Freelancers Bisa Punya Kartu Kredit

 

Credit cards

Credit cards

Berminat punya kartu kredit baik untuk kepentingan pribadi ataupun mempermudah urusan freelancing (seperti untuk pembayaran langsung dan pengisian Paypal balance) tapi takut dinyatakan tidak memenuhi kualifikasi oleh bank? Atau Anda berpikiran kalau freelancers hampir pasti ditolak karena berpenghasilan tidak tetap? Itu mitos, kok.

Persyaratan memiliki kartu kredit dengan status sebagai freelancer sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara apply kartu kredit bagi karyawan, profesional (dokter yang buka praktek sendiri, konsultan, dsb), atau pemilik usaha. Perlu diingat kalau pada hakikatnya, bank tidak peduli dengan mata pencaharian nasabahnya. Yang penting adalah si nasabah mampu bayar ketika utangnya jatuh tempo. Bank untung, nasabah senang.

Oleh karena itu, persyaratan utama yang harus dilengkapi adalah melengkapi dokumen. Dokumen utamanya tetap berupa fotokopi KTP atau identitas lain yang berlaku. Syarat lainnya, diutamakan si pemohon kartu kredit memiliki saldo tabungan yang aktif, digunakan dalam kegiatan pekerjaannya, memiliki saldo minimal tertentu dalam kurun waktu yang cukup lama, dan (lebih diutamakan lagi kalau) rekening tersebut berada di bank yang sama dengan tempat kita mengajukan permohonan kartu kredit.

Syarat dasarnya sebenarnya hanya dua. Sisanya mengikuti proses perlengkapan di bank tersebut, di antaranya dengan mencantumkan nomor kontak pribadi yang dapat dihubungi, tempat tinggal, dan nomor kontak emergency call.

Intinya?

Kesimpulannya, prosedur permohonan kartu kredit bagi freelancers yaitu,

  1. Mengisi aplikasi. Sebaiknya ini dilakukan di bank tempat Anda memiliki rekening untuk transaksi pekerjaan. Dokumen yang wajib ada yaitu fotokopi KTP dan NPWP (jika diperlukan).
  2. Apabila rekening aktif Anda yang dipergunakan untuk transaksi pekerjaan sudah berjalan cukup lama, ini akan jadi penilaian baik oleh Bank.
  3. Sisanya mengikuti prosedur standar dalam proses verifikasi data oleh analis kredit bank. Jangka waktunya bervariasi, yang paling singkat adalah 1 minggu saja untuk disetujui pengajuan kartu kreditnya.

Jadi, harus percaya diri dong kalau freelancers juga bisa punya kartu kredit. 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. tjahyo says

    saya juga mau ngajuin. tapi pendapatan tiap bulan dak tentu. kalok boleh dijelasin mengenai kartu kredit. ada yang kepakek atau gak kepakek kita tiap bulan harus membayar bunganya. apakah itu benar?. mohon petunjuknya

  2. tjahyo says

    kalok digoreng rekeningnya. nanti bisa langsung dimakan dong gan uangnya yang ada didalamnya.ha….ha….ha….
    gan rumahnya disurvei dak gan?soale aku prnah nanya sama custumer service banknya nanti ada survei setelaah proses pengajuan?

    • says

      hehehe, bisa aja ne si agan, ngga ada survey untuk lihat2 rumah gan, yg ada cuma survey by phone, nanti ditanya2 sama spt di formulir yg agan isi waktu dft CC. Udah gitu aja kok, O ya nanti sodara tidak serumah agan jg disurvey, survey nya jg by phone doang kok.

  3. Priyo Subarkah says

    jangan digoreng rekeningnya…gak enak…rasanya cuma kaya kertas wokokokk

    daku waktu ngurus kartu kredit, pas ditanya pekerjaan…jawabku : aku hanya pengangguran biasa mbak…ditaya slip gaji…aku gak punya slip gaji mbak…oo berarti saudara ini pengusaha ya??, pas ditanya SIUP..ndak punya juga tuh…tapi pas dibilang pendapatan saya US$**** / bulan & cek rekening, lolos2 aja tuh..sampe sekarang

  4. Nurmidawati says

    Apakah kita yang baru kerja freelance dan penghasilan masih sangat kecil bisa memiliki kartu kredit
    mksih ruangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *