Freelancer Warrior Indonesia

Freelancer Warrior Indonesia - photo by chopshopstore

Freelancer Warrior Indonesia - photo by chopshopstore

Sebagai freelance yang masih hijau, ada baiknya bagi kita untuk mempunyai panutan. Tentunya kita bisa banyak belajar dari para freelancer yang sudah lebih dulu menggeluti dunia freelancer dan tentu saja, sudah jauh lebih berpengalaman. Mereka adalah orang-orang yang saya bisa kasih 4 jempol (termasuk 2 jempol kaki) karena tingginya dedikasi dan kegigihan mereka untuk bertahan sampai sekarang. Satu kata untuk mereka: SALUT!

Mau tahu siapa mereka? Berikut adalah beberapa yang saya kenal baik.

Ahmad Isnaini

Ahmad Isnaini

Ahmad Isnaini

Isnaini adalah seorang blogger Yogyakarta yang sudah menggeluti dunia internet sejak tahun 2002. Dengan bermodalkan keberanian dan ilmu yang didapatkannya secara ototidak, dia mampu menjadi seorang blogger yang berpenghasilan ribuan dolar. Ia juga sering hadir sebagai pembicara di berbagai seminar bertemakan pemburuan uang di internet sampai tema yang lebih umum seperti e-learning. Penghasilannya utamanya didapatkan dari memasang situs dari penyedia iklan seperti Text Link Ads, Google Adsense, selain itu dia juga menggunakan metoda domain parking dan menyediakan jasa pembuatan situs web.

Gampang? Tentu saja tidak, karena untuk sukses seperti Isnaini tentunya membutuhkan
perjuangan yang sangat keras. Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai Isnaini, bisa mengunjungi situs pribadinya yang berisikan banyak tips dan juga template blog gratis yang bisa langsung Anda pakai.

Nurudin Jauhari

Nurudin Jauhari

Nurudin Jauhari

Saat ini Nurudin Jauhari masuk sebagai “Worldʼs Top 100 Blogs” versi Technorati tahun 2008. Ia adalah satu-satunya blogger indonesia yang masuk dalam daftar urutan 23 besar blogger teratas, diatas problogger dan zenhabits, menakjubkan memang!. Jauhari (sapaan akrab Nurudin Jauhari) juga sering membuat template WordPress gratis yang sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia. Pada tahun 2003, ia memulai sebuah blognya
dengan tujuan yang sederhana: memperbanyak teman! “Banyak teman adalah aset”,
begitulah katanya. Pendapatan terbesarnya berasal dari jasa pembuatan situs web
berbasis WordPress, Blogger dan Textpattern. Proyek terbesarnya saat ini membuat 20
template situs web dalam 1 bulan.

Cosa Aranda

Cosa Aranda

Cosa Aranda

Siapa yang tidak kenal dengan Cosa Aranda, salah satu bapak Google Adsense Indonesia. Hampir semua ilmu Adsense sudah melekat di otaknya sehingga tips and trik mendapatkan uang di internet selalu diajarkan kepada semua pemula maupun professional ad publishers. Ribuan dolar sudah ia didapatkannya dari online ads, tapi dengan semua kesuksesannya, dia tetap mengingatkan bahwa untuk mendapat uang banyak itu tidak mudah, karena semua ada prosesnya. Salah satu artikel yang sangat terkenal yang ia tulis adalah daftar program yang menghasilkan uang pada pada tahun 2008. Saat ini Cosa juga menjabat menjadi moderator Adsense indonesia

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia, berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya.
— Laskar pelangi, Giring – Nidji

Firdaus Dandy

Firdaus Dandy

Firdaus Dandy

Dandy terjun di dunia freelancer secara online sejak tahun 2006. Ia menemukan jati dirinya melalui situs Getafreelancer.com. Salah satu cita-cita awalnya adalah untuk memperkenalkan outsourcer Indonesia ke luar negeri. Sungguh mulia cita-cita tersebut 😀 . Saat ini ia sudah masuk dalam peringkat 50 besar anggota Getafreelancer.com dengan 172 reviews positif. Dandy mengambil nama Smart Consultant sebagai nama perusahaannya. Perusahaan tersebut sukses membuat Dandy tersenyum lebar.

Untuk masuk dunia lelang proyek seperti Dandy tidaklah mudah, karena persaingannya
sangat ketat dan juga kalian akan bersaing dengan puluhan negara lain dari seluruh dunia. Dibutuhkan mental yang gigih, pendekatan yang baik, dan juga portfolio yang menarik untuk menjadi senjata ampuh dalam mendapatkan klien dari luar negeri dan berpenghasilan dolar. Ia pun juga bercita-cita setiap bulannya menerima satu pegawai baru untuk membantu penyelesaian proyek-proyeknya. Saat ini dalam 1 bulan dandy bisa mengambil dan menjalankan 10 proyek. AWESOME!

Indra Diky

Indra Diky

Indra Diky

Blogger asal Bandung ini berjuang di dunia review. Dengan me-review suatu situs web atau produk, indra akan di bayar sebesar $6. “Misalkan sehari ada 10 job dengan nilai masing-masing $6, berarti bisa dapetin $60. Itu baru dari 1 blog aja loh“, kata Indra. Saat ini Indra mengikuti beberapa situs review berbayar seperti Smorty, Sponsoredreviews, Payperpost, dan Blogvertise. Dengan gaya cool-nya dan sering clubbing, siapa sangka penghasilannya ribuan dolar.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Saya masih NEWBIE LOH
    Tapi makasih.. atas dimasukkan dalam daftar list ini, semoga bermanfaat bagi semua.. mari mari bersama sama menuju kebaikan.. Indonesia yang lebih membumi..

  2. Taufik says

    Assalamualaikum…Kang Anggi kumaha…Damang?
    Minal aidin walfaidzin ..mohon maaf lahir bathin
    We..keren gi..
    gw baru dikasih yudhi link nih web…
    Baca2 dulu ah…

  3. says

    wew… 3 dari freelance warrior berkunjung langsung di website ini 😀 , bahkan nurudin jauhari menulis diblognya juga. SALUT dengan kalian semua. Semoga teman-teman freelancer lainnya dapat terinspirasi dari jerih payah kalian semua

  4. says

  5. says

    Wah saya masih biasa aja, yang lain dah jagoan semua, saya mah blogging aja ga bisa, design payah, programming apalagi 🙁

  6. says

    Wah,orang-orang yang sukses setelah perjuangan hebat. salut, dan alhamdulillah aku dapet ‘kue’ dari salah seorang darinya 🙂

  7. says

    setelah baca artikel ini saya jadi semangat lagi untuk menjadi freelancer sejati…walaupun masih jatuh bangun tapi mau gimana lagi ini jalan satu2nya,,,hehe menyedihkan ye?

  8. arie iskandar says

    wah mantab,,,
    jadi smangat buat terus belajar, ngumpulin portofolio, n be freelance sejati,,,

    semangaaat..

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *