, tidak selamanya Anda akan bekerja dengan cara dan klien yang sama.

Cobalah untuk menyusun rencana ke depan. Entah itu keinginan membangun usaha baru, merekrut karyawan, atau mencoba pekerjaan lain yang lebih menantang.

9. Haruskah Anda Menjadi Seorang Freelancer?

Haruskah Anda Menjadi Seorang Freelancer?

Haruskah Anda Menjadi Seorang Freelancer?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi keputusan Anda. Kenali diri sendiri dengan lebih dalam, apakah dunia freelancing adalah jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda?

Itulah sembilan pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjadi seorang freelancer. Sekarang, siapkah Anda?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. jual genset murah says

    bener banget, menjadi freelance memang ada keuntungan dan kekurangannya.. tapi saya lebih suka jadi freelance karena suka bosan dengan rutinitas yang ada

  2. says

    Mas saya punya waktu kosong banyak, namun sayangnya gk setiap hari ada. kerja freelance kayak apa mas yg cocok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *