Freelancer Harus Bersahabat dengan Personal Branding

 

Personal Branding merupakan  salah satu kunci untuk membangun dan menghasilkan jutaan orang-orang yang profesional. Personal branding digunakan sebagai alat untuk membentuk pandangan orang lain kepada diri anda. Tentunya diharapkan pandangan yang positif bagi freelancer itu sendiri. Terkadang, freelancer mengabaikan hal ini. Padahal, personal branding itu krusial loh.Ada pepatah yang bilang,kalo gak kenal maka tak sayang . Jadi, kenalan lebih lanjut yuk sama si personal branding ini. Lebih baik bersahabat malah.

Apa sih alasan personal branding itu penting bagi freelancer?

  • Pertama, untuk membangun reputasi yang positif seperti yang anda inginkan. Setiap orang pada dasarnya memiliki personal branding masing-masing. Tetapi, terkadang hanya sebagian orang yang menyadari hal itu. Bagi mereka yang tidak menyadarinya, mereka membangun brand yang salah. Nah loh, dampaknya sangat besar dan jangka panjang. So, anda harus berhati-hati untuk itu.
image by wikitoot on flickr

Lalu, bagaimana freelancer membangun  sebuah personal branding?

Membuat sebuah personal branding tidak sesulit yang dibayangkan. Sebenernya, ini  sesuatu yang sederhana. Anda pasti bisa jika anda ingin bisa.

Kesan pertama begitu mengesankan,itu lah katanya.

  • Tampilkan kesan pertama yang baik kepada klien baik dari cara berpakaian dan sikap anda. Jangan sampai klien kabur      karena kesan pertama anda yang kurang menyenangkan. Rugi dong .
  • Buatlah nama baik anda. Nama adalah suatu brand bagi freelancer. Untuk itu, selalu jaga nama baik anda. Ingat, selalu, kapanpun, dimanapun, dan apapun.
  • Jangan lupa untuk menjaga kepercayaan dari klien. Ini sangat penting karena sifatnya jangka panjang. Usahakan tunjukkan performance yang terbaik yang bisa anda lakukan.
  • Menjaga hubungan baik dengan klien.  Komunikasi secara intensif bisa anda lakukan. Tidak harus berkaitan dengan pekerjaan.  Silaturahmi ketika lebaran ataupun sms menanyakan kabar itu sudah cukup untuk menjaga hubungan baik.

 

 

 

Nah, jadi mulai dari sekarang, yuk kita bangun personal branding yang baik buat diri kita sendiri. Selalu berbuat baik lah karena anda selalu memiliki kesempatan untuk itu. Toh manfaatnya banyak bukan? 🙂

 

 

 

 

 

 

11 Comments

  1. Dwi Riana

    Wah,syukurlah kalo bisa mencerahkan.hehehe . Semangat terus ya membangun personal branding yang oke 🙂
    oia,kalo parameter personal branding itu ada yang namanya word of mouth dari orang lain (pandangan orang lain gitu) .Nah,topik itu bakal di publish 2 minggu lagi. Tungguin ya 🙂

  2. Rina As

    Membangun personal branding membutuhkan waktu, saya rasa juga perlu bersabar karena tidak ada sesuatu yang instant nie
    Nice sharing mbak Dwi Riana

  3. Dwi Riana

    benar sekali mbak Rina,butuh niat,usaha,waktu,kesabaran,tentunya doa.
    sama2 ya mbak Rina 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *