Freelancer Sayang Keluarga

Masih ingat soundtrack film Keluarga Cemara? Harta yang paling berharga adalah keluarga. Sudah jadul banget ya filmnya, tapi menurut saya makna film itu menyentuh dan mendarah daging banget lah. Keluarga yang sederhana tetapi memiliki kekeluargaan yang sangat erat.

Hampir semua orang menyayangi keluarganya. Berbagai cara yang ditunjukkan oleh mereka. Ada yang berani dan gak malu-malu, tapi juga banyak yang bingung mengungkapkan rasa sayangnya. Saya kira, begitu juga dengan freelancer.

Keluarga begitu penting dalam hidup kita karena keluarga merupakan fondasi bagi seseorang dalam membentuk kepribadiannya. Keluarga mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang terkadang tidak pernah kita dapatkan di sekolah dulu atau perguruan tinggi.

Keluarga  merupakan budaya yang dimiliki seseorang yang akan berpengaruh pada pola sikap dan perilakunya di luar lingkungan keluarga itu sendiri. Keluarga akan selalu menjadi tempat yang handal dan terpercaya dalam penyelesaian masalah. Mereka selalu ada untuk anda jika anda juga ada.

Sebagai freelancer, tentunya anda bekerja dengan tempat dan waktu yang tidak terikat. Kemungkinan besar waktu anda dihabiskan dirumah bersama keluarga. Memiliki banyak waktu adalah salah satu keuntungan tersendiri bagi freelancer. Tetapi, freelancer cenderung lebih bekerja keras untuk mencari order sendiri.

Nah, jangan sampai ketika anda sibuk mencari order sana-sini anda melupakan waktu untuk keluarga. Setiap hari anda di rumah, tapi anda selalu di kamar dan jarang berinteraksi dengan keluarga anda. Raga Anda ada di sana, tapi jiwa Anda entah kemana. Sibuk dengan gadget baru, atau tidak bisa lepas dari notebook anda. Jangan sampai gadget menjadi keluarga anda yang baru 😀

Jangan sampai Anda menyesali waktu yang telah anda buang sia-sia karena anda kurang memaksimalkannya dengan keluarga anda saat ini.

Keluarga seperti apa yang saya maksud disini? Keluarga inti. Keluarga yang anda miliki di rumah. Orang-orang yang terdiri dari ayah, ibu, kakak, dan adik untuk anda yang masih sendiri dan belum menikah. Tetapi, jika anda sudah menikah saat ini, selamat! Anda sudah memiliki keluarga inti yang baru. Mereka yang terdiri istri/suami, dan anak-anak anda.

image by cik nadiya izzatie on flickr

Lalu,bagaimana caranya agar menunjukkan rasa sayang terhadap keluarga anda?

  • Komunikasi

TTS itu penting loh. Temu,tegur,sapa. Komunikasi bisa langsung, tatap muka, mengobrol dan membahas hari-hari anda. Jangan sampai karena komunikasi, hubungan anda menjadi renggang.

  • Perhatian

Banyak cara menunjukkan rasa perhatian kita ke keluarga. Tergantung cara anda. Sms menanyakan “sudah makan atau belum?” itu dampaknya DAHSYAT loh !

Just the way you are lah 😀

  • Terbuka

Terbuka yang saya maksud adalah sifat anda yang terbuka, bukan berarti anda harus tidak mengenakan pakaian, lalu itu disebut terbuka.hehehe. Ceritakan keseharian anda, jangan sampai anda lebih terbuka dengan orang lain ,bukan keluarga anda sendiri.

  • Weekend untuk keluarga

Usahakanlah sediakan waktu khusus untuk pergi bersama keluarga. Sekadar liburan untuk mempertahankan kehangatan keluarga anda.

 

Mungkin hal-hal kecil seperti waktu untuk keluarga sering terlupakan oleh anda. Mengapa saya mengatakan seperti ini? Faktanya, manusia memang cenderung tidak menyadari bahkan melupakan hal-hal kecil seperti ini.

Ada 1 quote yang saya suka nih freelancer,

Love your parents. We are so busy growing up, we often forget they are also growing old -unknown-

Quote ini menurut saya jlep banget, tapi saya menjadi sadar, yah..saya harus memiliki waktu untuk keluarga. Harus !

Saya harap anda juga begitu 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Dwi Riana says

    yup…keluarga akan selalu di hati
    @muhammad arifin amin Ya Allah semoga begitu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *