Freelancer juga butuh liburan

Kadang kala kesibukan sebagai freelancer membuat kita sibuk non-stop, tidak 24 jam sih, tapi cukup membuat kita lelah tak berujung. Setiap orang tentunya membutuhkan liburan, tapi liburan sebagai seorang freelancer tidak murni 100% liburan. Kadang kita juga harus bekerja ketika liburan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menikmati liburan tapi masih bisa kerja di sela-sela liburan. 

Vacation RuangFreelance


Bersama partner atau sendirian

Apakah Anda berlibur sendirian? Ketika berlibur sendirian kita gak akan merasa terbebani oleh komentar seperti “Koq kerja sih? Kan lagi liburan?”. Tapi ketika kita berpergian berdua, Anda harus mengkomunikasikan kepada partner liburan Anda bahwa Anda akan bekerja ketika masa liburan. Jelaskan dengan terperinci dan masuk akal kenapa Anda harus bekerja. Dan, mintalah pengertian bahwa apabila Anda tidak bekerja Anda akan kehilangan oportunity dari client di proyek yang saat ini sedang berjalan. Apabila itu belum ampuh, jangan sampai partner Anda menyita laptop Anda karena terlalu lama bekerja. Kalau laptop sudah disita, kacau kan?

Koneksi Internet

Nah ini yang sangat penting. Usahakan Anda mempunyai koneksi Internet di kamar hotel untuk efektivitas kerja. Apabila tidak mempunya 3G SIM Card seperti telkomsel Flash, atau Indosat M2, cek di hotel tempat Anda menginap apakah ada koneksi internet atau tidak.

Rencanakan Liburan sematang mungkin

Rencanakan liburan Anda mulai dari jam keberangkatan dan kepulangan. Pesan tiket transportasi jauh hari sebelum tanggal liburan Anda, karena harga tiket pesawat lebih murah apabila di pesan jauh-jauh hari.

Memilih Tempat Menginap

Hal yang paling penting adalah mencari tempat menginap murah, dan nyaman. Nyaman dan murah lebih bersifat relatif jadi usahakan untuk memilih tempat yang dekat dengan tempat yang ingin Anda kunjungi, tapi harganya juga tidak tinggi. Mencari tempat seperti itu gampang-gampang susah, tapi hasilnya akan sepadan dengan jerih payah kita. Yang perlu diperhatikan juga mengenai hotel adalah layanan-layanan, seperti sarapan tiap pagi, deposit box, antar jemput bandara, atau internet gratis. Tentunya layanan tersebut akan menghemat banyak waktu dan anggaran liburan kita. 

Jadwalkan waktu keliling dengan matang

Seringkali setelah sampai ditempat kita merasa kelelahan, dan memilih untuk tinggal di hotel. Please.. jangan instirahat terlalu lama, karena setiap saat merupakan sebuah saat untuk menikmati liburan. Istirahat bisa dilakukan selama perjalanan, atau ketika waktu makan. Gunakan waktu dengan efisien.

So sudahkah kamu liburan hey Freelancer 😀 ?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Wah. Kalau saya susah sih liburan sekaligus kerja. Kalau liburan ya akan saya pakai untuk liburan. Karena ketika sudah di tempat berlibur akan tergoda untuk santai sepanjang hari. Boleh juga sih sekali2. Nyobain. Bisa nggak liburan, tapi tidak 100% liburan. 🙂

  2. says

    Iya bener mas Iwan, kalau sudah waktunya liburan pengennya tidak mikirin pekerjaan. Tapi tuntutan menjadi seperti seorang freelancer seperti itu ya harus profesional…

  3. says

    Bener.Maksud saya kalau memang ada kerjaan, saya akan tunda liburan sehingga ketika liburan bisa saya ambil, saya akan total berlibur. 🙂

  4. says

    untuk menyikapi hal ini sudah sewajarnya kita mencari alternatif paket hemat yang dapat memenuhi segala kebutuhan liburan anda di bali. salah satu alternatif yang perlu di pertimbangkan adalah paket hemat 4 hari 3 malam yang kami tawarkan yang di dalamnya sudah mencakup semua keperluan liburan anda antara lain akomodasi transportasi pemandu wisata biaya masuk obyek wisata dan makan siang sesuai dengan itinerary .

  5. says

    Wahh buat Freelance yg jg Mahasiswa spt saya, liburan adalah saatnya menyelesaikan tugas-tugas kuliah 😀
    Tapi ada kalanya jg hr libur saya manfaatkan sebaik-baiknya utk berlibur, entah itu bertamasya, olah raga di tempat yg tidak biasanya, atau hanya tidur dan membersikan rumah

  6. says

    sip, makasih buat tips nya om 🙂
    terkadang memang susah utk menyisihkan waktu luang barang dua atau tiga hari utk berlibiur dikala job menumpuk

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *