Freelancer,Mari Beramal, Menabung, dan Berinvestasi :)

Sejak kapan sih uang jadi masalah? Itu adalah slogan yang sering saya dengar di kalangan anak muda zaman sekarang. Dalam hati saya, memang iya ya!  Ada beberapa orang yang mengatakan seperti itu, tapi juga tidak sedikit loh yang menjadi permasalahan sebagian  orang  adalah uang. Nah, freelancer, uang bukan segala-galanya katanya, tapi kadang-kadang semuanya berawal dari uang kan? Jangan sampai anda bermasalah dengan si uang ini ya. Ribet nanti jadinya. Pintar-pintar yuk mengelolanya 🙂

 

image by Azwar.anis on flickr

Uang yang anda punya tidak harus diberi pupuk seperti tumbuhan. Hanya perlu 3 kunci untuk mengelolanya agar tumbuh subur dan berkembang.

1.Freelancer yuk Beramal

Setiap mendapatkan  project baru, jangan langsung traktir sana sini, hura-hura, pertama kali ada baiknya anda menyisihkan sedikit uang yang anda dapatkan dengan beramal. Seikhlasnya deh 🙂

Dengan beramal, anda dijamin mendapatkan kepuasan tersendiri. Gak percaya? Silakan dicoba deh ! Kepuasan yang anda dapatkan dengan menyisihkan sedikit uang itu tidak ternilai harganya dan gak bisa diukur. Parameternya yah diri Anda sendiri.

Anda boleh memilih beramal dengan cara anda sendiri. Ke  mesjid terdekat di lingkungan anda atau tempat yang bisa diandalkan dan terpercaya seperti lembaga resmi itu boleh juga. Misalnya ke Baznas ,yang mana sekarang RUU zakat, infaq, dan shodaqohnya sudah diresmikan . Atau ke rumah-yatim yang udah diaudit oleh KAP Abdul Aziz Jakarta  juga boleh jadi referensi mengingat badan hukumnya jelas.

2.Freelancer mari menabung

Nabung pangkal kaya, boros pangkal miskin. Ini slogan yang biasanya ada di sampul cokelat buku waktu masih SD. Nah, dari kecil aja sebenernya kita itu udah diajak untuk gemar menabung. Setiap orang memiliki treatment yang berbeda dalam menabung.

Jika orang zaman dulu, lebih memilih menabung dengan cara meletakkan uangnya di bawah kasur ataupun bantal.  Zaman sekarang, cenderung lebih percaya dengan bank. Selain ada bunganya (tetep bunga diutamakan.hehehe), juga aman. Baik Bank konvesional atau syariah, itu terserah anda. Bagaimanapun cara anda menabung,  yang penting anda selalu menabung. Jadikan ini kebiasaan. Bisa kan ala biasa 🙂

3.Freelancer,mari berinvestasi

High risk, high return itulah yang menjadi identik ketika anda berinvestasi. Anda suka tantangan? Tidak ada salahnya anda memilih untuk bermain saham. Tetapi, jika anda lebih suka yang aman-aman saja, sepertinya deposito adalah jawabannya.

Bagi kaum hawa, emas selain digunakan sebagai perhiasan ,ini adalah sarana investasi yang cocok bagi mereka. Selain harganya yang terus melonjak setiap waktu, di sebagian daerah emas menunjukkan kasta bagi mereka. Apapun jenis investasi yang anda pilih ,sesuaikan dengan selera ya biar rasa dan hasil akhirnya tentu lezat 😀

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan  resiko rendah, deposito dan reksadana sepertinya solusi yang tepat untuk anda, tetapi lain halnya jika anda adalah risk taker saham adalah solusi yang pas untuk anda.

Jika anda ingin mengatur uang anda lebih baik lagi ,boleh nih dipelajari dari cara mengatur keuangan freelancerngaturduit dan akbarfinancialcheckup . Semoga bermanfaat.

Jadi, mulai sekarang pintar-pintar lah mengelola uang anda. Feelancer, Tanamkan dalam hati dan pikiran anda, Beramal, Menabung, Investasi 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *