Healthy, Low Cost, And Simple Food For Busy Freelancer

shutterstock_92404405

Freelancer Image via Shutterstock

Seorang freelancer harus fokus menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang sudah dipilih sesuai tenggat waktu tertentu. Belum lagi jika ia sudah berumah tangga. Kesibukannya bisa menjadi berlipat-lipat. Pekerjaan yang sering dilakukan tanpa kenal waktu itu kerap membuat seorang freelancer telat bahkan lupa makan.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan otak tetap fresh, kita membutuhkan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup. Kalau sudah memenuhi nilai gizi tertentu, maka asupan makanan tidak perlu dalam jumlah banyak. Sehingga tubuh bisa tetap sehat dan bentuknya pun proporsional meski pekerjaan segunung. Berikut ini disajikan sejumlah daftar makanan praktis, hemat dan baik bagi kesehatan tubuh dan otak.

  1. Selai kacang. Roti tawar yang diolesi selai kacang sangat praktis dikonsumsi pada waktu istirahat dan pada saat ingin ‘ngemil’. Kandungan vitamin E dan Thiamin, sejenis vitamin B, pada selai kacang mampu meningkatkan kerja otak dan sistem saraf tubuh. Satu bungkus roti tawar kupas atau gandum isi 10 slices harganya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 14.000. Selai kacang yang beredar di pasaran harganya bervariasi tergantung berat bersih dan merk. Selai kacang sudah bisa dinikmati mulai dari harga Rp 7.600 sampai puluhan ribu rupiah.
  2. Strawberry dan avokad. Konsumsi dua jenis buah ini pada pagi hari dalam jumlah yang cukup sebagai pengganti sarapan, maka tubuh kita akan menjadi segar dan otak juga terasa cemerlang dalam berfikir. Mengapa bisa begitu? Strawberry mengandung vitamin C, antioksidan asam ellagic, dan asam folat yang baik menutrisi sel-sel otak, kulit, dan organ penting seperti jantung. Sedangkan avokad mengandung karotenoid, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, lemak baik, protein, magnesium, kalium yang sangat baik bagi kesehatan jantung, aliran darah dan mata. Dihaluskan dengan blender atau dipotong kecil tetap asyik disantap. Harga jus per cup besar satu macam buah sekitar Rp 6.000 – Rp 8.000. Jika avokad dan strawberry dicampur harganya menjadi sekitar Rp 7.000 – Rp 10.000. Atau bisa juga membeli avokad, saat ini harganya per kilo sekitar Rp 20.000. Ambil satu atau dua buah avokad, pisahkan daging buahnya dari kulit. Masukkan dalam wadah, beri susu kental manis atau potongan halus gula merah (brown sugar atau palm sugar) lalu haluskan dan aduk sampai rata. Tambahkan potongan es batu. Selanjutnya, bubur avokad sehat siap dinikmati.
  3. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Sumber protein nabati, folat, vitamin E, vitamin B6, Omega 3 dan Omega 6 ini sangat diperlukan untuk menutrisi otak. Ambil saja sepiring edamame atau kedelai Jepang sebagai camilan. Pada saat makan malam, konsumsi tempe goreng, nasi secukupnya dan sayur tumis kacang panjang atau sup jagung. Usahakan sayur tersebut baru dimasak. Harga edamame per kemasan belum diolah di pasar swalayan harganya berkisar antara Rp 6.000 – Rp 12.000. sampai di rumah bisa langsung direbus sebentar lalu ditaburi garam di atasnya. Atau bisa juga membeli edamame siap makan dalam kemasan dengan harga antara Rp 11.000 – Rp 21.000.
  4. Telur dan cokelat. Telur rebus bisa dimakan bersama selai atau saus kacang. Juga bisa ditambahkan sayuran rebus menjadi gado-gado. Meminum segelas cokelat panas atau ngemil chocolate bar bisa dilakukan setiap hari. Tentu cokelat yang tanpa tambahan susu dan gula. Cokelat dengan tambahan gula tersebut bisa menjadi bumerang bagi yang mengonsumsi setiap hari.

So, selamat menikmati hari-hari sebagai freelancer dan tetap sehat! Jangan lupa, tetap diikuti dengan olahraga teratur. Jogging adalah salah satu yang bisa menjadi pilihan karena mudah, murah, dan ringan 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *