Free Pitching?! oohh shit!

Kebagian juga sebagai korban free pitching, hueheuhue 😳
Sebagai seorang designer setidaknya harus mempunyai latarbelakang cara negosiasi yang baik, layaknya seorang marketing. Hal ini yang masih dalam tahap pembelajaran diriku. Kalau kamu kurang memiliki keahlian tersebut, setidaknya kamu dapat belajar banyak dari tulisan-tulisan pengalaman designer yang terdahulu. Teringat mengenai tulisan Sakti Makki , yang banyak mengomentari hal ini, bahkan sampai masalah HAKI.

Pengalaman merupakan guru yang paling baik, itu yang saya rasakan. Sebenarnya dengan pengalaman ini, saya tidak merasa rugi yang terbilang cukup besar. Karena hasil dari suatu projek ini telah memacu daya kreatifitas saya dalam pembuatan konsep dan objek (yaitu logo sebagai coorporate identity, ini project gue yang kena free pitching). Positif thinking lainnya, yaitu saya mampu mengetahui klien mana yang benar-benar serius membangun suatu projek atau hanya ala kadarnya. Pokoknya, semua yang dilakukan tidak ada yang sia-sia.

Setelah kejadian ini, saya mencoba mencari tulisan-tulisan sebagai bahan referensi untuk menambah ilmu bidang pitching hueheuehueh 😎 (bukan niat balas dendam lowh).

Pertama, artikel WHEN TO FIRE YOUR CLIENT?
Artikel ini membahas bagaimana kita menghadapi setiap klien dan sedikit cerita pengalaman-pengalaman designer, seperti Kioken yang pernah memecat SONY dan Kevin Airgid yang bercerita tentang kliennya yang menyebalkan.

Kedua, artiel HOW TO MANAGE THE MONSTER
Artikel ini melihatkan sifat-sifat klien, dari bad client and good client

Ketiga, artikel-artikel dari sakti makki yang mengelola kolom sakti di Majalah Concept Magazine . Insyaallah ada di webnya, tapi kalau tidak tersedia kamu bisa beli majalah Concept (murah ko, 35000rp) or kamu bisa hubungi sakti.makki@makkimakki.com

Keempat, kamu dapat join ke Godote Forum untuk sharing pengalaman kamu or minta pendapat ahli-ahli desain di forum tersebut, thanks to Harry JH and Thalia for suggestion.

Mungkin sedikit, tapi insyaallah dapat membantu.
btw ada yang mempunyai pengalaman yang sama or punya tips and trik lainnya??!
Give ur comment bro.. :mrgreen:

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Mmm… kata2 ‘pitching’ selalu beredar di pikiran kita. Mungkin tips2 ‘menuju’ sukses pitching dibawah ini bisa dijadikan taktik ‘gerilya’ kita diantara pesaing2 yang lain. Misalnya:

    1. Kenali dengan baik, client, industri, nama, contact info dan jangan lupa… SMILE 🙂 . Kalo kita ramah, kita akan lebih di ingat oleh client.. yah at least, first good impression.

    2. Catat, buat daftar nama2 kompetitor yg beredar di sekitar kita. Lalu, observasi lewat web2 mereka. Kalau client gak mau bocorin, boleh di coba untuk pancing2. Kenapa ini penting? karena ini taktik masuk ke dapur lawan,
    serta mengetahui kualitas tampilan mereka, kapasitas perusahaan, etc. Kita jadi lebih bisa mengukur hasil akhir seperti apa yang harus kita perjuangkan untuk membantai lawan tanpa waktu dan tenaga yg terbuang sia2.

    3. To create the most outstanding artwork. Dengan catatan : harus sesuai dengan brief client.. kreatif boleh, asal jangan berlebihan sampai2 melenceng dari target client. Semakin jauh dari target client, maka semakin jauh chance kita.

    4. FIRST IMPRESSION of YOUR DUMMY. Ini pentinggg banget, karena jika tampilan awal sudah meyakinkan, maka client akan ldari awal lebih yakin dan percaya dengan jasa dan produk yg kita tawarkan. Banyak juga lho yang menyepelekan “ah, namanya juga dummy, cuek aja lah” .. and this is wrong.

    5. Terakhir yang sangat menentukan adalah, PRICE. Sebagus apapun karya nya, mindset bisnis kebanyakan orang adalah harga. Pada kenyataannya, harga lah yang paling berat dan sering di pertimbangkan oleh calon pembeli. Berikanlah harga terbaik untuk deal terbaik.

    Do our best on every pitch, bagaimanapun juga kalah atau menang, sama2 kita simpan sebagai portfolio.

  2. says

    gue pernah bilang ke org yg minta bantuan ke gue bikin web, ketika dia bertanya masalah harga, dia langsung shock dan menghilang 😀

  3. says

    Problemnya dengan ngelink ke website lain adalah, mereka dah pada park domain nggi’

    link yang dishare dah pada gak valid nih 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *