Freelance bukan hanya sekedar penulis loh!

Freelance

Apa yang pertama kali akan muncul di benak kita ketika kita mendengar kata “Freelance”?

Pastinya menulis! Tapi, tahukah anda kalau pekerjaan Freelance itu tidak hanya sekedar menjadi penulis? Ada beberapa jenis pekerjaan Freelance lainnya yang bisa dilakukan dari rumah, antara lain:

Programmer

Bekerja untuk membuat suatu program agar siap digunakan orang lain. Dalam membuat suatu program biasanya seorang freelancer butuh kebebasan, terutama ketika mencari solusi atas permasalahan yang dapat dipecahkan melalui program yang dibuatnya.

Online Marketing

Anda senang berbisnis? Freelancer yang satu ini mempromosikan produknya melalui dunia maya. Tentunya melalu cara ini banyak manfaat yang didapat. Waktu yang singkat dalam meng-iklankan produk tanpa perlu ‘antre’ dan tentunya biaya yang murah. Bahkan berjualan online lebih menjanjikan loh!

Design Grafis

Pekerjaan ini tentunya dapat dilakukan di mana saja selama terdapat alat yang mendukung. Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion terutama yang suka design bisa juga loh menghasilkan uang.

Fotografer

Sebuah profesi yang menarik, menantang, sekaligus mengesankan. Minimal dengan menjadi freelancer Anda tidak perlu mencari klien dengan berkeliling. Order biasanya berdatangan setelah Anda pintar mempromosikan melalui social media atau media bagi freelancer lainnya.

Social media

Tentunya Anda semua akrab dengan Twitter bukan? Ternyata dengan mem-posting tweet saja bisa menghasilkan uang. Dengan tweet yang komersil, Anda bisa dikontrak oleh sebuah brand tertentu dan tentunya dibayar!

 

Ada juga beberapa pekerjaan yang tidak terlalu rumit yaitu pekerjaan administrasi ataupun sekedar penginputan data. Pekerjaan seperti ini sangat cocok untuk kalangan anak muda yang tidak ingin “diikat” dalam suatu kontrak kerja dan juga untuk para ibu rumah tangga yang tidak bisa meninggalkan rumah tetapi ingin bekerja.

Pekerjaan freelance zaman sekarang lebih sering diminati daripada pekerjaan terikat di kantor. Kenapa tidak? Pekerjaan freelance juga dapat mencapai gaji yang hampir sama dan terkadang bisa lebih juga daripada pekerjaan kantoran! Keuntungannya pun dapat diukur dari beberapa faktor seperti tidak perlu mengeluarkan uang transportasi, uang makan ataupun stress dalam hal sampai ke tempat kerja tepat waktu.

Pekerjaan freelancing bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan deadline-nya terpenuhi tepat waktu. Jadi, sudah dapat ide mau melakukan apa untuk menambah tabungan anda?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *