Hobi + Kreatif = Sumber Pendapatan

Creative

Bila Anda memiliki suatu hobi, dan bisa menulis, apa salahnya mengubah hobi itu menjadi sumber pendapatan? Dibayar untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, bukankah itu surga dunia?

Berikut sejumlah hobi yang bila ditulis berpeluang menjadi uang.

1. Traveling
Daripada hanya menguras dompet, tuliskan pula pengalaman liburan Anda. Jepret dengan kamera digital spot-spot yang bagus. Kirimkan ke majalah traveling, baik cetak maupun online.
Ingat, angle artikel Anda harus unik. Jangan sekadar menuliskan daya tarik utama tempat wisata itu. Bila Anda ke Bali, misalnya, jangan terfokus mendeskripsikan keindahan Pantai Kuta (gugling doang juga bisa!), tapi tulislah kehidupan ibu-ibu yang buka jasa pijat. Atau, keseharian bule-bule penggelandang (backpacker). Angle itu jarang diangkat sehingga memperbesar peluang artikel Anda lolos seleksi.
Honor (artikel + foto): Rp 1 – 2 juta untuk perjalanan ke luar negeri, Rp 500 ribu – 1 juta untuk perjalanan domestik, Rp 200 – 500 ribu untuk majalah online

2. Membaca Buku
Bila Anda hobi membaca buku, tulislah resensi buku yang baru terbit atau berlabel bestseller. Kirimkan ke media yang menyediakan space untuk resensi buku.
Atau, bila yang Anda baca itu buku berbahasa asing dan belum ada edisi terjemahannya, terjemahkan saja. Lalu ajukan ke penerbit yang relevan dengan topik buku tersebut.
Honor resensi: Rp 500 ribu – 1 juta per resensi
Honor terjemah: tergantung reputasi penerbit, bahasa asli, dan tebal buku

3. Menolong Orang Lain
Bila Anda psikolog, seksolog, dokter, ataupun pakar di bidang lain, Anda dapat membantu pembaca media dengan mengasuh rubrik konsultasi.
Bagaimana bila Anda bukan pakar? Nah, cobalah resapi prinsip saya ini: bila ada, raihlah; bila tidak ada, ciptakanlah. Anda jago memasak? Tawarkan proposal konsultasi bahan/resep/menu/masakan ke media kuliner. Anda senang utak-atik motor? Tawarkan proposal konsultasi modifikasi motor/mobil ke media otomotif. Oh, doyan berkebun doang? Jangan patah semangat! Tawarkan proposal konsultasi berkebun ke media agro. Bila Roy Suryo saja bisa memperoleh label pengamat sok tahu pakar telematika, kenapa Anda tidak?!
Honor: Rp 500 ribu – Rp 2 juta per bulan

4. Bergosip
Eit, jangan salah. Ibu-ibu di kompleks yang gemar bergosip, bila kreatif, bisa juga menjadikan hobinya itu sumber pendapatan. Kumpulkan info yang Anda dapatkan dari ”ngumpul bareng tetangga”. Misalnya, Bu Kokom baru melahirkan, ayahanda Pak Romli meninggal dunia, atau Bu Fenny membuka toko kelontong di depan rumahnya. Info sederhana ini penting bagi warga kompleks. Bila secara rutin Anda mengumpulkannya, menulis dan me-layout dengan rapi (gunakan saja template di Microsoft Publisher), mencetaknya (cukup HVS ukuran folio, difotokopi banyak-banyak), dan menyebarkannya ke tetangga (titipkan saja ke ketua PKK untuk beliau bagikan di acara arisan PKK bulanan), bisa menjadi bibit bisnis menjanjikan lho.
Awalnya, carilah iklan dari tetangga yang membuka usaha lokal, juga yang berniat menjual/menyewakan mobil atau rumah. Patok tarif murah saja. Misalnya Rp 10 ribu per spot dan Rp 1.000,- per baris. Yang penting balik modal. Setelah bertahan tiga bulan, tawarkan proposal kerjasama ke pihak pengembang kompleks perumahan tersebut. Mereka mendanai, Anda terus bergosip dan menulis kontennya, laba dibagi sesuai kesepakatan.

Nah, siap berkreasi mengubah hobi menjadi sumber pendapatan? Bila ada ide lain, silakan menyumbangkannya lewat komentar.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    aw aw aw sekarang aktip disini toh hohohoho, anyway boljug artikelnya tuw… gosip aja bisa jadi duit yah hahaha baru tau gw.

  2. says

    Setujuu… Ternyata dengan basic skill seperti menulis aja tetep bisa menghasilkan uang, asalkan kreatif. So ga ada alasan ketika seseorang jadi pengangguran dan bilang “Saya ga ada skill apa2” That’s because u don’t know how to be creative… U can do it but u don’t know how to do it…. Thanks for sharing…

  3. dian ara says

    @ yovie: bener banget -.-

    @ hendrik: pengalaman pribadi kok itu, bang. terinspirasi kesuksesan buletin perumahan di kawasan rungkut (YKP), saya bikin buletin yang lebih sederhana untuk kompleks saya. pas saya tawarkan ke developer, mereka ternyata nggak punya duit untuk mendanai… tapi nggak masalah juga, dari iklan baris maupun iklan kotak labanya tetep ada kok.
    dan buletin itu bisa jadi portfolio juga, saya malah mendapat tawaran dari developer lain (milik pak tua yang ngetop itu lho, hehe…) untuk bikin buletin yang memasarkan perumahannya. rada beda dari target awal (buletin warga ala YKP) seh, tapi nggak ada ruginya babar blas, hehehe…

  4. says

    wah mantab2… yang dibutuhkan di RF ini org sepertimu, banyak pengalaman pribadi menjadi seorang freelancer… keep up a good work dear…

  5. Andi Desa says

    Salam dahsyat!!! Wah senengnya bisa buka info kreatif! Andi punya anyak ide bisa mulai wira usaha kambing perah sampai terapi plus-plus yang bikin nyenyak bugar dan perkasa! Siapa berminat bisa hubungi di desa_andi@yahoo.com. (maaf Mba Dianara nebeng promo/ klw boleh kasih tau etika ber internet ria ya! thank’s)

  6. says

    bisa ngirin resensi kemana yak??
    aku suka kali baca buku trus bikin resensinya di blog.
    daripada mubazir kan mending di jual sekalian 😀

  7. says

    Thanks atas tulisan bermanfaat ini. Saya sendiri masih bereksperimen menemukan aplikasi PHP yang paling cocok untuk digunakan sebuah situs berkonsep situs portal informasi. Info ini sangat menarik buat dipraktekkan 🙂

Trackbacks

  1. […] Hobi + Kreatif = Sumber Pendapatan « Ruang Freelance http://www.ruangfreelance.com/2009/07/06/hobi-kreatif-sumber-pendapatan – view page – cached #Ruang Freelance » Feed Ruang Freelance » Comments Feed Ruang Freelance » Hobi + Kreatif = Sumber Pendapatan Comments Feed Ruang Freelance Membuat CV yang baik PART I Deadline! Sumber Aplikasi iPhone Untuk Para Freelancer — From the page […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *