Freelancers, jaga kesehatan, yok!

health -image by healthandfitnessfirst

Selamat pagi, salam sejahtera, semoga kita freelancers selalu berbahagia dan berkecukupan di mana pun berada. Apakah Anda merasa sehat hari ini? Iya? Yakin? Hanya karena saat ini gak ada gejala penyakit yang kasat mata, bukan berarti badan kita sehat-sehat saja, lho.

Kesehatan (baik fisik, pikiran, maupun mental) adalah aset yang paling berharga buat siapa saja. Sakit itu mahal, tapi sehat lebih mahal lagi. Buktinya, jadi orang sehat lebih sulit daripada jadi orang sakit.

Sekarang, mari kita lihat daftar dosa yang banyak dilakukan oleh freelancers terkait kesehatannya sendiri.

1. Begadang dan kurang tidur

Belakangan ini, entah kenapa insomnia menjadi kata yang sangat populer dijadikan status di news feed Facebook atau timeline Twitter. Entah para pembuat status tersebut benar-benar menderita insomnia atau sekedar begadang. Intinya, tidur larut malam (atau bahkan dini hari) sekarang seolah jadi bagian gaya hidup perkotaan. Tahukah Anda, jam 21:00-03:00 adalah saat hati melakukan detoksifikasi yang hanya dapat dilakukan saat kita tidur? Tahukah Anda, tidur kurang atau lebih dari 6-8 jam sehari dapat memperpendek usia?

2. Pecandu kafein

Dosa #1 biasanya menyeret dosa selanjutnya, yaitu kecanduan terhadap kafein. Kopi dan berbagai minuman energi adalah contohnya. Kafein akan meningkatkan denyut jantung sehingga menunda rasa kantuk. Dalam dosis berlebih dan kontinyu, hemm siap-siap saja kena penyakit jantung dan darah tinggi. Selalu ingat kalau apapun yang berlebihan itu tidak baik.

3. Perokok berat

Rasanya dosa #3 ini sudah gak perlu dijelaskan lagi ya. :p Di bungkusnya saja tertulis, “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”.

4. Asupan gizi sembarangan, kebiasaan makan junk food

Sebuah studi kesehatan di wilayah Jawa Barat mengatakan kalau mayoritas masyarakat kita, dari anak kecil sampai dewasa, kelebihan asupan karbohidrat, lemak, dan gula namun kekurangan protein, vitamin, dan serat dalam tingkat yang cukup fatal. Nggak heran kalau obesitas, sakit jantung, kolesterol, stroke, dan diabetes menjadi penyakit yang ngetop. Apalagi yang bisa disalahkan selain ketidakpedulian terhadap asupan gizi dan kebiasaan makan junk food?

5. Jarang berolah raga

Meskipun dosa #7 ini mungkin memiliki sumbangsih berarti untuk #6, ingatlah kalau tujuan utama olah raga adalah hidup sehat. Kurus ataupun berisi, sport is a must.

6. Hampir selalu berada di depan komputer

Selalu ingat mata pelajaran PMP/PKN/KWN saat SD dulu: manusia adalah makhluk sosial. Secanggih apapun teknologi, tetap saja manusia butuh waktu untuk bersosialisasi dengan manusia lain dan juga lingkungannya agar terhindar dari stres.

Kalau alasan di atas masih kurang, bayangkan 20-30 tahun lagi ketika kita sudah mapan secara materi (amin). Menyenangkan, tapi tanpa kesehatan yang baik, percayalah kalau semua itu gak ada artinya. Dengan berat hati, lihat saja Steve Jobs, CEO Apple Inc., sebagai contoh. Mungkin kalau ada alat pembaca isi hati, alat itu akan bercerita kalau beliau rela menukar posisinya sebagai CEO asalkan bisa sembuh dari kanker pankreas yang saat ini sering membuatnya absen berbulan-bulan dari Apple HQ.

Jadi, mari jaga kesehatan kita sebelum terlambat.

“Imagine life as a game in which you are juggling some five balls in the air. You name them Work – Family – Health – Friends – Spirit, and you’re keeping all of these in the air.

You will soon understand that work is a rubber ball. If you drop it, it will bounce back. But the other four balls – family, health, friends and spirit are made of glass. If you drop one of these, they will be irrevocably scuffed, marked, nicked, damaged or even shattered.

They will never be the same. You must understand that and strive for balance in your life.”

Brian G. Dyson the CEO of Coca-Cola (from 1988 until 1994)

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. dudung says

    yup… betul sekali, boleh punya cita2 tapi tetap sayang badan. Karena mungkin nanti yang menderia bukan kita saja, tapi orang2 terdekat kita juga

  2. says

    wah sy jg sering begadang neh,, 🙁 bahaya jg ternyata ya,,,harus segera diperbaiki pola hdup sy ini…mksh infonya gan, salam freelancer…

  3. says

    Nah ini nih yg paling vital tapi sering dilupakan. Tapi alhamdulillah saya pakai reminder yg handal, yaitu “Istri Saya” paling bawel kalo urusan kesehatan saya.

    Kalo saya sakit sapa yg cari duit << itu sih ktnya wakakakaa

  4. says

    Dari 6 poin di atas yang sering saya lakukan dan sulit dihindari adalah poin ke-1, 5 dan 6. Kadang kalau sudah duduk di depan komputer sering lupa waktu, tau2 sudah jam satu pagi..
    Artikelnya bermanfaat, bisa jadi nasehat yang baik untuk saya..

  5. says

    Pantangan berat ini mah 😐 Kalo merokok dan junk food sih emang nggak. Cuman, untuk begadang, konsumsi kafein, dan seringkali berada di depan komputer kayaknya sulit dihindari.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *