Firefox Add-ons yang Harus dimiliki Freelancer

Firefox Add-ons untuk freelancer indonesia - photo by Sparrow*

Firefox Add-ons untuk freelancer indonesia - photo by Sparrow*

Firefox adalah media browser yang paling diminati saat ini setelah Internet Explorer buatan Microsoft. Firefox-pun yang paling banyak mengeluarkan add-ons untuk kebutuhan para penggunanya, tidak dapat dipungkiri Internet Explorer hanya butuh waktu untuk terkubur kalau mereka tidak memperbaiki fitur-fiturnya. Add-ons yang dipublish sangatlah beragam, sampai berjumlah ratusan atau mungkin sudah sampai ribuan. Sebagai freelancer kita harus bisa memanfaatkan add-ons yang bisa sangat membantu kita.

Fitur-fitur yang wajib dimiliki antara lain :

Scrapbook

Firefox add-ons ini dapat menyimpan semua halaman situs yang kita inginkan hingga 3 link ke dalam. Semua media bisa disimpan disini seperti foto, dokumen, musik,Β  video hingga arsip (seperti zip, rar, xpi dan lainnya). Add-ons ini sangat berguna bagi semua orang karena kita jadi bisa mengakses situs secara menyeluruh berikut semua link yang ada pada saat kita tidak ada akses internet. Selain itu situs yang sudah tersimpan di Scrapbook dapat disunting, ditandai (dengan tanda yang mirip dengan stabilo) apabila ada yang penting. Anda wajib mencobanya πŸ™‚

Gridfox

GridFox adalah Firefox extension terbaik untuk pengembang website. Add-ons ini mampu memberikan tata tampilan berbasis grid yang dapat disesuaikan di setiap situs yang kita inginkan. Hal ini akan membantu Anda merapikan layout web Anda.

Sebagai alat bantu lainnya 960.gs memberikan css framework untuk memudahkan kita membuat situs dengan konsep grid sistem.

Colorzilla

ColorZilla sangat berguna bagi pengembang website dan desainer grafis untuk mengetahuiΒ  warna yang terdapat pada suatu situs. Dengan begitu Anda tidak perlu menebak warna apa yang dipakai di situs favorit Anda.

IE Tab

IE (Internet Explorer) dapat dibilang racun dunia dalam dunia browser :). Dengan adanya IE tab, para desainer dapat mengetahui kesalahan mereka pada IE dan dapat segera membenarkannya tanpa harus meninggalkan Firefox.

Fire FTP

Fire FTP gratis, aman, dan merupakan aplikasi FTP yang terintegrasi pada Firefox. Program ini dapat berjalan dengan lancar walaupun Anda membuka program lainnya. Programer pasti sangat menyukainya πŸ™‚

FoxClocks

FoxClocks akan memudahkan freelancer online untuk mengetahui waktu tepatnya klien yang berada di belahan dunia lain.

Firebug

Firebug adalah Firefox add-ons yang paling diminati para programer. kenapa? karena programer dapat mengetahui dengan jelas kesalahan javascript (atau script lainnya) yang terdapat di siitus tertentu. Selain itu Anda dapat menyunting, melakukan debug, me-monitor CSS, HTML, Javascript secara langsung (live) di situs yang Anda inginkan.

Delicious Bookmarks

Delicious bookmarks adalah Firefox add-ons yang terintegrasi dengan del.icio.us. Anda dapat mem-bookmarks browser dan memberikan tags pada situs yang Anda anggap menarik agar di kemudian hari Anda bisa dengan mudah menemukan situs itu lagi.

Scribefire

Para blogger maupun penulis wajib mencoba Scribefire, karena Anda dapat menulis secara langsung dengan add-ons Firefox ini tanpa perlu membuka situs tersebut.

Bagaimana dengan Anda?, Firefox add-ons apa saja yang kalian gunakan dalam ber-freelance ria sehingga membantu kalian dalam berkerja.

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    nambahin:
    – screengrab! (untuk capture page)
    – measureIt (penggaris untuk ukur pixel)
    – colorzilla (untuk ambil warna)
    – downthemall (untuk download2)
    – window resizer (merubah ukurun monitor firefox)
    – twitterfox (buat update dan twitter)
    πŸ™‚

  2. says

    bagi temen2 yang menuliskan Firefox addons, alangkah lebih baik memasukan linknya. Jadi teman-teman yang lain dapat lebih mudah mendownloadnya πŸ™‚

  3. says

    Scrapbook, Gridfox,colorzilla, IEtab, FIrebug wajib dipake selama nongkrong,, tapi sekarang dah jarang banget pake firefox, preferred safari paling kalo lagi develop doank,ga tau kenapa yah ko firefox di mac makin usang kayanya, ada yang punya pengalaman sama?

  4. says

    Mas Anggi, klo kebanyakan install add-ons berpengaruh pada kecepatan firefox untuk me-load sautu laman ga ya?
    soalnya firefox saya menjadi sedikit lambat setelah menginstall banyak add-ons πŸ˜€

  5. says

    @adrian : setuju. kalau menggunakan addons yg berlebih bisa melambatkan kinerja firefox.

    jadi baiknya tolong addons digunakan yg benar2 mendukung kinerja kita, bukan sekedar asal pakai untuk coba2

    @hendri : lebih baik menggunakan scrapbook dari pada screengrab soale kita akan mempunyai semua halaman yg kita mau dan sudah di link-kan, jadi benar2 mempunyai site offline.

  6. says

    wah bagus nih buat tambahan add-ons. banyak yang ga guna sih addon yang ada, jadinya aku disable aja daripada bikin berat waktu browsing. Thanks πŸ˜€

  7. says

    mas, saya sudah install scrabbook tapi kenapa ya g muncul di toolbar, saya sudah coba masuk di view – toolbar – customize tapi saya tidak menemukan icon scrabbook. saya pakai FF 3.0, mohon pencerahannya mas.

  8. says

    jadi kepengen scrabbook,
    daftar add-ons icha:
    – console
    – cooliris
    – delicious bookmark
    – diigo bookmark
    – download statusbar
    – evernote web clipper
    – flagfox
    – google desktop search
    – google gears (ga kepake)
    – google notebook
    – shareholic
    – stylefeeder
    – twitetrfox
    – web developer

  9. says

    jadi kepengen scrabbook,
    daftar add-ons icha :
    – console
    – cooliris
    – delicious bookmark
    – diigo bookmark
    – download statusbar
    – evernote web clipper
    – flagfox
    – google desktop search
    – google gears (ga kepake)
    – google notebook
    – shareholic
    – stylefeeder
    – twitterfox
    – web developer

  10. says

    Tambahan SeoQuake bagus untuk ngecek Page ranking dari suatu situs.
    Tapi saya tidak pernah pasang banyak2 plugin, karena membuat ff jadi berat

  11. says

    Saya pake:
    – firebug <— wajib
    – CSS validator
    – DOM inspector
    – MeasureIt
    – Colorzilla
    – Screengrab
    – web developer

  12. says

    nambahin nih… “webdeveloper toolbar addons” juga lumayan kok… saling melengkapi sama firebug πŸ˜‰

  13. says

    Saya pake FF trus buat 2 profile. Satu profile buat kerja yg isinya plugin2 yg kita butuhin buat kerja spt yg tertulis di atas, satu lagi profile buat browsing2 atau hiburan yg pluginnya sedikit biar FF jadi ringan.

    Cara bikin profile & gmana cara supaya 2 profile jalan bareng bisa googling aja.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *