Freelancer dan Nomor Ponsel

Freelance dan Nomer Telephone - photo by velco

Freelance dan Nomer Telephone - photo by velco

Saat ini para operator telepon seluler begitu gencarnya menjual berbagai layanannya mereka. Salah satu yang mereka tawarkan adalah Nomer Perdana. Begitu mudahnya dan begitu murahnya (bahkan gratis) nomor perdana yang ditawarkan sehingga sekarang, jangankan punya satu nomor, bahkan dua atau tiga nomor pun sudah menjadi sesuatu yang lazim.

Lantas apa pengaruhnya ini semua bagi freelancer?

Kalian sebagai salah satu target pasar dari para operator ponsel tersebut tentu saja juga pernah termakan oleh gencarnya iklan-iklan yang menawarkan promosi nomor perdana, sehingga mulai menjadi salah satu “kolektor” nomor ponsel. Jangan-jangan kalian punya 1 nomor untuk setiap operator?

Penggunaan banyak nomor membuat kita sulit dihubungi, terutama oleh klien tetap atau calon klien kita. Klien kita, baik di dalam maupun luar negeri, mungkin pernah mendapatkan nomor seluler kita melalui teman atau email atau info dari situs portofolio kita.Tapi bisa saja kita sedang tidak menggunakan nomor tersebut.

Kesulitan menghubungi kita karena kita sering berganti nomor telepon adalah hal yang bisa membuat frustasi klien kita, terutama bagi klien yang dengan proyek yang sedang berjalan. Mereka ingin mendengar perkembangan proyek tersebut dengan mudahnya dan akan susah menghubungi kita dengan nomor yang berbeda-beda. Kalau hal ini menyangkut calon klien baru, maka tentu saja kita menjadi kehilangan kesempatan mendapatkan orderan pekerjaan baru.

Tips Menggunakan Nomor Ponsel.

  • Pilihlah sebuah nomor ponsel yang tetap, meskipun boleh saja anda memiliki nomor ponsel yang baru, lebih dari satu. Bisa dimaklumi bahwa kita mempunyai nomor lain yang Anda maksudkan untuk pengiritan, karena sering kali menelpon pacar/istri/anak dalam rentang waktu cukup lama. Nomor baru boleh berganti dan boleh hilang, namun 1 nomor harus tetap harus dipertahankan.
  • Pilih nomor ponsel tetap tersebut di atas dari operator terpercaya. Dalam hal ini adalah mereka yang mempunyai jaringan yang cukup luas, sinyal yang cukup kuat sehingga ketika berkomunikasi tidak sering terputus atau tak terdengar suaranya.
  • Bila terpaksanya anda harus punya lebih di satu nomor, maka Anda lebih baik mempunyai dua telepon genggam. Bila tidak bisa, maka nomor-nomor yang baru silahkan dipergunakan hanya berdasarkan keperluannya saja.
  • Bila telpon genggam Anda hilang, segeralah melapor ke operator agar memblokir nomor tersebut sehingga anda tidak kehilangan nomor tetap. Kalau nomor baru mau hilang atau berganti tidak begitu masalah.

Berdasarkan pengalaman saya, klien luar negeri juga sesekali ingin mengontak langsung ke nomor ponsel. Mereka biasanya amat frustasi dan tidak mau mengerti masalah yang terjadi bila jaringan operator tidak cukup baik, sehingga di mata klien menjadi tidak profesional. Dan masih berdasarkan pengalaman pula, dengan satu nomor yang saya milik selama bertahun-tahun, klien lama tetap mudah menghubungi dan berkomunikasi.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    punya 1 nomor setiap operator juga ada untungnya, kali aja calon customer pengen ngirit, cuma mau nelpon kalo freelancernya sesama operator hehe.. 🙂

  2. says

    Kebetulan nomor saya juga cantik nih, meskipun dulu belinya dengan harga yang sangat murah hahaha…. Gw ada peribahasa lucu nih, “jaman sekarang tuh, besar kemungkinan jodoh kita berasal dari orang yang sesama operator” wkwkwk…. Loh kok gak nyambung hahaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *