Freelance dan Team – Part I

Photo by annamirâ„¢

Photo by annamirâ„¢

Banyak freelancer berpikir freelance adalah pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang, dan diselesaikan oleh orang itu sendiri serta menikmatin hasil tersebut bagi dirinya sendiri. Berbagai alasan sering muncul untuk membenarkan mengapa freelance bekerja sendiri. Alasan paling klasik karena seorang freelance tidak terikat oleh waktu dan juga terlepas dari aturan-aturan baku.

Tapi pada kenyataannya seorang freelance tetap terikat oleh waktu serta aturan-aturan yang tidak tertulis lainnya. Telah banyak dibahas dalam ruangfreelance bahwa seorang freelance memiliki aturan-aturan yang tidak tertulis dan juga terikat dengan sebuah waktu yang diberi nama “deadline” yang mesti dipenuhi. Dan semua itu memang harus diikutin agar pekerjaan yang sedang kita kerjakan sesuai dan memiliki sebuah taste yang dapat membuat klien kembali kepada kita.

Saat ini saya tidak akan membahas tentang deadline ataupun aturan-aturan yang berlaku. Karena saya yakin para freelance telah mengetahui tentang deadline dan aturan, tetapi saya ingin mencoba untuk membahas tentang bagaimana membangun sebuah team, dan mengapa team sangat dibutuhkan.

Team bekerja seperti sebuah system, dimana setiap individu bekerja berdasarkan fungsi dan kegunaan masing-masing, semua individu akan bekerja untuk mencapai sebuah tujuan. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyelesaikan project yang telah disepakati.

Freelance membutuhkan sebuah team karena memiliki alasan-alasan:

Skill yang berbeda

Dalam pengerjaan sebuah project yang cukup besar dibutuhkan banyak aspek, dari mulai aspek teknis hingga aspek manajemen. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dan dipastikan semuanya saling memenuhi satu dengan lainnya.

Ide yang lebih banyak

Terkadang client membutuhkan saran ataupun penjelasan dari sebuah kasus. Dengan semakin banyaknya kepala akan menjadikan kita lebih kaya dalam menjawab pertanyaan. Dan tidak menutup kemungkinan bila kita mendapatkan sebuah persoalan terhadap klien (baik itu klien nakal atau deadline project) kita dapat menyelesaikan persoalan dengan lebih baik.

Waktu pengerjaan yang lebih cepat

Waktu pengerjaan akan menjadi lebih baik, karena setiap orang akan bekerja sesuai dengan bidangnya. Karena dalam sebuah sistem semua bekerja sesuai dengan proporsi masing-masing, karena pekerjaan dapat dijalankan secara bersama-sama.

Bila secara perhitungan simple, semakin sedikit waktu pengerjaan sebuah project akan semakin mempercepat seseorang mendapatkan uang hasil project, dan dengan pemangkasan waktu project akan memperkecil jumlah biaya yang dikeluarkan. Selain itu akan meningkatkan kepuasan client kita.

Hal-hal diatas lebih kearah financial, tapi bila kita lihat lebih jauh dengan adanya team akan didapatkan banyak keuntungan. Diantaranya dengan adanya specialisasi kemampuan, seseorang dapat memompa dirinya untuk menguasain satu buah skill dengan lebih dalam. Karena seseorang bisa dibilang menjadi guru bila dia memahami sebuah skill dengan sangat dalam.

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Andhika Riyadi says

    Yak Betul!

    Saya terus terang merasa secara teknis

    Tapi mas, tidak bisa kita hindari juga bahwa anggota tim juga manusia. Ada beberapa faktor yg mesti diperhitungkan juga. Kaya kemungkinan Human Error lebih besar, Keterbatasan waktu kumpul (umumnya makin kecil tim makin koordinatif), dan 1:1000 anggota tim adalah musuh dalam selimut.
    (Based on personal Experience)

    Gimana tuh mas cara ngurangin masalah2 gitu?

  2. says

    Sebenernya hal tersebut akan dibahas di part 2.

    Secara umum dalam sebuah kerja team itu adalah kepercayaan,leadership dan tanggung jawab. Kalo ketiga hal ini sudah dipegang akan lebih mudah menjalaninnya.

    Untuk mencari team yang sesuai memang tidak mudah dibutuhkan waktu pencarian yang cukup panjang sampai benar-benar sesuai.

    Untuk masalah waktu itu bisa disiasati dengan cara email ataupun menggunakan online collaboration untuk pertemuan bisa dijadwalkan bersama sama (fase tanggung jawab)

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *